OBJEK WISATA MUSEUM KERETA API KOTA SAWAHLUNTO SUMATERA BARAT (SUMBAR)






















OBJEK WISATA MUSEUM KERETA API KOTA SAWAHLUNTO SUMATERA BARAT (SUMBAR)

OBJEK WISATA MUSEUM KERETA API KOTA SAWAHLUNTO SUMATERA BARAT (SUMBAR)

Kota Sawahlunto memang sangat unik. Bekas kota yang terkenal dengan tambang batu bara ini saat ini menjelma menjadi sebuah kota wisata yang di dalamnya banyak terdapat peninggalan-peninggalan sejarah pada zaman kolonial Belanda. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya nilai sejarah yang terkandung di dalamnya mulai dari bangunan sejarah, hingga berbagai sarana-prasarana serta berbagai bentuk fasilitas lainnya. Salah satu peninggalan sejarah pada masa kolonial Belanda yang saat ini menjadi sebuah objek wisata yang ramai dikunjungi adalah Museum Kereta Api Sawahlunto. Museum ini sendiri berlokasi di kawasan Kelurahan Pasar di kecamatan Lembah Segar, kota Sawahlunto, Provinsi Sumatra Barat. Gedung Stasiun Kereta Api Sawahlunto ini sendiri merupakan sebuah peninggalan yang dibangun sekitar pada tahun 1912. Namun, akhirnya pada tanggal 17 Desember 2005 silam, Stasiun Sawahlunto ini diubah fungsinya menjadi sebuah museum kereta api, dan diresmikan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia pada saat itu, Bapak Muhammad Jusuf Kalla.

Disini terdapat sebuah koleksi yang biasanya juga menjadi incaran bagi para pengunjung, yang dikenal dengan nama ‘Mak Itam’. Mak Itam ini sendiri bukanlah manusia, melainkan nama yang diberikan pada sebuah lokomotif tua yang dulu pernah sangat berjaya pada eranya. Mak Itam dulunya mengangkut gerbong-gerbong yang berisi batu bara dari kota Sawahlunto ke kota Padang. Mak Itam ini kabarnya sudah mulai beroperasi sejak pada zaman Belanda. Walaupun sudah sangat uzur, namun gerbong ini masih aktif sampai tahun 2014 yang diubah fungsinya menjadi sebuah kereta api wisata yang bertujuan untuk melayani pengunjung Kota Sawahlunto agar bisa mengelilingi bekas kota tambang tersebut dengan nyaman. Namun, sejak pada pertengahan tahun 2014 lalu, Mak Itam tersebut berhenti beroperasi. Saat ini, Mak Itam tersebut telah menepi di kandangnya yang terdapat di Museum Kereta Api Sawahlunto. Dengan berwisata ke Museum Kereta Api ini, maka para pengunjung tentunya akan banyak mendapatkan ilmu pengetahuan dan juga wawasan tentang nilai sejarah kereta api di Indonesia, khususnya di kota Sawahlunto.

Kami segenap kontributor promo-jitu.com, banyak berterima kasih atas segala bentuk apresiasi anda yang telah membaca dan juga telah memperhatikan setiap artikel kami yang terbaru dan terupdate di situs ini. Kami juga berharap semoga artikel kami mengenai OBJEK WISATA MUSEUM KERETA API KOTA SAWAHLUNTO SUMATERA BARAT (SUMBAR) yang terdapat di atas bisa memberikan berbagai manfaat serta menambah wawasan anda semua.










Dan kami sangatlah berterimakasih sekali kawan-kawan para pengunjung tentang pendaftaran online mahasiswa dan mahasiswi baru untuk tahun 2018-2019 bulan ini, dan sekirany bila kawan-kawan tidak keberatan dri postingan yang admin buat ini kami mohon jugalah kiranya untuk bantu di share atau dibagikan halaman blog ini ke seluruh kawna-kawan yang lagi membutuhkan informasi pendaftaran mahasiswa baru untuk tahun 2015 ini dan nantinya agar nantinya juga bisa dibaca oleh seluruh kawan-kawan kita yang lain dan mereka juga nanti bisa membaca informasi ini lagi dan semoga bermanfaat hendaknya dan bisa bermanfaat buat mereka semua kita, terima kasih sudah membaca informasi pendaftaran online mahasiswa baru online untuk tahun akademik 2018-2019 ini.