Suka Wisata Indonesia

OBJEK WISATA PANTAI UJUNG TANJUNG KABUPATEN PESISIR SELATAN SUMATERA BARAT (SUMBAR)





















OBJEK WISATA PANTAI UJUNG TANJUNG KABUPATEN PESISIR SELATAN SUMATERA BARAT (SUMBAR)

OBJEK WISATA PANTAI UJUNG TANJUNG KABUPATEN PESISIR SELATAN SUMATERA BARAT (SUMBAR)

Pantai Ujung Tanjung ini memiliki letak di kawasan Nagari Muaro Sakai dan telah sangat dikenal oleh para pecinta batu akik atau batu cincin karena batu akik yang diolah di kawasan Kabupaten Pesisir Selatan umumnya batu tersebut berasal dari Pantai Ujung Tanjung ini. Dulunya, sebelum perkebunan kelapa sawit PT Incasi Raya dibuka, Pantai Ujung Tanjung ini merupakan sebuah kawasan hutan rawa yang sangat lebat dan tidak berpenghuni. Menurut cerita masyarakat Muaro Sakai dan Air Haji, kabarnya di dekat Pantai Ujung Tanjung ini dulu pernah berdiri sebuah Istana yang bernama Istana Gando Layu yang merupakan tempat kediaman isteri Sultan Zatullahsyah, salah seorang raja dari Kerajaan Indeoapuro. Istana Gando Layu ini juga pernah dipakai oleh Bundo Kanduang atau Mande Rubiah untuk bisa menyembunyikan Puti Bungsu yaitunya Puti kemala Sani yang merupakan isteri Dang Tuangku dan mengamankannya dari kejaran Raja Tiang Bungkuk.

Lokasi dari Pantai Ujung Tanjung ini bisa dicapai dengan menggunakan kendaraan beroda dua ataupun kendaraan beroda empat, Dari kota Padang anda bisa menuju ke kota Painan, kemudian jalan terus hingga ke Inderapura. Sesampainya di Inderapura, anda bisa berbelok ke arah kanan yang merupakan jalan menuju Muaro Sakai. Setibanya di sebuah persimpangan yang bernama Simpang Pasing Ganting, anda tinggal lurus saja dan bertemu dengan Sungai Muaro Sakai. Dari sini anda bisa menyeberang dengan menaiki ponton yang telah disediakan secara gratis untuk penduduk setempat oleh PT Incasi Raya. Setelah itu, anda akan memasuki kawasan perkebunan sawit milik PT Incasi Raya. Sesampainya di Kantor PT Incasi Raya, maka bertanyalah tentang arah jalan ke Pantai ujung Tanjung ini, maka anda pasti akan mengetahuinya dan jaraknya juga sudah tidak jauh lagi.

Pantai ini tentunya sangat indah dan juga memiliki jejak sejarah. Bagi anda penggila batu akik, maka wisata anda akan semakin lengkap karena anda bisa menemukan berbagai macam bentuk dan warna batu akik di daerah pantai ini. Semoga beruntung.

Kami segenap kontributor promo-jitu.com, banyak berterima kasih atas segala bentuk apresiasi anda dalam membaca serta juga menyimak setiap artikel kami yang terbaru dan terupdate di situs ini. Kami juga berharap semoga artikel kami mengenai OBJEK WISATA PANTAI UJUNG TANJUNG KABUPATEN PESISIR SELATAN SUMATERA BARAT (SUMBAR) yang terdapat di atas dapat memberikan manfaat dan juga bisa menambah wawasan anda semua.









#UNBK #UJIAN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER #S1 #S2 #S3 #D1 #D2 #D3 #D4 #Jalur Reguler #Jalur Non Reguler #Akreditasi #Jurusan #Pembukaan #Brosur #Mata Kuliah #Biaya Uang Semester #Syarat-syarat Pendaftaran #Jadwal Daftar Ulang #Alamat Kampus #Fakultas #Universitas #Perguruan Tinggi Negeri #Perguruan Tinggi Swasta #Waktu Pendaftaran #Biaya Uang Kuliah #Biaya Pendaftaran #Jadwal Tes #Jadwal Daftar Ulang #Pengumuman SBMPTN #Info SNMPTN #UM-PTKIN #UMPN #nomor telpon #no telfon #nomor telepon #Bidikmisi