OBJEK WISATA BUNGA RAFLESIA KABUPATEN AGAM SUMATERA BARAT (SUMBAR)






















OBJEK WISATA BUNGA RAFLESIA KABUPATEN AGAM SUMATERA BARAT (SUMBAR)

OBJEK WISATA BUNGA RAFLESIA KABUPATEN AGAM SUMATERA BARAT (SUMBAR)

Bunga bangkai raksasa yang dikenal dengan nama Bunga Raflesia Arnoldi ditemukan sekitar pada tahun 1930. Penemunya sendiri adalah seorang pakar biologi yang berasal dari Belanda. Pada akhirnya, penemuan bunga bangkai tersebut dipatenkan sesuai dengan nama penemunya, yaitu Raflesia Arnoldi. Dengan demikian, maka penemuan bunga bangkai ini juga telah membuat nama harum bagi daerah yang menjadi habitat tumbuhnya bunga Raflesia. Salah satunya adalah Kabupaten Agam.

Penemuan ini juga mengakibatkan sebuah daerah yang dikenal dengan nama Jorong Batang Palupuh yang termasuk ke dalam kawasan Nagari Koto Rantang, Kecamatan Palupuh, Kabupaten Agam kemudian masuk ke dalam buku pemandu internasional antara lain seperti di Negara Thailand dan Malaysia. Tidak hanya itu, para pemandu wisata di benua Eropa, Australia, dan juga Amerika kemudian memasukkan daerah Palupuh ini ke dalam lokasi yang masuk ke dalam agenda kunjungan wisata. Bunga bangkai raksasa tersebut memang dapat ditemukan dan juga terdapat di daerah Palupuh dan di Provinsi Bengkulu.

Menurut sejarah, memang sang pakar biologi yang bernama Raflesia Arnoldi tersebut menemukan bunga bangkai ini hanya di daerah Palupuh dan di Bengkulu. Sejak saat itu, maka lokasi hutan yang memiliki luas sekitar 3,4 Hektare di kawasan Batang Palupuh Kabupaten Agam ini kemudian dijadikan sebagai Hutan Cagar Alam sejak zaman pemerintahan Hindia Belanda sesuai dengan surat keputusan yang dibuat oleh pemerintah Hindia Belanda Nomor 3 STBL. No. 402 tanggal 14/11/1930. Uniknya, Bunga Raflesia ini biasanya hanya akan muncul di bulan November saja. Selain di Palupuh, wisata alam Bunga Raflesia ini terkadang juga bisa ditemui di kawasan Kecamatan Banuhampu. Di daerah Banuhampu yang masih merupakan wilayah Kabupaten Agam ini Bunga Raflesia tersebut hanya terdapat di kawasan yang jauh di dalam hutan sehingga sangat sulit untuk bisa dijangkau.

Kami segenap kontributor promo-jitu.com, banyak berterima kasih atas segala bentuk apresiasi anda dalam membaca serta juga menyimak setiap artikel kami yang terbaru dan terupdate di situs ini. Kami juga berharap semoga artikel kami mengenai OBJEK WISATA BUNGA RAFLESIA KABUPATEN AGAM SUMATERA BARAT (SUMBAR) yang terdapat di atas dapat memberikan manfaat dan juga bisa menambah wawasan anda semua.










Dan kami sangatlah berterimakasih sekali kawan-kawan para pengunjung tentang pendaftaran online mahasiswa dan mahasiswi baru untuk tahun 2018-2019 bulan ini, dan sekirany bila kawan-kawan tidak keberatan dri postingan yang admin buat ini kami mohon jugalah kiranya untuk bantu di share atau dibagikan halaman blog ini ke seluruh kawna-kawan yang lagi membutuhkan informasi pendaftaran mahasiswa baru untuk tahun 2015 ini dan nantinya agar nantinya juga bisa dibaca oleh seluruh kawan-kawan kita yang lain dan mereka juga nanti bisa membaca informasi ini lagi dan semoga bermanfaat hendaknya dan bisa bermanfaat buat mereka semua kita, terima kasih sudah membaca informasi pendaftaran online mahasiswa baru online untuk tahun akademik 2018-2019 ini.