Suka Wisata Indonesia

OBJEK WISATA MENHIR MAHAT KABUPATEN LIMA PULUH KOTA SUMATERA BARAT (SUMBAR)





















OBJEK WISATA MENHIR MAHAT KABUPATEN LIMA PULUH KOTA SUMATERA BARAT (SUMBAR)

OBJEK WISATA MENHIR MAHAT KABUPATEN LIMA PULUH KOTA SUMATERA BARAT (SUMBAR)

Menhir Mahat merupakan salah satu situs yang bersejarah dan sudah beruusia sangat tua. Usianya diperkirakan sudah mencapai 4000 tahun. Menhir ini memiliki lokasi di kawasan Nagari Mahat yang termasuk wilayah Kecamatan Bukik Barisan, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Jika anda menempuhnya dari arah pusat Kota Payakumbuh, maka jarakyang akan anda tempuh sekitar sejauh 48 KM dengan jalan yang akan anda lalui aksesnya belum cukup baik. Hal ini terjadi karena jalan yang anda lalui aspalnya masih kurang bagus. Dengan kondisi jalan tersebut, maka normalnya anda akan membutuhkan waktu selama sekitar tiga jam perjalanan.

Menhir ini sendiri merupakan benda yang berupa Batu Berdiri. Batu-batu yang terdapat di daerah ini memang tampak berdiri dengan memiliki beberapa buah ukiran yang membentuk suatu motif tertentu. Tinggi batu-batu tersebut mencapai 2 meter. Ukirannya bisa berbentuk seperti manusia, patung, pedang, dan lain sebagainya. Hal ini menandakan bahwa sejak masa purbakala, masyarakat Minangabau memang sudah terampil dalam membuat ukiran, Menhir-menhir tersebut dulunya dibuat untuk sarana pemujaan arwah-arwah nenek moyang yang pada kepercayaan masyarakat yang memegang epercayaan animisme. Di lokasi Menhir Mahat ini, terdapat tujuh lokasi untuk menemukan situs menhir. Daerah yang paling banyak jumlah Menhirnya adalah Parti Koto Tinggi yang memiliki menhir sebanyak 384 buah. Selain menhir, di tempat ini juga dapat ditemukan peninggalan kuno lain yang berupa peti batu dan juga sebuah batu yang mempunyai 12 lubang.

Pada saat anda memasuki wilayah tempat berdiamnya Menhir di Mahat ini, tentunya anda akan merasakan berbagai kesan mistis yang sangat kuat di lokasi tersebut, Anda juga akan menemukan bahwa arah menhir tersebut selalu menuju ke arah puncak Gunung Sago. Menurut masyarakat setempat, hal itu dikarenakan jiwa arwah nenek moyang yang telah meninggal biasanya akan disucikan terlebih dahulu di Puncak Gunung Sago melalui situs menhir-menhir ini.

Kami segenap kontributor promo-jitu.com, banyak berterima kasih atas segala bentuk apresiasi anda dalam membaca serta juga menyimak setiap artikel kami yang terbaru dan terupdate di situs ini. Kami juga berharap semoga artikel kami mengenai OBJEK WISATA MENHIR MAHAT KABUPATEN LIMA PULUH KOTA SUMATERA BARAT (SUMBAR) yang terdapat di atas dapat memberikan manfaat dan juga bisa menambah wawasan anda semua.









#UNBK #UJIAN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER #S1 #S2 #S3 #D1 #D2 #D3 #D4 #Jalur Reguler #Jalur Non Reguler #Akreditasi #Jurusan #Pembukaan #Brosur #Mata Kuliah #Biaya Uang Semester #Syarat-syarat Pendaftaran #Jadwal Daftar Ulang #Alamat Kampus #Fakultas #Universitas #Perguruan Tinggi Negeri #Perguruan Tinggi Swasta #Waktu Pendaftaran #Biaya Uang Kuliah #Biaya Pendaftaran #Jadwal Tes #Jadwal Daftar Ulang #Pengumuman SBMPTN #Info SNMPTN #UM-PTKIN #UMPN #nomor telpon #no telfon #nomor telepon #Bidikmisi