OBJEK WISATA GUNUNG TANDIKEK KABUPATEN TANAH DATAR SUMATERA BARAT (SUMBAR)






















OBJEK WISATA GUNUNG TANDIKEK KABUPATEN TANAH DATAR SUMATERA BARAT (SUMBAR)

OBJEK WISATA GUNUNG TANDIKEK KABUPATEN TANAH DATAR SUMATERA BARAT (SUMBAR)

Gunung Tandikek adalah sebuah gunung api yang memiliki lokasi di kawasan dataran tinggi Sumatera Barat. Gunung Tandikek ini termasuk salah satu dari tiga buah gunung yang kemudian dikenal dengan nama Puncak Tri Arga yang berarti tiga buah penyangga langit Minangkabau yang terdiri dari Gunung Marapi, Gunung Singgalang, dan yang terakhir Gunung Tandikek. Gunung yang tergolong tipe stratovulcano ini mempunyai ketinggian 2438 meter di atas permukaan laut dan merupakan gunung yang terendah di antara ketiga gunung yang termasuk ke dalam Puncak tri Arga tersebut. Gunung ini tepatnya terletak di kawasan Kecamatan X Koto di Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat. Gunung Tandikek ini membentang dengan lebar ke arah selatan dan langsung berbatasan dengan Danau Maninjau pada bagian sebelah baratnya. Di bagian sebelah utaranya, gunung ini letaknya berdampingan dengan Gunung Singgalang, dan pada bagian sisi timurnya terdapat gugusan pegunungan vulkanik tersier yang usianya sudah sangat tua. Jika anda memulai perjalanan anda dari kota Padang, maka jarak yang harus anda tempuh untuk bisa sampai ke kaki gunung ini adalah sekitar 80 KM atau memiliki jarak hanya 7,5 KM jika anda dari kota Padang Panjang.

Pendakian ke Gunung Tandikek ini bisa dimulai dari lokasi Lembah Anai Resort yang merupakan salah satu jalur yang dirintis untuk bisa menuju ke Puncak Gunung Tandikek. Jalur ini sudah dimulai dari letak tower Satelindo yang berada di kawasan Anai Resort yang memiliki ketinggian 665 meter di atas permukaan laut. Namun, jalur jalannya terbilang sangat rumit karena banyak semak-semak yang rapat serta juga didominasi oleh tumbuhan berupa pakis dan tumbuhan rotan. Selain dengan menempuh jalur ini, maka anda juga bisa untuk mendakinya melalui beberapa buah rute lainnya seperti rute melalui Desa Singgalang Ganting dan juga rute lewat Malalak. Namun, rute yang paling gampang untuk ditempuh adalah rute melalui Desa Singgalang Ganting.

Saat anda sampai di puncaknya, maka anda akan disambut oleh panorama berupa kawah Gunung Tandikek ini. Gunung ini mmiliki tiga buah kawah yang diberi nama kawah A, kawah B, dan kawah K. Tidak hanya itu saja, dari atas puncak ini anda akan bisa menyaksikan pemandangan berupa bentangan Gunung Singgalang yang letaknya bersebelahan dengan posisi Gunung Tandikek ini.

Kami segenap kontributor promo-jitu.com, banyak berterima kasih atas setiap bentuk apresiasi anda yang sudah membaca dan juga tentunya telah memperhatikan setiap artikel kami yang terbaru dan terupdate di situs ini. Kami juga berharap semoga artikel kami mengenai OBJEK WISATA GUNUNG TANDIKEK KABUPATEN TANAH DATAR SUMATERA BARAT (SUMBAR) yang terdapat di atas bisa memberikan berbagai manfaat serta menambah wawasan anda semua.










Dan kami sangatlah berterimakasih sekali kawan-kawan para pengunjung tentang pendaftaran online mahasiswa dan mahasiswi baru untuk tahun 2018-2019 bulan ini, dan sekirany bila kawan-kawan tidak keberatan dri postingan yang admin buat ini kami mohon jugalah kiranya untuk bantu di share atau dibagikan halaman blog ini ke seluruh kawna-kawan yang lagi membutuhkan informasi pendaftaran mahasiswa baru untuk tahun 2015 ini dan nantinya agar nantinya juga bisa dibaca oleh seluruh kawan-kawan kita yang lain dan mereka juga nanti bisa membaca informasi ini lagi dan semoga bermanfaat hendaknya dan bisa bermanfaat buat mereka semua kita, terima kasih sudah membaca informasi pendaftaran online mahasiswa baru online untuk tahun akademik 2018-2019 ini.