Suka Wisata Indonesia

OBJEK WISATA MUSEUM RUMAH KELAHIRAN BUNG HATTA KOTA BUKITTINGGI SUMATERA BARAT (SUMBAR)





















OBJEK WISATA MUSEUM RUMAH KELAHIRAN BUNG HATTA KOTA BUKITTINGGI SUMATERA BARAT (SUMBAR)

OBJEK WISATA MUSEUM RUMAH KELAHIRAN BUNG HATTA KOTA BUKITTINGGI SUMATERA BARAT (SUMBAR)

Selain pesona alamnya yang begitu indah, kota Bukittinggi merupakan salah satu kota yang sangat berperan penting dalam sejarah perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia ini karena kota Bukittinggi ini pernah menjadi ibukota negara walaupun hanya sementara. Tidak hanya itu, kota ini juga menjadi kota kelahiran sejumlah pahlawan nasional yang pastinya sangat berpengaruh bagi bangsa ini. Salah satunya adalah tokoh proklamator Indonesia, Moehammad Hatta.

Di kota kelahirannya ini, Bung Hatta meninggalkan banyak catatan ataupun jejak sejarah yang pastinya sangat penting. Jadi, apabila anda ingin berwisata ke kota Bukittinggi, maka tidak ada salahnya untuk berwisata sejarah karena kota ini sangat kaya akan sejarah sejak pada masa pemerintahan kolonial Belanda, hingga pada masa kemerdekaan. Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta merupakan salah satunya. Sekarang ini, rumah ini sudah dijadikan sebagai museum yang banyak menyimpan catatan tentang perjalanan hidup Sang Proklamator Tercinta.

Jika anda lihat sekilas, maka anda tidak akan pernah membayangkan bahwa di rumah yang sekarang menjadi museum ini merupakan tempat lahir dan pernah dihuni oleh seorang tokoh proklamator Indonesia. Hal itu dikarenakan rumah ini yang cukup sederhana; terdiri dari dua buah lantai yang sebagian besar dindingnya hanya terbuat dari bilah papan dan juga bambu. Hanya karena ada sebuah papan merek yang sederhanalah yang kemudian membuat anda akan tahu bahwa rumah tersebut merupakan rumah tempat masa kecil Bung Hatta.

Saat memasuki rumah ini, maka anda akan bisa melihat jejak masa kecil Bung Hatta seperti perabotan saat peninggalan masa kecil Bung Hatta yang berupa tempat tidur, meja, kursi, dan beberapa buah peralatan dapur.. Perabotan ini didapatkan dari kerabat dan juga keluarga beliau. Tidak hanya itu, susunan tata letaknya telah disesuaikan kembali sesuai dengan tempat asalnya. Di Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta ini banyak terpajang momen yang sudah diabadikan berupa foto keluarga, ibunda Bung Hatta, paman atau mamak, dan yang paling terutama sekali adalah foto-foto dokumentasi semasa hidup Sang Proklamator ini. Disini juga terdapat silsilah keluarga pada garis keturunan ayah dan juga ibunda Bung Hatta. Disini juga ada foto sang guru mengaji beliau, yang bernama Syekh Djamil Djambek. Bahkan, seperti budaya yang menjadi ciri khas masyarakat Minangkabau lainnya, ternyata Hatta Kecil juga sering tidur dan menghabiskan waktunya di surau. Terbayang baktimu... Terbayang jasamu...Terbayang jelas jiwa sederhanamu... Bernisan bangga... Berkapan do'a...Dari kami yang merindukan orang sepertimu... Ya, mungkin bait lagu yang diciptakan sendiri oleh Iwan Fals tentang Iwan Fals tersebut mampu menggambarkan Bung Hatta yang sesunggunya, dan memang sampai kapanpun bangsa yang besar ini benar-benar merindukan sosok pemimpin seperti Sang Proklamator, Bung Hatta.

Kami segenap kontributor promo-jitu.com, banyak berterima kasih atas segala bentuk apresiasi anda dalam membaca serta juga menyimak setiap artikel kami yang terbaru dan terupdate di situs ini. Kami juga berharap semoga artikel kami mengenai OBJEK WISATA MUSEUM RUMAH KELAHIRAN BUNG HATTA KOTA BUKITTINGGI SUMATERA BARAT (SUMBAR) yang terdapat di atas dapat memberikan manfaat dan juga bisa menambah wawasan anda semua.









#UNBK #UJIAN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER #S1 #S2 #S3 #D1 #D2 #D3 #D4 #Jalur Reguler #Jalur Non Reguler #Akreditasi #Jurusan #Pembukaan #Brosur #Mata Kuliah #Biaya Uang Semester #Syarat-syarat Pendaftaran #Jadwal Daftar Ulang #Alamat Kampus #Fakultas #Universitas #Perguruan Tinggi Negeri #Perguruan Tinggi Swasta #Waktu Pendaftaran #Biaya Uang Kuliah #Biaya Pendaftaran #Jadwal Tes #Jadwal Daftar Ulang #Pengumuman SBMPTN #Info SNMPTN #UM-PTKIN #UMPN #nomor telpon #no telfon #nomor telepon #Bidikmisi