Suka Wisata Indonesia

OBJEK WISATA RUMAH TENUN PANDAI SIKEK KABUPATEN TANAH DATAR SUMATERA BARAT (SUMBAR)





















OBJEK WISATA RUMAH TENUN PANDAI SIKEK KABUPATEN TANAH DATAR SUMATERA BARAT (SUMBAR)

OBJEK WISATA RUMAH TENUN PANDAI SIKEK KABUPATEN TANAH DATAR SUMATERA BARAT (SUMBAR)

Rumah Tenun Pusako di daerah Pandai Sikek yang merupakan kawasan Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat ini memopunyai sebuah bentuk bangunan dengan gaya seperti Rumah Gadang Koto Piliang. Rumah Gadang ini memiliki ukuran yang lebih kecil jika dibandingan dengan Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau. Tidak hanya itu, Rumah Tenun Pusako Pandai Sikek ini merupakan sebuah usaha keluarga yang telah dimulai sejak tahun 1975 oleh pasangan Hj. Sanuar binti Ulumuddin dan A. Ramli Dt. Rangkayo Sati. Ahmad Ramli ini sendiri merupakan seorang pelukis dan juga pengukir yang dipercaya sebagai seniman yang membuat bangunan Rumah Adat Minangkabau yang berada di dalam area kompleks Taman Mini Indonesia Indah.

Rumah Tenun Pusako Pandai Sikek ini dibangun pada tahun 1978 dan saat ini masih terlihat sangat cantik. Sebongkah tembok yang memiliki lapisan keramik hitam yang memiliki tulisan Rumah Tenun Pusako Pandai Sikek dengan warna kuning keemasan dipasang pada jalur lintasan menuju rumah. Sepasang rangkiang atau lumbung padi juga berdiri di depan rumah ini dan terletak sekitar beberapa meter dari lokasi kolam ikan yang tentunya mampu memberi suasana yang sejuk dan tenang. Rumah Tenun Pusako Pandai Sikek ini jika anda lihat dari depan, maka terlihat memiliki tiga pasang atap yang memiliki bentuk yang menyerupai tanduk kerbau, dan juga anak tangga untuk menuju ke ruang utama. Ornamen yang terdapat pada dinding luarnya berbentuk seperti dedaunan dan juga bunga yang didominasi oleh warna merah tua, kuning, pink, biru, dan juga warna biru muda.

Koleksi kain tenun yang terdapat di sebuah lemari ukir dan berada di dalam Rumah Tenun Pusako Pandai Sikek ini memiliki tiang kayu yang mampu menopang rumah dan juga penuh dengan hiasan dan ukiran. A. Ramli Dt. Rangkayo Sati sendiri beserta dukungan Pemerintah Daerah setempat adalah pihak yang mendirikan Proyek Ukiran Kayu dan juga Bambu di Pandai Sikek, untuk bisa membangkitkan kembali keinginan dan minat masyarakat di bidang kerajinan tangan yang pastinya juga memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

Kami segenap kontributor promo-jitu.com, banyak berterima kasih atas segala bentuk apresiasi anda dalam membaca serta juga menyimak setiap artikel kami yang terbaru dan terupdate di situs ini. Kami juga berharap semoga artikel kami mengenai OBJEK WISATA RUMAH TENUN PANDAI SIKEK KABUPATEN TANAH DATAR SUMATERA BARAT (SUMBAR) yang terdapat di atas dapat memberikan manfaat dan juga bisa menambah wawasan anda semua.









#UNBK #UJIAN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER #S1 #S2 #S3 #D1 #D2 #D3 #D4 #Jalur Reguler #Jalur Non Reguler #Akreditasi #Jurusan #Pembukaan #Brosur #Mata Kuliah #Biaya Uang Semester #Syarat-syarat Pendaftaran #Jadwal Daftar Ulang #Alamat Kampus #Fakultas #Universitas #Perguruan Tinggi Negeri #Perguruan Tinggi Swasta #Waktu Pendaftaran #Biaya Uang Kuliah #Biaya Pendaftaran #Jadwal Tes #Jadwal Daftar Ulang #Pengumuman SBMPTN #Info SNMPTN #UM-PTKIN #UMPN #nomor telpon #no telfon #nomor telepon #Bidikmisi