Suka Wisata Indonesia

OBJEK WISATA TAEH BUKIK GUNUNG BUNGSU KABUPATEN LIMA PULUH KOTA SUMATERA BARAT (SUMBAR)





















OBJEK WISATA TAEH BUKIK GUNUNG BUNGSU KABUPATEN LIMA PULUH KOTA SUMATERA BARAT (SUMBAR)

OBJEK WISATA TAEH BUKIK GUNUNG BUNGSU KABUPATEN LIMA PULUH KOTA SUMATERA BARAT (SUMBAR)

Gunung Bungsu memiliki lokasi pada kawasan kota Payakumbuh tepatnya di Kenagarian Taeh Bukik yang terletak di Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat. Walaupun kontur alam di daerah ini masih sangat alami, namun untuk akses mauupun jalan untuk menuju ke lokasi Taeh Bukik ini sudah baik dan mulus. Jika anda mengunjunginya dari lokasi pusat kota Payakumbuh, maka tempat ini memiliki jarak sekitar hanya 15 KM. Anda cukup untuk mengikuti petunjuk yang ada di jalan atau jangan pernah segan untuk bertanya kepada penduduk setempat agar anda tidak tersesat di jalan. Selain itu, penduduknya juga ramah-ramah khas budaya Minangkabau. Untuk bisa naik ke atas Puncak Gunung Bungsu, maka anda bisa untuk menitipkan kendaraan anda di lokasi sekitar rumah penduduk.

Selain menyjikan pemandangan alam yang sangat indah di lokasi sekitar pegunungan dengan hamparan sawah-sawah yang sedang menghijau, maka gunung ini juga sangat sering untuk digunakan sebagai jalur track olahraga sepeda gunung atau dengan nama lain mountain bike. Struktur jalur lintasannya berupa tanah yang berwarna merah dan juga cukup terjal sehingga akan sangat diperlukan sebuah keahlian dan kendali yang baik untuk bisa melintasinya. Apalagi pada saat setelah turun hujan, track ini biasanya akan lebih licin. Lokasi jalur sepeda tersebut dahulunya pernah menjadi sebuah track yang digunakan untuk mengadakan event Jelajah Nusantara seitar pada tahun 2006 lalu. Anda tentunya melewati jalur yang menanjak dan menurun dengan kondisi yang cukup curam dan juga sangat ekstrim. Bahkan, ada kalanya anda tidak bisa untuk mengayuh sepeda anda, tetapi terpaksa berjalan menuntun sepeda anda untuk bisa menghindari bahaya. Walaupun demikian, jalur track ini terlihat sangat menantang dan juga menjadi sebuah lokasi favorit buat para pecinta olahraga sepeda gunung. Tidak hanya sebagai track untuk sepeda gunung, salah satu spot yang berada di atas ketinggian 1102 meter di atas permukaan laut mempunyai lokasi untuk melakukan olahraga paralayang dan kemudian hingga akhirnya melakukan pendaratan pada ketinggian 600 meter di atas permuaan laut.

Seperti banyak gunung pada umumnya, gunung ini juga sangat sering didaki oleh para pecinta alam sampai ke puncaknya. Walaupun gunungnya tidak terlalu tinggi, akan tetapi janganlah pernah meremehkan gunung yang satu ini. Dengan track yang cukup berat, maka anda akan banyak menemui tanjakan terjal dengan kemiringan hingga 80 derajat di gunung ini. Selain itu, penduduk setempat juga memiliki budaya lain yang disebut Basyafa yang biasanya dilakukan di Gunung Bungsu ini. Kegiatan tersebut dilakukan pada Bulan Safar dalam kalender Hijriah, berupa kegiatan membaca Shalawat nabi setelah sampai di puncak. Kegiatan ini dikenal sangat berkhasiat untuk bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Saat melakukan Ritual Basyafa ini, maka anda akan diwajibkan untuk tidak boleh untuk mengambil air selama dalam perjalanan sampai menuju puncak di mata air manapun.

Kami segenap kontributor promo-jitu.com, banyak berterima kasih atas segala bentuk apresiasi anda dalam membaca serta juga menyimak setiap artikel kami yang terbaru dan terupdate di situs ini. Kami juga berharap semoga artikel kami mengenai OBJEK WISATA TAEH BUKIK GUNUNG BUNGSU KABUPATEN LIMA PULUH KOTA SUMATERA BARAT (SUMBAR) yang terdapat di atas dapat memberikan manfaat dan juga bisa menambah wawasan anda semua.









#UNBK #UJIAN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER #S1 #S2 #S3 #D1 #D2 #D3 #D4 #Jalur Reguler #Jalur Non Reguler #Akreditasi #Jurusan #Pembukaan #Brosur #Mata Kuliah #Biaya Uang Semester #Syarat-syarat Pendaftaran #Jadwal Daftar Ulang #Alamat Kampus #Fakultas #Universitas #Perguruan Tinggi Negeri #Perguruan Tinggi Swasta #Waktu Pendaftaran #Biaya Uang Kuliah #Biaya Pendaftaran #Jadwal Tes #Jadwal Daftar Ulang #Pengumuman SBMPTN #Info SNMPTN #UM-PTKIN #UMPN #nomor telpon #no telfon #nomor telepon #Bidikmisi