OBJEK WISATA GOA AIA SINGKEK KABUPATEN LIMA PULUH KOTA SUMATERA BARAT (SUMBAR)






















OBJEK WISATA GOA AIA SINGKEK KABUPATEN LIMA PULUH KOTA SUMATERA BARAT (SUMBAR)

OBJEK WISATA GOA AIA SINGKEK KABUPATEN LIMA PULUH KOTA SUMATERA BARAT (SUMBAR)

Goa Aia Singkek ini terletak pada sebuah dusun yang dikenal bernama Dusung Palangkitangan Pagadih di Jorong Kampung Melayu yang termasuk ke dalam Kenagarian Koto Tinggi yang terletak di kawasan Kecamatan Gunuang Omeh di Kabupaten Limapuluh Kota, Provinsi Sumatera Barat. Di dalam mulut goa ini tersimpan sebuah ruangan yang sangat unik dan begitu eksotik yang dihiasi dengan bermacam-macam bentuk bebatuan stalaktit dan stalakmitnya. Jika anda memulai perjalanan anda dari pusat Kota Payakumbuh, maka untuk bisa sampai ke daerah ini anda akan menempuh jarak sejauh lebih kurang sekitar 55 KM dengan menelusuri Jalan Tan Malaka.

Goa ini bernama Goa Aie Singkek yang dalam bahasa Indonesia bisa diartikan Goa Air Singkat. Letak goa ini memang agak tersembunyi di kawasan hutan. Mulut goa ini sebenarnya juga sempit. Akan tetapi, anda tidak akan pernah menyangka bahwa rongga goa yang terdapat di dalamnya cukup luas, bahkan bisa mencapai hingga seluas 100 meter. Agar bisa menjelajahi goa ini, maka sebaiknya anda meminta panduan pendudu setempat agar perjalanan anda lebih nyaman dan juga menghindari berbagai konflik lain yang mungkin terjadi saat anda berkunjung.

Untuk perlu anda ingat, daerah Koto Tinggi ini pernah dijadikan sebagai pusat Pemerintahan Darurat Republik Indonesia yang pada saat itu dipimpin oleh Mr. Syafaruddin Prawiranegara yang pada sebelumnya telah berpindah-pindah mulai dari kota Bukittinggi, kemudian ke Halaban, dan akhirnya diteruskan ke daerah Koto Tinggi untuk bisa menghindari serangan ganas Belanda pada waktu itu,

Kami segenap kontributor promo-jitu.com, banyak berterima kasih atas segala bentuk apresiasi anda dalam membaca serta juga menyimak setiap artikel kami yang terbaru dan terupdate di situs ini. Kami juga berharap semoga artikel kami mengenai OBJEK WISATA GOA AIA SINGKEK KABUPATEN LIMA PULUH KOTA SUMATERA BARAT (SUMBAR) yang terdapat di atas dapat memberikan manfaat dan juga bisa menambah wawasan anda semua.










Dan kami sangatlah berterimakasih sekali kawan-kawan para pengunjung tentang pendaftaran online mahasiswa dan mahasiswi baru untuk tahun 2018-2019 bulan ini, dan sekirany bila kawan-kawan tidak keberatan dri postingan yang admin buat ini kami mohon jugalah kiranya untuk bantu di share atau dibagikan halaman blog ini ke seluruh kawna-kawan yang lagi membutuhkan informasi pendaftaran mahasiswa baru untuk tahun 2015 ini dan nantinya agar nantinya juga bisa dibaca oleh seluruh kawan-kawan kita yang lain dan mereka juga nanti bisa membaca informasi ini lagi dan semoga bermanfaat hendaknya dan bisa bermanfaat buat mereka semua kita, terima kasih sudah membaca informasi pendaftaran online mahasiswa baru online untuk tahun akademik 2018-2019 ini.