Suka Wisata Indonesia

OBJEK WISATA RUMAH ADAT KAMPAI NAN PANJANG KABUPATEN TANAH DATAR SUMATERA BARAT (SUMBAR)





















OBJEK WISATA RUMAH ADAT KAMPAI NAN PANJANG KABUPATEN TANAH DATAR SUMATERA BARAT (SUMBAR)

OBJEK WISATA RUMAH ADAT KAMPAI NAN PANJANG KABUPATEN TANAH DATAR SUMATERA BARAT (SUMBAR)

Rumah Adat Kampai Nan Panjang merupakan sebuah rumah adat yang umurnya sudah mencapai lebih dari 350 tahun dan merupakan sebuah rumah adat yang tertua di daerah Minangkabau. Walaupun memiliki usia yang cukup tua, namun keberadaan rumah adat ini masih tetap sangat terjaga dan juga terawat. Tidaklah sulit untuk bisa menemukan posisi keberadaan Rumah Adat Kampai Nan Panjang ini karena disini cukup banyak penunjuk yang tentunya bisa anda temukan saat anda telah mendekati lokasi rumah adat yang satu ini. Rumah adat ini berada sekitar 38 KM dari pusat Kota Padang Panjang atau memiliki jarak sekitar 13 KM dari Kota Batusangkar. Secara geografis, rumah adat ini termasuk ke dalam kawasan Nagari Balimbing yang berada di Kecamatan Rambatan, sebuah daerah di Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat. Jalan yang dilaui untuk bisa melintasi Nagari ini merupakan sebuah jalan yang menghubungkan antar Kabupaten di Sumatera Barat, yang juga menghubungkan Kota Batusangkar dan Danau Singkarak.

Pada saat anda pertama kali sampai di lokasi rumah adat ini, maka yang pertama kali bisa anda lihat adalah sebuah tiang yang memiliki warna putih yang tentunya menerangkan bahwa di daerah ini merupakan lokasi dari Rumah Adat Kampai Nan Panjang tersebut. Rumah adat ini sendiri memiliki arsitektur yang tentunya bergaya khas Minangkabau pada bentuk atapnya yang juga memiliki gonjong seperti bangunan rumah adat lainnya yang terdapat di Minangkabau. PAda bagian atasnya, maka akan terlihat bahwa atap rumah adat ini memiliki empat buah gonjong dan gonjong tersebut masih terbuat dari bahan rumbia. Selain itu, sebagian besar bangunan rumah adat ini terbuat dari kayu yang sudah tua, namun masih bisa terlihat kokoh. Pada bagian tengahnya, terdapat sebuah pintu dengan sebuah tangga kecil untuk naik ke atas dan mencapai pintu rumah adat ini. Pada lantai bagian depannya, tampak terlihat rata dan terbuat dari anyaman bambu yang kemudian berfungsi untuk menutupi dinding pada bagian bawahnya. Sedangkan pada bagian belakangnya, tampak lantainya yang posisinya lebih tinggi dengan adanya anak tangga yang membujur dan memberntang ke bagian ujung kiri dan juga bagian kanan bangunan tersebut.

Halaman rumah adat ini terlihat sangat terawat sekali, begitu juga yang terrdapat pada bagian dalamnya. Sepertinya, penduduk Nagari Balimbing yang merupakan salah satu Nagari tertua di daerah Minangkabau ini terlihat sangat menjaga keasrian rumah adat yang ada disini. Jika anda masuk ke dalam rumah, maka akan terlihat pada bagian atasnya berupa susunan rangka atap yang juga terbuat dari kayu tua. Anda juga bisa melihatnya karena pada bagian atas di dalam rumah ini sengaja tidak diberi plafon. Disini terdapat juga bagian ruang terbuka yang sering digunakan sebagai dapur yang memilii tungku yang tersusun rapi dari batu. Selain itu, disini juga terdapat beberapa buah koleksi yang merupakan peninggalan zaman dahulu yang tentunya masih terpajang disana. Rumah adat ini telah berumur lebih dari 3,5 abad atau sudah berumur lebih dari sekitar 350 tahun,. Rumah adat ini memiliki tujuh buah kamar yang masing-masingnya memiliki ukuran 1,5 meter x 3 meter dengan memiliki pintu kamar yang bentuknya oval, dengan diameter sekitar 30 cm. Yang paling unik dari rumah adat ini adalah secara keseluruhan pembangunannya tidak ada yang menggunakan paku. Untuk bisa mendirikannya, maka hanya digunakan kayu-kayu kecil saja sebagai pengikat atau yang dikenal dengan pasak.

Kami segenap kontributor promo-jitu.com, banyak berterima kasih atas setiap bentuk apresiasi anda yang sudah membaca dan juga tentunya telah memperhatikan setiap artikel kami yang terbaru dan terupdate di situs ini. Kami juga berharap semoga artikel kami mengenai OBJEK WISATA RUMAH ADAT KAMPAI NAN PANJANG KABUPATEN TANAH DATAR SUMATERA BARAT (SUMBAR) yang terdapat di atas bisa memberikan berbagai manfaat serta menambah wawasan anda semua.









#UNBK #UJIAN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER #S1 #S2 #S3 #D1 #D2 #D3 #D4 #Jalur Reguler #Jalur Non Reguler #Akreditasi #Jurusan #Pembukaan #Brosur #Mata Kuliah #Biaya Uang Semester #Syarat-syarat Pendaftaran #Jadwal Daftar Ulang #Alamat Kampus #Fakultas #Universitas #Perguruan Tinggi Negeri #Perguruan Tinggi Swasta #Waktu Pendaftaran #Biaya Uang Kuliah #Biaya Pendaftaran #Jadwal Tes #Jadwal Daftar Ulang #Pengumuman SBMPTN #Info SNMPTN #UM-PTKIN #UMPN #nomor telpon #no telfon #nomor telepon #Bidikmisi