Suka Wisata Indonesia

OBJEK WISATA TAMAN NGARAI MAARAM KOTA BUKITTINGGI SUMATERA BARAT (SUMBAR)





















OBJEK WISATA TAMAN NGARAI MAARAM KOTA BUKITTINGGI SUMATERA BARAT (SUMBAR)

OBJEK WISATA TAMAN NGARAI MAARAM KOTA BUKITTINGGI SUMATERA BARAT (SUMBAR)

Taman Ngarai Maaram tersebut merupakan sebuah area wisata yang baru saja dibuka oleh Pemerintah Kota Bukittinggi pada bulan Januari 2016 silam. Taman Ngarai Maaram ini posisinya tepat terletak di bagian belakang Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Achmad Mochtar di kota Bukittinggi. Nama taman ini kemudian diambil dari kondisi alam dan tekstur pada taman itu sendiri. Ngarai memiliki arti sebagai sebuah jurang yang membentang yang dapat memisahkan dua buah dataran yang disebabkan oleh pengaruh pergerakan lempeng bumi. Sedangkan kata Maaram dalam bahasa Minangabau memiliki arti sebagai runtuh atau longsor secara bersamaan dalam rentang waktu yang sangat singkat. Tanah yang disebabkan oleh longsor ataupun runtuh tersebut kemudian disebut dengan Tanah Maaram. Jadi, kemudian dapat disimpulkan bahwa penamaan taman ini disebabkan oleh kondisi pada runtuhnya permukaan tanah yang asalnya dari sebuah Ngarai.

Taman ini memiliki luas sekitar lebih kurang 1 Hektare, dan dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas. Beberapa diantaranya alah berupa jalan setapak yang berada di sekeliling taman ini, berbagai fasilitas untuk tempat bermain anak, pentas yang terbuka, dan yang paling menarik dan menjadi ikon di tempat ini adalah sebuah “titian selfie” yang langsung menghadap ke arah hamparan Ngarai Sianok yang sangat hijau dan begitu luas. Titian ini sendiri terletak di dekat bibir ngarai tersebut. Titian ini sendiri terbuat dari kumpulan rangka besi yang kuat dan memiliki papan dibawahnya sebagai bagian alasnya. Sangatlah disayangkan jika anda tidak menyempatkan diri untuk mengabadikan momen yang sangat berharga di lokasi titian ini, sesuai namanya yang diperuntukkan untuk berselfie ria.

Keberadaan taman tersebut kemudian memberikan berbagai pelajaran yang bisa di ambil dalam pengembangan potensi alam dengan konsep pariwisata. RTH merupakan sebuah tempat wisata yang tidak terlalu mementingkan penambahan pada Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang diambil dari retribusi yang kemudian dipungut langsung dari pengunjung. Tetapi, munculnya tempat wisata yang baru ini diharapkan bisa menjadi sebuah alat sebagai penggerak roda perekonomian bagi masyarakat melalui adanya pengembangan ekonomi secara kreatif. Dengan adanya tempat wisata yang baru tersebut, maka akan membuat jam kunjungan wisatawan ke Bukittinggi ini sendiri juga bisa ikut bertambah.

Kami segenap kontributor promo-jitu.com, banyak berterima kasih atas segala bentuk apresiasi anda yang telah membaca dan juga telah memperhatikan setiap artikel kami yang terbaru dan terupdate di situs ini. Kami juga berharap semoga artikel kami mengenai OBJEK WISATA TAMAN NGARAI MAARAM KOTA BUKITTINGGI SUMATERA BARAT (SUMBAR) yang terdapat di atas bisa memberikan berbagai manfaat serta menambah wawasan anda semua.









#UNBK #UJIAN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER #S1 #S2 #S3 #D1 #D2 #D3 #D4 #Jalur Reguler #Jalur Non Reguler #Akreditasi #Jurusan #Pembukaan #Brosur #Mata Kuliah #Biaya Uang Semester #Syarat-syarat Pendaftaran #Jadwal Daftar Ulang #Alamat Kampus #Fakultas #Universitas #Perguruan Tinggi Negeri #Perguruan Tinggi Swasta #Waktu Pendaftaran #Biaya Uang Kuliah #Biaya Pendaftaran #Jadwal Tes #Jadwal Daftar Ulang #Pengumuman SBMPTN #Info SNMPTN #UM-PTKIN #UMPN #nomor telpon #no telfon #nomor telepon #Bidikmisi