OBJEK WISATA MINIATUR MEKKAH KOTA PADANG SUMATERA BARAT (SUMBAR)






















OBJEK WISATA MINIATUR MEKKAH KOTA PADANG SUMATERA BARAT (SUMBAR)

OBJEK WISATA MINIATUR MEKKAH KOTA PADANG SUMATERA BARAT (SUMBAR)

Kota Padang memang menghadirkan beragam tempat wisata mulai dari wisata sejarah, wisata pantai, wisata alam, dan juga berbagai tempat wisata yang bersifat edukatif. Banyak sekali wisatawan yang masih belum mengetahui bahwa Kota Padang ini menyimpan banyak pesona wisata yang bersifat Islami yang bentuknya sangat mirip dengan daerah tujuan haji, yakni Kota Mekah. Masyarakat kemudian mengena tempat ini dengan nama Miniatur Mekah. Lokasinya berada di daerah Sungai Lareh dengan jarak 25 KM dari pusat Kota Padang. Lokasinya sangat mudah diakses karena terletak di pinggir jalan yang menghubungkan daerah Lubu Minturun dengan Belimbing. Pembangunan Miniatur Mekah ini dimulai sekitar pada tanggal 13 Desember 2000 dan akhirnya bisa selesai pada tanggal 8 September 2001.

Sesuai dengan namanya, miniatur Mekkah ini, maka ukuran tempatnya memang tidak sampai seluas dan juga tidak sebesar tanah suci Mekah. Di lokasi pintu gerbang masuk ke miniatur ini terdapat sebuah tugu Al-qur'an raksasa seperti yang terdapat di Kota Mekah, hanya saja memiliki ukuran yang lebih kecil. Di depan lokasi ini terdapat sebuah prasasti yang menuliskan nama pendiri tempat yang indah ini. Kemudian, saat anda masuk ke dalam bangunan dan berbelok ke arah kiri, maka akan terdapat sebuah Masjid yang bernama Masjid Nurzikrillah yang juga memiliki miniatur Ka’bah di area bagian dalamnya. Biasanya, selain digunakan untuk kepentingan beribadah, Masjid ini juga digunakan sebagai tempat untuk melakukan manasik haji. Masjid Nurzikrullah ini biasanya hanya dibuka hanya pada saat waktu shalat.

Masuk ke dalam lokasi yang lebih dalam lagi terdapat batu-batu besar dengan tulisan nama-nama tempat yang terdapat di Kota Mekkah. Di tengah-tengah Miniatur Mekah ini terdapat sebuah jembatan yang memiliki tiga buah tugu di bagian atasnya. Ini menyimbolkan sebagai tempat umat Islam dalam melakukan lempar jumroh. Di samping jembatan tersebut terdapat sebuah terowongan yang bisa melambangkan lokasi terowongan Mina. Di lokasi ini, juga terdapat miniatur berupa bukit Safa dan Bukit Marwah yang juga adalah sebuah tempat yang wajib dikunjungi umat Islam dalam berbagai rangkaian kegiatan ibadah haji.

Miniatur Mekah ini bisa untuk didatangi dan dibuka bagi masyarakat umum yang ingin melakukan wisata religi. Di tempat ini, para wisatawan bisa untuk mengetahui berbagai tempat yang harus anda kunjungi saat menunaikan ibadah haji dalam bentuk berupa miniatur. Lokasi ini juga menyuguhkan pemandangan alam yang sangat indah dengan memiliki hamparan bukit hijau dan berupa taman rumput yang eksotis sebagai area latar belakangnya. Berbagai bentuk koleksi satwa juga banyak dipelihara di tempat ini. Dahulunya, disini juga terdapat unta yang didatangkan langsung dari Arab.

 Kami segenap kontributor promo-jitu.com, banyak berterima kasih atas segala bentuk apresiasi anda yang telah membaca dan juga telah memperhatikan setiap artikel kami yang terbaru dan terupdate di situs ini. Kami juga berharap semoga artikel kami mengenai OBJEK WISATA MINIATUR MEKKAH KOTA PADANG SUMATERA BARAT (SUMBAR) yang terdapat di atas bisa bermanfaat serta menambah wawasan anda semua.










Dan kami sangatlah berterimakasih sekali kawan-kawan para pengunjung tentang pendaftaran online mahasiswa dan mahasiswi baru untuk tahun 2018-2019 bulan ini, dan sekirany bila kawan-kawan tidak keberatan dri postingan yang admin buat ini kami mohon jugalah kiranya untuk bantu di share atau dibagikan halaman blog ini ke seluruh kawna-kawan yang lagi membutuhkan informasi pendaftaran mahasiswa baru untuk tahun 2015 ini dan nantinya agar nantinya juga bisa dibaca oleh seluruh kawan-kawan kita yang lain dan mereka juga nanti bisa membaca informasi ini lagi dan semoga bermanfaat hendaknya dan bisa bermanfaat buat mereka semua kita, terima kasih sudah membaca informasi pendaftaran online mahasiswa baru online untuk tahun akademik 2018-2019 ini.