OBJEK WISATA RUMAH BUDAYA FADLI ZON KABUPATEN TANAH DATAR SUMATERA BARAT (SUMBAR)






















OBJEK WISATA RUMAH BUDAYA FADLI ZON KABUPATEN TANAH DATAR SUMATERA BARAT (SUMBAR)

OBJEK WISATA RUMAH BUDAYA FADLI ZON KABUPATEN TANAH DATAR SUMATERA BARAT (SUMBAR)

Rumah Budaya Fadli Zon merupakan sebuah tempat yang menjadi ruang kebudayaan, berdiskusi dan berdialog tentang kebudayaan yang ada di Indonesia. Rumah Budaya Fadli Zon ini langsung diresmikan oleh Fadli Zon bersama dengan Bapak Taufik Ismail dan juga Bapak Irwan Prayitno yang merupakan Gubernur Sumatera Barat pada saat ini. Peresmian ini sendiri dilakukan pada tanggal 4 Juni 2011 silam. Fadli Zon sendiri memang berkeinginan besar untuk menjadikan daerah Sumatera Barat ini menjadi sebuah kantong budaya karena bagaimanapun Sumatera Barat ini sangat kaya akan kebudayaan dan nilai sejarahnya. Lokasi Rumah Fadli Zon ini berada di tepi Jalan Lintas Padang - Bukittinggi KM 6 yang termasuk ke dalam kawasan Nagari Aia Angek, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat.

Keberadaan bangunan yang banyak mengandung unsur berupa nilai sejarah ini tentunya sangat menarik banyak minat dan perhatian serta bisa menambah koleksi jumlah bangunan bersejarah yang ada di daerah Minangkabau. Rumah ini sendiri berdiri di atas lahan yang memiliki luas sekitar 4700 meter persegi. Di tempat ini terdapat kira-kira lebih dari 100 buah keris khas Mi­nangkabau yang kemudian dikumpulkan dari berbagai tempat dan daerah yang ada di Sumatera Barat selama rentang waktu bertahun-tahun dan akhirnya bisa dipajang di kawasan Rumah Budaya Fadli Zon yang terdapat di Aie Angek, Kabupaten Ta­nah Datar ini. Koleksi keris itu sendiri juga telah diresmikan pada tanggal 21 Mei 2011 lalu.

Selain itu, di rumah ini terdapat 700 buah lebih judul buku yang bersejarah dan bertemakan Minangkabau. selain itu, juga terdapat berbagai koleksi yang merupakan benda peninggalan sejarah kuno, seperti Keris luk Sembilan yang berasal dari Pagaruyung yang dibuat sekitar pada abad 18, berbagai songket lama, dan juga sejumlah lukisan kuno. Disini juga terdapat fosil kerbau yang telah berusia sekitar dua juta tahun dan juga fosil-fosil kayu yang sudah menjadi batu yang kemudian diletakkan di dalam Rumah Budaya Fadli Zon tersebut.

Kami segenap kontributor promo-jitu.com, banyak berterima kasih atas segala bentuk apresiasi anda yang telah membaca dan juga telah memperhatikan setiap artikel kami yang terbaru dan terupdate di situs ini. Kami juga berharap semoga artikel kami mengenai OBJEK WISATA RUMAH BUDAYA FADLI ZON KABUPATEN TANAH DATAR SUMATERA BARAT (SUMBAR) yang terdapat di atas bisa memberikan berbagai manfaat serta menambah wawasan anda semua.










Dan kami sangatlah berterimakasih sekali kawan-kawan para pengunjung tentang pendaftaran online mahasiswa dan mahasiswi baru untuk tahun 2018-2019 bulan ini, dan sekirany bila kawan-kawan tidak keberatan dri postingan yang admin buat ini kami mohon jugalah kiranya untuk bantu di share atau dibagikan halaman blog ini ke seluruh kawna-kawan yang lagi membutuhkan informasi pendaftaran mahasiswa baru untuk tahun 2015 ini dan nantinya agar nantinya juga bisa dibaca oleh seluruh kawan-kawan kita yang lain dan mereka juga nanti bisa membaca informasi ini lagi dan semoga bermanfaat hendaknya dan bisa bermanfaat buat mereka semua kita, terima kasih sudah membaca informasi pendaftaran online mahasiswa baru online untuk tahun akademik 2018-2019 ini.