OBJEK WISATA CANDI PULAU SAWAH KABUPATEN DHARMASRAYA SUMATERA BARAT (SUMBAR)






















OBJEK WISATA CANDI PULAU SAWAH KABUPATEN DHARMASRAYA SUMATERA BARAT (SUMBAR)

OBJEK WISATA CANDI PULAU SAWAH KABUPATEN DHARMASRAYA SUMATERA BARAT (SUMBAR)    Candi Pulau sawah ini merupakan salah satu peninggalan dari kerajaan Swarnabhumi atau Kerajaan Dharmasraya yang memiliki lokasi di kawasan Nagari Siguntur, Pulau Punjung, Kabupaten Dharmasraya, Provinsi Sumatera Barat. Sebenarnya, sangat banyak candi yang terdapat di sekitar Pulau Sawah ini. Akan tetapi karena terjadinya keterbatasan dana dan juga para tenaga ahli, maka candi tersebut masih tersimpan di dalam tanah. Untuk bisa mengunjungi Candi Pulau Sawah ini, maka pengunjung harus melewati perjalanan dan masuk ke persimpangan di daerah Sikabau kemudian menuju ke Nagari Siguntur. dari sini, anda bisa menelusuri jalan dan terus lurus sampai anda menemukan daerah yang bernama Pulau Tongah. Para pengunjung harus bisa memamfaatkan perahu yang terdapat di daerah sana untuk bisa melanjutkan perjalanan dan tentunya hal ini akan membuat perjalanan menjadi menarik karena para pengunjung juga bisa menikmati pesona pemandangan alam yang terdapat di sepanjang aliran Sungai Batang Hari sampai akhirnya sampai ke lokasi Candi pulau Sawah ini.  Candi Pulau Sawah I ini terdiri dari sebuah satu bangunan besar yang memiliki tinggi sekitar 2,4 meter. Bangunan bersejarah ini berbentuk sebuah kotak yang memiliki segi duapuluh tetapi masing-masing sisinya tidaklah sama panjang. Tepat berada di tengah bangunan situs kuno ini terdapat sebuah lobang yang cukup besar yang berbentuk empat persegi panjang dan berukuran sekitar 2,06 x 1,82 meter dengan memiliki kedalaman sekitar 2,4 meter. Pada bagian depan dari bangunan candi ini juga terdapat sebuah lobang dengan kedalaman yang sama dengan luas yang berbeda. Lobang ini ukurannya agak lebih kecil jika dibandingkan dengan ukuran lobang sebelumnya. Lobang ini berukuran sekitar 1,2 x 1,57 meter. Kedua lobang tersebut menurut penelitian merupakan kolam tempat pemandian para eturunn kerajaan.  Daerah Dharmasraya ini memang sangat kaya akan peninggalan sejarah. Hal ini bukan saja bisa untuk menjadi salah satu daya tarik wisata, tetapi juga bisa untuk diteliti lebih jauh. Semoga saja tidak ada yang sampai merusak situs-situs bersejarah seperti Candi Pulau sawah ini.  Kami segenap kontributor promo-jitu.com, banyak berterima kasih atas segala bentuk apresiasi anda dalam membaca serta juga menyimak setiap artikel kami yang terbaru dan terupdate di situs ini. Kami juga berharap semoga artikel kami mengenai OBJEK WISATA CANDI PULAU SAWAH KABUPATEN DHARMASRAYA SUMATERA BARAT (SUMBAR) yang terdapat di atas dapat memberikan manfaat dan juga bisa menambah wawasan anda semua.

Candi Pulau sawah ini merupakan salah satu peninggalan dari kerajaan Swarnabhumi atau Kerajaan Dharmasraya yang memiliki lokasi di kawasan Nagari Siguntur, Pulau Punjung, Kabupaten Dharmasraya, Provinsi Sumatera Barat. Sebenarnya, sangat banyak candi yang terdapat di sekitar Pulau Sawah ini. Akan tetapi karena terjadinya keterbatasan dana dan juga para tenaga ahli, maka candi tersebut masih tersimpan di dalam tanah. Untuk bisa mengunjungi Candi Pulau Sawah ini, maka pengunjung harus melewati perjalanan dan masuk ke persimpangan di daerah Sikabau kemudian menuju ke Nagari Siguntur. dari sini, anda bisa menelusuri jalan dan terus lurus sampai anda menemukan daerah yang bernama Pulau Tongah. Para pengunjung harus bisa memamfaatkan perahu yang terdapat di daerah sana untuk bisa melanjutkan perjalanan dan tentunya hal ini akan membuat perjalanan menjadi menarik karena para pengunjung juga bisa menikmati pesona pemandangan alam yang terdapat di sepanjang aliran Sungai Batang Hari sampai akhirnya sampai ke lokasi Candi pulau Sawah ini.

Candi Pulau Sawah I ini terdiri dari sebuah satu bangunan besar yang memiliki tinggi sekitar 2,4 meter. Bangunan bersejarah ini berbentuk sebuah kotak yang memiliki segi duapuluh tetapi masing-masing sisinya tidaklah sama panjang. Tepat berada di tengah bangunan situs kuno ini terdapat sebuah lobang yang cukup besar yang berbentuk empat persegi panjang dan berukuran sekitar 2,06 x 1,82 meter dengan memiliki kedalaman sekitar 2,4 meter. Pada bagian depan dari bangunan candi ini juga terdapat sebuah lobang dengan kedalaman yang sama dengan luas yang berbeda. Lobang ini ukurannya agak lebih kecil jika dibandingkan dengan ukuran lobang sebelumnya. Lobang ini berukuran sekitar 1,2 x 1,57 meter. Kedua lobang tersebut menurut penelitian merupakan kolam tempat pemandian para eturunn kerajaan.

Daerah Dharmasraya ini memang sangat kaya akan peninggalan sejarah. Hal ini bukan saja bisa untuk menjadi salah satu daya tarik wisata, tetapi juga bisa untuk diteliti lebih jauh. Semoga saja tidak ada yang sampai merusak situs-situs bersejarah seperti Candi Pulau sawah ini.

Kami segenap kontributor promo-jitu.com, banyak berterima kasih atas segala bentuk apresiasi anda dalam membaca serta juga menyimak setiap artikel kami yang terbaru dan terupdate di situs ini. Kami juga berharap semoga artikel kami mengenai OBJEK WISATA CANDI PULAU SAWAH KABUPATEN DHARMASRAYA SUMATERA BARAT (SUMBAR) yang terdapat di atas dapat memberikan manfaat dan juga bisa menambah wawasan anda semua.










Dan kami sangatlah berterimakasih sekali kawan-kawan para pengunjung tentang pendaftaran online mahasiswa dan mahasiswi baru untuk tahun 2018-2019 bulan ini, dan sekirany bila kawan-kawan tidak keberatan dri postingan yang admin buat ini kami mohon jugalah kiranya untuk bantu di share atau dibagikan halaman blog ini ke seluruh kawna-kawan yang lagi membutuhkan informasi pendaftaran mahasiswa baru untuk tahun 2015 ini dan nantinya agar nantinya juga bisa dibaca oleh seluruh kawan-kawan kita yang lain dan mereka juga nanti bisa membaca informasi ini lagi dan semoga bermanfaat hendaknya dan bisa bermanfaat buat mereka semua kita, terima kasih sudah membaca informasi pendaftaran online mahasiswa baru online untuk tahun akademik 2018-2019 ini.