OBJEK WISATA MASJID TUO KAYU JAO KABUPATEN SOLOK SUMATERA BARAT (SUMBAR)






















OBJEK WISATA MASJID TUO KAYU JAO KABUPATEN SOLOK SUMATERA BARAT (SUMBAR)

OBJEK WISATA MASJID TUO KAYU JAO KABUPATEN SOLOK SUMATERA BARAT (SUMBAR)

Masjid Tuo Kayu Jao merupaka salah satu dari 10 Masjid tertua di Indonesia yang memiliki lokasi di kawasan Jorong Kayu Jao, Nagari Batang Baruih, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat. Masjid ini tercatat telah berdiri mulai sejak tahun 1599 dan Masjid ini merupakan masjid yang tertua di Kabupaten Solok dan menjadi yang tertua ke-9 di Indonesia dan Masjid ini masih tetap berdiri sampai saat ini. Pemerintah Provinsi Sumatera Barat sudah menetapkan bahwa masjid ini menjadi salah satu cagar budaya agama Islam di Kabupaten Solok. Dengan telah berdirinya Masjid Tuo ini sejak pada tahun 1599, maka dapat dibuktikan menjadi salah satu saksi bisu sejarah penyebaran agama Islam khususnya di Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat yang telah berkembang sejak pertengahan abad ke-16.

Masjid yang beratap ijuk ini didirikan oleh beberapa orang ulama daerah Kayu Jao tersebut dan tetap dijaga keaslian ornamennya sampai sekarang ini. Di sebelah masjid ini terdapat sebuah tabuh atau bedug yang sangat diyakini memiliki umur yang sama dengan masjid tersebut. Masjid yang pada awal pembangunannya menggunakan sistem pasak tersebut sampai pada waktu beberapa tahun lalu, pola bangunannya yang tidak memakai paku tersebut masih tetap dipertahankan. Namun, hal itu telah sedikit berubah setelah dilakukan sejumlah pemugaran sekitar beberapa tahun lalu. Warna cat Masjid Tuo Kayu Jao ini sebelumnya berwarna putih, namun akhirnya diganti menjadi warna coklat kehitaman.

Di samping keasliannya yang masih tetap terjaga sampai sat sekarang ini, arsitekturnyapun sangat identik dengan berbagai masjid - masjid kuno yang ada di Indonesia. Masjid Tuo Kayu Jao ini memiliki beberapa buah keistimewaan. Dari segi filosofis dan juga isyarat-isyarat pada bangunan atap Masjid yang terbuat dari ijuk mampu melambangkan salah satu desain dari rumah adat Minangkabau, yaitu Rumah Gadang. Saat ini, selain masih digunakan untuk berbagai aktivitas ibadah umat Islam, maka Masjid yang memiliki satu lantai ini juga telah digunakan sebagai sarana pendidikan agama Islam bagi masyarakat setempat dan bahkan telah berhasil menjadi salah satu daya tarik wisata yang cukup terkenal di wilayah Provinsi Sumatera Barat, terutama di kawasan Kabupaten Solok

Kami selaku seluruh kontributor promo-jitu.com sangat berterima kasih terhadap segala bentuk apresiasi anda dalam membaca dan juga menyimak setiap artikel terbaru kami di situs ini. Kami juga berharap semoga artikel kami mengenai OBJEK WISATA MASJID TUO KAYU JAO KABUPATEN SOLOK SUMATERA BARAT (SUMBAR) yang terdapat di atas memberikan manfaat dan juga bisa menambah wawasan anda semua.










Dan kami sangatlah berterimakasih sekali kawan-kawan para pengunjung tentang pendaftaran online mahasiswa dan mahasiswi baru untuk tahun 2018-2019 bulan ini, dan sekirany bila kawan-kawan tidak keberatan dri postingan yang admin buat ini kami mohon jugalah kiranya untuk bantu di share atau dibagikan halaman blog ini ke seluruh kawna-kawan yang lagi membutuhkan informasi pendaftaran mahasiswa baru untuk tahun 2015 ini dan nantinya agar nantinya juga bisa dibaca oleh seluruh kawan-kawan kita yang lain dan mereka juga nanti bisa membaca informasi ini lagi dan semoga bermanfaat hendaknya dan bisa bermanfaat buat mereka semua kita, terima kasih sudah membaca informasi pendaftaran online mahasiswa baru online untuk tahun akademik 2018-2019 ini.