OBJEK WISATA RUMAH GADANG MANDE RUBIAH KABUPATEN PESISIR SELATAN SUMATERA BARAT (SUMBAR)






















OBJEK WISATA RUMAH GADANG MANDE RUBIAH KABUPATEN PESISIR SELATAN SUMATERA BARAT (SUMBAR)

OBJEK WISATA RUMAH GADANG MANDE RUBIAH KABUPATEN PESISIR SELATAN SUMATERA BARAT (SUMBAR)

Rumah Gadang Mande Rubiah memiliki lokasi di kawasan Kecamatan Lunang di Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat. Rumah Gadang ini adalah salah satu situs budaya dan juga sejarah Minangkabau pada masa dulunya. Jarak dari kota Padang menuju ke lokasi Rumah Gadang ini di Kecamatan Lunang mencapai sekitar 236 KM yang memrlukan waktu tempuh sekitar selama 6 jam. Sedangkan jarak antara kota Painan yang merupakan Ibukota Kabupaten Pesisir Selatan ke daerah Lunang mencapai sekitar 170 KM dengan memerlukan waktu tempuh yang diperkirakan mencapai sekitar 4 jam. Jalan yang akan anda lalui merupakan Jalur Lintas Barat Sumatera yang memiliki intensitas kendaraan yang sedang dan sebagian besar jalan tersebut sudah beraspal dengan kondisi yang baik.

Rumah Gadang Mande Rubiah ini telah diresmikan sebagai salah satu museum sejarah dan budaya nasional sejak tanggal 8 Maret 1980 oleh pemerintah dan tentunya sudah direnovasi. Di dalam Rumah Gadang ini terdapat berbagai benda seni dan juga pusaka yang umurnya diperkirakan sudah lebih dari 500 tahun. Disekitar Rumah Gadang ini juga terdapat Kompleks Pemakaman dari keturunan Kerajaan Pagaruyung dan juga ulama besar penyebar agama Islam, seperti Makam Bundo Kanduang Mande Rubiah, Makam Dang Tuangku, Makam Puti Bungsu, Makam Cindua Mato yang terletak kurang lebih sekitar 100 meter dari kompleks pemakaman ini, serta juga Makam Syekh Malak Ibrahim yang merupakan penyiar syariah Tarekat Syattariah yang pertama di daerah Lunang.

Mande Rubiah merupakan Bundo Kanduang dari Kerajaan Pagaruyung yang telah meninggalkan Kerajaan Pagaruyung agar bisa menghindari peperangan dan juga mengasingkan diri menuju ke negeri Pagar Dewa, negeri yang dulunya pernah dikuasai oleh Nenek Moyangnya Indo Jati, Pada waktu itu, di Pesisir Selatan sendiri telah berdiri Kerajaan Indopuro di daerah Inderapura atau yang merupakan daerah Lunang sekarang. Kerajaan ini kemudian eksis sampai pada tahun 1911 dengan Raja yang terakhir adalah Sultan Firmansyah. Setelah sampai di Lunang, maka Bundo Kanduang berganti nama menjadi Mande Rubiah.

Kami segenap kontributor promo-jitu.com, banyak berterima kasih atas segala bentuk apresiasi anda dalam membaca serta juga menyimak setiap artikel kami yang terbaru dan terupdate di situs ini. Kami juga berharap semoga artikel kami mengenai OBJEK WISATA RUMAH GADANG MANDE RUBIAH KABUPATEN PESISIR SELATAN SUMATERA BARAT (SUMBAR) yang terdapat di atas dapat memberikan manfaat dan juga bisa menambah wawasan anda semua.










Dan kami sangatlah berterimakasih sekali kawan-kawan para pengunjung tentang pendaftaran online mahasiswa dan mahasiswi baru untuk tahun 2018-2019 bulan ini, dan sekirany bila kawan-kawan tidak keberatan dri postingan yang admin buat ini kami mohon jugalah kiranya untuk bantu di share atau dibagikan halaman blog ini ke seluruh kawna-kawan yang lagi membutuhkan informasi pendaftaran mahasiswa baru untuk tahun 2015 ini dan nantinya agar nantinya juga bisa dibaca oleh seluruh kawan-kawan kita yang lain dan mereka juga nanti bisa membaca informasi ini lagi dan semoga bermanfaat hendaknya dan bisa bermanfaat buat mereka semua kita, terima kasih sudah membaca informasi pendaftaran online mahasiswa baru online untuk tahun akademik 2018-2019 ini.