Suka Wisata Indonesia

OBJEK WISATA MUSEUM SEJARAH DAN PURBAKALA RUMAH TUA TAN MALAKA KABUPATEN LIMA PULUH KOTA SUMATERA BARAT (SUMBAR)





















OBJEK WISATA MUSEUM SEJARAH DAN PURBAKALA RUMAH TUA TAN MALAKA KABUPATEN LIMA PULUH KOTA SUMATERA BARAT (SUMBAR)

OBJEK WISATA MUSEUM SEJARAH DAN PURBAKALA RUMAH TUA TAN MALAKA KABUPATEN LIMA PULUH KOTA SUMATERA BARAT (SUMBAR)

Museum Sejarah Rumah dan Purbakala Tua Tan Malaka ini memiliki lokasi di wilayah kota Payakumbuh, salah satu kota bersejarah dan sangat indah yang terletak di kawasan Provinsi Sumatera Barat. Rumah yang memiliki luas lahan sebesar kurang lebih 1 hektare ini tepatnya terletak di kawasan Nagari Pandam Gadang di wilayah Kecamatan Gunuang Omeh yang terdapat di sebelah selatan kota Payakumbuh dan termasuk ke dalam Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Jarak yang anda tempuh untuk bisa menuju ke Museum Sejarah dan Purbakala Rumah Tua Tan Malaka ini sekitar sejauh kurang lebih 35 KM, jika anda memulai perjalanan dari arah pusat kota Payakumbuh. Jadi selama perjalanan ke sana anda akan memerlukan waktu sekitar antara 50 menit sampai dengan 1 jam. Jika anda berangkat dari kota Padang, maka jaraknya sekitar 160 KM dan menghabiskan waktu sekitar 3 smpai 4 jam.

Museum Sejarah Rumah Tua Tan Malaka merupakan lokasi sebuah bangunan tua yang memiliki arsitektur khas Minangkabau berupa Rumah Gadang memiliki atap seng dan juga berdinding yang dibuat dari kayu. Sekitar pada tahun 1936, bangunan yang mempunyai ciri khas berupa atap yang bergonjong lima yang memiliki ukuran panjang 18 meter dan lebar sekitar 11 meter ini dibangun sebagai sebuah tempat kelahiran dan juga besarnya salah seorang tokoh sejarah yang merupakan salah satu pahlawan yang agak terlupakan pada masa perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia ini, yaitu Tan Malaka. Beliau merupakan seorang pejuang yang berasal dari daerah Sumatera Barat yang terkenal ahli strategi yang menggagas Republik di depan tata nama Negara Indonesia sebelum pada saat Bung Karno dan Bung Hatta memproklamirkan kemerdekaan negara Republik Indonesia.Beliau sangat terkenal dengan tulisannya yang berjudul Naar De Republik Indonesia yang dibuat pada tahun 1925.

Pada tanggal 21 Februari 2008 silam, akhirnya Rumah Tua Tan Malaka ini diresmikan menjadi sebuah Museum Sejarah dan Purbakala Tan Malaka, yang diresmikan secara langsung oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata pada saat itu. Hal ini dilakukan untuk bisa mengenang semua jasa-jasa yang telah beliau lakukan untuk bangsa dan negara Republik Indonesia ini. Di tempat tersebut anda akan bisa melihat berbagai macam benda bersejarah yang merupakan peninggalan Tan Malaka yang oleh masyarakat Minangkabau juga diberi gelar Datuk ini. Berbagai benda-benda tersebut berupa meja, lemari, kursi, dan juga tempat tidur beliau. Anda juga bisa melihat beberapa buah foto beliau, dan yang paling penting adalah hasil karya beliau berupa buku-buku sejarah tentang masa perjuangan, dan juga berbagai buku yang masih otentik dan ditulis sendiri oleh beliau yang isinya belum dipolitisasi untuk berbagai kepentingan politik.

Kami segenap kontributor promo-jitu.com, banyak berterima kasih atas segala bentuk apresiasi anda dalam membaca serta juga menyimak setiap artikel kami yang terbaru dan terupdate di situs ini. Kami juga berharap semoga artikel kami mengenai OBJEK WISATA MUSEUM SEJARAH RUMAH TUA TAN MALAKA KOTA SUMATERA BARAT (SUMBAR) yang terdapat di atas dapat memberikan manfaat dan juga bisa menambah wawasan anda semua.









#UNBK #UJIAN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER #S1 #S2 #S3 #D1 #D2 #D3 #D4 #Jalur Reguler #Jalur Non Reguler #Akreditasi #Jurusan #Pembukaan #Brosur #Mata Kuliah #Biaya Uang Semester #Syarat-syarat Pendaftaran #Jadwal Daftar Ulang #Alamat Kampus #Fakultas #Universitas #Perguruan Tinggi Negeri #Perguruan Tinggi Swasta #Waktu Pendaftaran #Biaya Uang Kuliah #Biaya Pendaftaran #Jadwal Tes #Jadwal Daftar Ulang #Pengumuman SBMPTN #Info SNMPTN #UM-PTKIN #UMPN #nomor telpon #no telfon #nomor telepon #Bidikmisi