Suka Wisata Indonesia

OBJEK WISATA DANAU LAUT TINGGAL KABUPATEN PASAMAN BARAT SUMATERA BARAT (SUMBAR)





















OBJEK WISATA DANAU LAUT TINGGAL KABUPATEN PASAMAN BARAT SUMATERA BARAT (SUMBAR)

OBJEK WISATA DANAU LAUT TINGGAL KABUPATEN PASAMAN BARAT SUMATERA BARAT (SUMBAR)

Danau Laut Tinggal in merupakan sebuah danau yang unik yang terletak pada ketinggian di atas 1940 meter di atas permukaan laut. Danau ini masih begitu asri dan sangat alami serta boleh dikatakan masih belum terjamah sama sekali oleh banyak orang. Saking banyaknya orang yang penasaran dengan wilayah danau ini, maka membuat para penjelajah merasa tertantang untuk biisa menaklukkannya. Danau Laut Tinggal ini memiliki letak lokasi di kawasan Jorong Sitabu di daerah Nagari Rabi Jonggor yang juga merupakan Kecamatan Gunung Tuleh, Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat. Sayangnya, danau ini pertama kali ditemukan bukan oleh masyarakat Pasaman Barat. Danau ini ditemukan melalui ekspedisi yang dilakukan oleh 2 orang peneliti yang berasala dari negara Jerman, yaitu Dr. Renata Rabenstern dan sahabatnya Herwig Zahorka. Mereka berdua kemudian melakukan observasi dan juga riset terhadap Danau Laut Tinggal ini. Awalnya, mereka tertarik untuk mengunjungi tempat ini karena dari pantauan satelit diketahui bahwa pada bagian utara Provinsi Sumatera Barat ini terlihat adanya sebuah danau yang masih belum terjamah. Kemudian, mereka berangkat ke Indonesia dan melakukan ekspedisi selama enam hari dari kawasan Nagari Rabi Jonggor untuk menuju ke danau ini. Jarak untuk menuju ke lokasi danau ini adalah sekitar 20 KM dari daerah Sitabu. Selain kedua peneliti tersebut, maka juga diikutkan warga daerah Rabi Jonggor yang berjumlah 18 orang sebagai penunjuk arah dan juga perintis jalur perjalanan selama mereka berada di dalam hutan.

Danau Laut Tinggal ini sendiri diapit oleh dua buah gunung, yakni Gunung Bendera serta Gunung Malintang. Selain itu, yang membuat aksesnya agak sulit adalah bukit – bukit yang berada di sekelilingnya. Danau ini memiliki diameter sekitar 2 KM. Air Danau Laut Tinggal ini tampak berwarna hijau dari kejauhan. Namun, Air danau yang unik ini tidak bisa dikonsumsi karena memiliki rasa yang tidak enak dan tingkat keasamannya sangat rendah. Selain itu, juga tidak ditemukan hewan yang hidup di dalam danau tersebut, baik ikan ataupun berbagai jenis hewan lainnya.

Keindahan alam yang ditawarkan di sekitar danau ini akan menjadi daya tarik tersendiri, terlebih lagi danau ini belum begitu terekspos secara luas. Memang, setelah ditemukannya danau ini, maka banyak yang datang mengunjunginya. Danau Laut Tinggal ini saat ini belum dikelola dengan baik. Akan tetapi, potensinya yang sangat luar biasa tentunya bisa menjadi sebuah aset yang begitu berharga bagi Kabupaten Pasaman Barat.

Kami segenap kontributor promo-jitu.com, banyak berterima kasih atas setiap bentuk apresiasi anda yang sudah membaca dan juga tentunya telah memperhatikan setiap artikel kami yang terbaru dan terupdate di situs ini. Kami juga berharap semoga artikel kami mengenai OBJEK WISATA DANAU LAUT TINGGAL KABUPATEN PASAMAN BARAT SUMATERA BARAT (SUMBAR) yang terdapat di atas bisa memberikan berbagai manfaat serta menambah wawasan anda semua.









#UNBK #UJIAN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER #S1 #S2 #S3 #D1 #D2 #D3 #D4 #Jalur Reguler #Jalur Non Reguler #Akreditasi #Jurusan #Pembukaan #Brosur #Mata Kuliah #Biaya Uang Semester #Syarat-syarat Pendaftaran #Jadwal Daftar Ulang #Alamat Kampus #Fakultas #Universitas #Perguruan Tinggi Negeri #Perguruan Tinggi Swasta #Waktu Pendaftaran #Biaya Uang Kuliah #Biaya Pendaftaran #Jadwal Tes #Jadwal Daftar Ulang #Pengumuman SBMPTN #Info SNMPTN #UM-PTKIN #UMPN #nomor telpon #no telfon #nomor telepon #Bidikmisi