Suka Wisata Indonesia

OBJEK WISATA SURAU LATIAH KOTA SOLOK SUMATERA BARAT (SUMBAR)





















OBJEK WISATA SURAU LATIAH KOTA SOLOK SUMATERA BARAT (SUMBAR)

OBJEK WISATA SURAU LATIAH KOTA SOLOK SUMATERA BARAT (SUMBAR)

Surau Latiah merupakan sebuah surau tua dan sangat bersejarah yang terletak di Desa KTK, di Kecamatan Lubuk Sikarah yang masih masuk ke dalam wilayah Kota Solok, Provinsi Sumatera Barat. Apabila anda ingin bertanya lokasi tepatnya kepada masyarakat setempat, maka anda bisa langsung menanyakan letak kawasan Ujuang Darek Kapalo Rantau. Apabila anda telah sampai di lokasi tersebut, maka akan sangat mudah bagi anda saat mencari posisi dari Surau Latiah yang lokasinya juga bersebelahan dengan Makam Syekh Sialahan. Lokasinya hanya berjarak sekitar 6 KM dari pusat kota Solok, tepatnya di kawasan Jl. Ahmad Yani.

Pada saat anda mengunjungi Surau Latiah ini, maka anda langsung bisa mengunjungi Makam Syekh Sialahan yang merupakan salah satu ulama besar yang menyebarkan agama Islam di daerah Solok, Tanah Datar dan sekitarnya. Biasanya, para pengunjung yang datang juga menyempatkan diri untuk beribadah di Surau Latiah ini. Surau Latiah ini sendiri dibangun oleh Syekh Sialahan tersebut sekitar pada tahun 1902. Di tempat ini anda juga bisa menemukan berbagai benda bersejarah yang merupakan peninggalan Syekh Sialahan tersebut seperti Al-qur'an lama dan kemudian peninggalan-peninggalan tersebut langsung dikelola oleh cucu beliau. Hal ini dikarenakan banyaknya pengunjung yang datang berziarah ke makam beliau. Hal ini juga mendapatkan sambutan positif dari Pemerintah Kota Solok yang langsung turun tangan untuk memperbaiki Surau latiah ini, karena bagaimanapun Surau tua ini merupakan salah satu bukti tersiarnya agama Islam secara langsung di daerah Solok dan Sekitarnya.

Perawatan yang dilakukan tersebut tentunya akan membuat pengunjung lebih nyaman saat berkunjung ke tempat ini untuk berziarah, beribadah, ataupun sekedar singgah untuk bersilaturahmi dengan penduduk setempat dan keturunan Syekh Sialahan yang ada di sana. Bentuk Surau Latiah ini sendiri juga memiliki khas Minangkabau berupa gonjong yang terdapat pada bagian atapnya. Hal ini membuatnya tampak lebih unik dengan adanya perpaduan antara agama Islam dan budaya Minangkabau sendiri.

Kami segenap kontributor promo-jitu.com, banyak berterima kasih atas segala bentuk apresiasi anda yang telah membaca dan juga telah memperhatikan setiap artikel kami yang terbaru dan terupdate di situs ini. Kami juga berharap semoga artikel kami mengenai OBJEK WISATA SURAU LATIAH KOTA SOLOK SUMATERA BARAT (SUMBAR) yang terdapat di atas bisa bermanfaat serta menambah wawasan anda semua.









#UNBK #UJIAN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER #S1 #S2 #S3 #D1 #D2 #D3 #D4 #Jalur Reguler #Jalur Non Reguler #Akreditasi #Jurusan #Pembukaan #Brosur #Mata Kuliah #Biaya Uang Semester #Syarat-syarat Pendaftaran #Jadwal Daftar Ulang #Alamat Kampus #Fakultas #Universitas #Perguruan Tinggi Negeri #Perguruan Tinggi Swasta #Waktu Pendaftaran #Biaya Uang Kuliah #Biaya Pendaftaran #Jadwal Tes #Jadwal Daftar Ulang #Pengumuman SBMPTN #Info SNMPTN #UM-PTKIN #UMPN #nomor telpon #no telfon #nomor telepon #Bidikmisi