Suka Wisata Indonesia

OBJEK WISATA MUSEUM GUDANG RANSUM KOTA SAWAHLUNTO SUMATERA BARAT (SUMBAR)





















OBJEK WISATA MUSEUM GUDANG RANSUM KOTA SAWAHLUNTO SUMATERA BARAT (SUMBAR)

OBJEK WISATA MUSEUM GUDANG RANSUM KOTA SAWAHLUNTO SUMATERA BARAT (SUMBAR)

Museum Gudang Ransum merupakan salah satu tempat wisata di Indonesia yang menyimpan nilai sejarah dan juga wajib untuk dikunjungi. Selain merupakan tempat yang cocok untuk mengahabiskan waktu libur, disini anda juga bisa mendapatkan berbagai nilai edukasi mengenai sejarah Negara Indonesia. Museum Gudang Ransum ini memiliki letak di Jl. Abdul Rahman Hakim di kawasan Kelurahan Air Dingin yang merupakan kawasan Kecamatan Lembah Segar di Kota Sawahlunto, Provinsi Sumatera Barat. Museum ini memiliki jarak sekitar 94 KM atau menghabiskan dua jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan bermotor dari arah Kota Padang. Museum Gudang Ransum ini merupakan sebuah kompleks bangunan dan bekas dapur umum bagi para pekerja tambang batu bara dan juga pasien RSU Sawahlunto yang pada saat itu memiliki jumlah sekitar ribuan. Gedung Museum Gudang Ransum ini sendiri didirikan pada tahun 1918 pada masa penjajahan Belanda.

Dapur umum ini dilengkapi oleh dua buah gudang besar dan juga steam generator atau tungku pembakaran untuk bisa memasak 3.900 kg beras di setiap harinya yang diperuntukkan bagi para pekerja tambang batu bara tersebut. Pada tahun 2005, kawasan tersebut dikonservasi dan kemudian ditata ulang pemerintah Kota Sawahlunto untuk berbagai acara permuseuman dan pada akhirnya pada tanggal 17 Desember 2005 langsung dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden Republik Indonesia saat itu, Bapak Jusuf Kalla. Museum ini sangat berbeda dengan bentuk museum pada umumnya yang terdapat di Indonesia. Koleksi museum ini memiliki jumlah sekitar 150 buah, dan belum termasuk koleksi foto lama yang bersejarah dan jumlahnya sekitar lebih dari 250 buah.

Di tempat ini, juga dipajang koleksi rangsang, kuali, dan berbagai peralatan dapur umum yang memiliki ukuran yang besar. Selain itu, foto-foto para pekerja paksa yang kakinya sudah dirantai juga banyak terdapat di museum ini, yang kemudian dikenal dengan nama Orang Rantai. Banyak juga sisa-sisa pakaian mandor, perlengkapan tambang batubara, pakaian pekerja dan koki, baik yang modern pada saat itu dan juga yang tradisional, serta yang terakhir contoh batu bara. Harga tiket untuk masuk ke museum ini hanya Rp.4.000,- untuk orang dewasa, dan Rp.2.000,- untuk pengunjung yang masih anak-anak.

Kami segenap kontributor promo-jitu.com, banyak berterima kasih atas segala bentuk apresiasi anda yang telah membaca dan juga telah memperhatikan setiap artikel kami yang terbaru dan terupdate di situs ini. Kami juga berharap semoga artikel kami mengenai OBJEK WISATA MUSEUM GUDANG RANSUM KOTA SAWAHLUNTO SUMATERA BARAT (SUMBAR) yang terdapat di atas bisa bermanfaat serta menambah wawasan anda semua.









#UNBK #UJIAN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER #S1 #S2 #S3 #D1 #D2 #D3 #D4 #Jalur Reguler #Jalur Non Reguler #Akreditasi #Jurusan #Pembukaan #Brosur #Mata Kuliah #Biaya Uang Semester #Syarat-syarat Pendaftaran #Jadwal Daftar Ulang #Alamat Kampus #Fakultas #Universitas #Perguruan Tinggi Negeri #Perguruan Tinggi Swasta #Waktu Pendaftaran #Biaya Uang Kuliah #Biaya Pendaftaran #Jadwal Tes #Jadwal Daftar Ulang #Pengumuman SBMPTN #Info SNMPTN #UM-PTKIN #UMPN #nomor telpon #no telfon #nomor telepon #Bidikmisi