Suka Wisata Indonesia

OBJEK WISATA LUBANG TAMBANG MBAH SURO KOTA SAWAHLUNTO SUMATERA BARAT (SUMBAR





















OBJEK WISATA LUBANG TAMBANG MBAH SURO KOTA SAWAHLUNTO SUMATERA BARAT (SUMBAR

OBJEK WISATA LUBANG TAMBANG MBAH SURO KOTA SAWAHLUNTO SUMATERA BARAT (SUMBAR

Objek Wisata Lubang Tambang Mbah Suro memiliki lokasi di wilayah Kelurahan Tanah Lapang di Kecamatan Lembah Segar, Kota Sawahlunto, Provinsi Sumatera Barat. Letak Lubang ini tidaklah begitu jauh dari pusat Kota Sawahlunto karena wilayah kota ini memang tidak begitu besar. Jika anda datang berkunjung ke Lubang Tambang Mbah Suro ini, maka anda tida perlu untuk memusingkan soal kendaraan anda karena kondisi jalanannya sudah sangat baik dan aman untuk dilalui oleh kendaraan bermotor.

Lubang Tambang Mbah Suro ini sebenarnya merupakan sebuah lokasi objek wisata dan juga peninggalan sejarah yang memiliki peranan penting tentang sejarah di kota tambang ini. Lubang ini merupakan bekas lokasi tambang batu bara yang dibangun sekitar pada tahun 1898. Lubang tambang ini merupakan yang pertama di daerah Sumatera Barat. Lubang ini dibangun oleh para pekerja paksa pada saat penjajahan Belanda dulu. Lubang ini kemudian diberi nama Lubang Tambang Mbah Suro karena Mbah Suro ini sendiri merupakan mandor dari para pekerja tersebut. Lubang tambang ini kemudian ditutup oleh Belanda sekitar pada tahun 1932 karena posisinya terlalu dekat dengan Sungai Lunto yang membuat rembesan air mudah masuk ke dalamnya.

Untuk bisa memasuki Lubang Tambang Mbah Suro ini, maka anda harus membayar biaya masuk sebesar Rp 8.000,- per orangnya. Dengan biaya tersebut, maka anda sudah bisa menelusuri lubang tersebut dengan dilengkapi oleh pengaman lainnya seperti helm tambang dan juga sepatu boot. Tidak hanya itu, pengunjung yang masuk dibatasi hanya sampai 20 orang saja untuk menjadikan wisata anda aman dengan ditemani oleh Guide yang merupakan penjaga Lubang Tambah Mbah Suro ini. Ketika anda masuk ke dalamnya, maka anda harus menuruni anak tangga. Tapi anda tidak usah khawatir karena tangga tersebut sudah dilengkapi dengan pegangan agar bisa menunjang keselamatan anda saat turun. Lubang ini memiliki panjang lebih dari 900 meter, tetapi yang telah direnovasi dan tentunya sudah layak menjadi lokasi objek wisata hanya sekitar 186 meter saja. Lobang ini memiliki ketinggian 2 meter dan posisinya berada di kedalaman 15 meter di bawah permukaan tanah. Bagian di atas lubang tambang ini adalah wilayah pemukiman penduduk.

Dinding-dinding lubang tersebut terlihat lembab dan basah karena adanya rembesan air yang masuk ke dalamnya melalui tanah. Akan tetapi untuk bisa mengantisipasinya, disana sudah dipasang fiber glass di dekat bagian langit-langit lubang ini. Di sini juga akan tampak sisa-sisa batu bara kelas 1 yang jumlahnya diperkirakan masih sekitar 40 juta ton lagi dengan kilatan-kilatannya di sepanjang lubang ini. Anda tidak usah takut akan kehabisan oksigen karena disana juga terdapat blower yang selalu menghasilkan oksigen yang segar demi kenyamanan dan keamanan pengunjung. Anda juga tidak perlu cemas karena disana juga terdapat CCTV yang akan memantau pergerakan setiap pengunjung yang datang ke tempat ini.

Kami segenap kontributor promo-jitu.com, banyak berterima kasih atas segala bentuk apresiasi anda yang telah membaca dan juga telah memperhatikan setiap artikel kami yang terbaru dan terupdate di situs ini. Kami juga berharap semoga artikel kami mengenai OBJEK WISATA LUBANG TAMBANG MBAH SURO KOTA SAWAHLUNTO SUMATERA BARAT (SUMBAR) yang terdapat di atas bisa bermanfaat serta menambah wawasan anda semua.









#UNBK #UJIAN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER #S1 #S2 #S3 #D1 #D2 #D3 #D4 #Jalur Reguler #Jalur Non Reguler #Akreditasi #Jurusan #Pembukaan #Brosur #Mata Kuliah #Biaya Uang Semester #Syarat-syarat Pendaftaran #Jadwal Daftar Ulang #Alamat Kampus #Fakultas #Universitas #Perguruan Tinggi Negeri #Perguruan Tinggi Swasta #Waktu Pendaftaran #Biaya Uang Kuliah #Biaya Pendaftaran #Jadwal Tes #Jadwal Daftar Ulang #Pengumuman SBMPTN #Info SNMPTN #UM-PTKIN #UMPN #nomor telpon #no telfon #nomor telepon #Bidikmisi