OBJEK WISATA MUSEUM ADITYAWARMAN KOTA PADANG SUMATERA BARAT (SUMBAR)






















OBJEK WISATA MUSEUM ADITYAWARMAN KOTA PADANG SUMATERA BARAT (SUMBAR)

OBJEK WISATA MUSEUM ADITYAWARMAN KOTA PADANG SUMATERA BARAT (SUMBAR)

Museum Adityawarman memiliki lokasi di kawasan Jalan Diponegoro No. 10, Kelurahan Belakang Tansi, Kecamatan Padang Barat, Padang, Sumatera Barat. Museum ini didirikan di tengah lahan yang memiliki luas sekitar 2,6 hektar. Museum yang memiliki luas bangunan 2.855 meter bujur sangkar ini dibangun dengan menggunakan model inspirasi arsitektur dari Rumah Gadang atau rumah yang memiliki gonjong yang menjadi ciri khas pada gaya arsitektur tradisional di daerah Minangkabau. Rumah bagonjong ini sendiri merupakan sebuah rumah panggung yang memiliki atap dengan bentuk seperti tanduk kerbau yang terdapat di bagian ujungnya. Museum ini memiliki tujuh biuah gonjong. Museum ini mulai dibangun seitar pada tahun 1974, yang difungsikan sebuah pusat pelestarian benda-benda bersejarah yang terdapat pada cagar budaya Minangkabau, cagar budaya Mentawai, dan juga secara umum pada cagar budaya Indonesia. Peresmiannya sendiri dilakukan pada tanggal 16 Maret 1977 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang menjabat pada waktu itu, yakni Prof. Dr. Sjarif Thayeb.

Kemudian, pada tanggal 28 Mei 1979, museum ini diberi nama 'Adityawarman' secara resmi. Nama museum ini sendiri diambil dari nama salah seorang raja yang pernah berkuasa di daerah Minangkabau antara tahun 1347-1375 M. Menurut tinjauan sejarah, Raja Adityawarman ini merupakan salah satu raja Kerajaan Minangkabau yang berasal dari Majapahit. Raja Adityawarman ini sendiri berkuasa pada zaman yang sama pada periode sejarah ketika Gajah Mada menjadi Mahapatih Majapahit pada rentang waktu 1334-1364 M.

Museum ini mempunya berbagai referensi peninggalan sejarah yang sangat beragam pada berbagai aspek kebudayaan daerah Minangkabau dan juga Sumatera Barat. Di museum ini tersimpan lebih dari 6000 koleksi yang merupakan peninggalan budaya, yang kemudian terbagi ke dalam 10 kategori koleksi. Kategori koleksi tersebut antara lain; Keramologika, Biologika, Geologika/Geografika, Etnografika, Historika, Arkeologika, Filologika, Numismatika/Heraldika, Seni Rupa  dan juga Teknologika.

Kami segenap kontributor promo-jitu.com, banyak berterima kasih atas segala bentuk apresiasi anda dalam membaca serta juga menyimak setiap artikel kami yang terbaru dan terupdate di situs ini. Kami juga berharap semoga artikel kami mengenai OBJEK WISATA MUSEUM ADITYAWARMAN KOTA PADANG SUMATERA BARAT (SUMBAR) yang terdapat di atas dapat memberikan manfaat dan juga bisa menambah wawasan anda semua.










Dan kami sangatlah berterimakasih sekali kawan-kawan para pengunjung tentang pendaftaran online mahasiswa dan mahasiswi baru untuk tahun 2018-2019 bulan ini, dan sekirany bila kawan-kawan tidak keberatan dri postingan yang admin buat ini kami mohon jugalah kiranya untuk bantu di share atau dibagikan halaman blog ini ke seluruh kawna-kawan yang lagi membutuhkan informasi pendaftaran mahasiswa baru untuk tahun 2015 ini dan nantinya agar nantinya juga bisa dibaca oleh seluruh kawan-kawan kita yang lain dan mereka juga nanti bisa membaca informasi ini lagi dan semoga bermanfaat hendaknya dan bisa bermanfaat buat mereka semua kita, terima kasih sudah membaca informasi pendaftaran online mahasiswa baru online untuk tahun akademik 2018-2019 ini.