Suka Wisata Indonesia

OBJEK WISATA BENTENG VAN DER CAPELLEN KABUPATEN TANAH DATAR SUMATERA BARAT (SUMBAR)





















OBJEK WISATA BENTENG VAN DER CAPELLEN KABUPATEN TANAH DATAR SUMATERA BARAT (SUMBAR)

OBJEK WISATA BENTENG VAN DER CAPELLEN KABUPATEN TANAH DATAR SUMATERA BARAT (SUMBAR)

Benteng Van der Capellen merupakan sebuah bangunan yang merupakan peninggalan pada zaman kolonial Belanda yang telah dijadikan sebagai salah satu cagar budaya oleh Pemerintah Kota Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar. Benteng ini sengaja dibangun sebagai Pusat Komando para serdadu Belanda pada saat Perang Padri. Setelah berhasil melalui berbagai rangkaian proses perperangan yang cukup panjang, maka akhirnya benteng ini kemudian menjadi milik Batalyon 439 Diponegoro dan akhirnya diserahkan kepada badan keamanan negara, POLRI. POLRI kemudian menjadikan tempat ini sebagai Markas Komando Resort Kepolisian Tanah Datar hingga pada tahun 2000. Setelah markas POLRI ini pindah ke sebuah bangunan baru di tahun 2001, maka kemudian Banteng Van der Capellen ini dikosongkan. Sekarang, benteng ini bisa anda kunjungi sebagai sebuah tempat wisata budaya dan sejarah agar bisa merasakan suasana atmosfer pada zaman penjajahan Belanda dahulu.

Saat anda sampai di tempat ini, maka anda akan langsung disambut oleh sebuah gerbang yang megah dan bertuliskan Benteng Van der Capellen. Pada bagian halaman benteng ini telah berkibar bendera Merah Putih dan juga terdapat sebanyak dua buah meriam kuno yang letaknya berada pada sisi kanan dan kiri Benteng. Di belakang meriam kuno ini bertuliskan angka 1970 yang merupakan angka yang menunjukkan tahun pembuatan meriam kuno tersebut. Meriam kuno ini tentunya semakin melengkapi atmosfer anda untuk mengingat dan mengenang zaman penjajahan Belanda.

Akhir-akhir ini, meriam kuno tersebut masih aktif difungsikan oleh masyarakat setempat untuk membuat sebuah bunyi letusan yang akan menandakan bahwa waktu berbuka puasa di daerah ini telah masuk. Bunyi letusan tersebut dibuat dengan memakai bahan berupa mesiu. Suasana Benteng ini begitu asri dan memiliki lingkungan yang bersih dari sampah, serta ditumbuhi tumbuhan hijau berupa rumput yang terlihat sangat subur karena dirawat dengan baik. Meskipun telah mengalami beberapa kali renovasi, namun Benteng Van der Capellen ini masih memiliki bentuk seperti aslinya yang terus dipertahankan sampai sekarang.

Kami segenap kontributor promo-jitu.com, banyak berterima kasih atas setiap bentuk apresiasi anda yang sudah membaca dan juga tentunya telah memperhatikan setiap artikel kami yang terbaru dan terupdate di situs ini. Kami juga berharap semoga artikel kami mengenai OBJEK WISATA BENTENG VAN DER CAPELLEN KABUPATEN TANAH DATAR SUMATERA BARAT (SUMBAR) yang terdapat di atas bisa memberikan berbagai manfaat serta menambah wawasan anda semua.









#UNBK #UJIAN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER #S1 #S2 #S3 #D1 #D2 #D3 #D4 #Jalur Reguler #Jalur Non Reguler #Akreditasi #Jurusan #Pembukaan #Brosur #Mata Kuliah #Biaya Uang Semester #Syarat-syarat Pendaftaran #Jadwal Daftar Ulang #Alamat Kampus #Fakultas #Universitas #Perguruan Tinggi Negeri #Perguruan Tinggi Swasta #Waktu Pendaftaran #Biaya Uang Kuliah #Biaya Pendaftaran #Jadwal Tes #Jadwal Daftar Ulang #Pengumuman SBMPTN #Info SNMPTN #UM-PTKIN #UMPN #nomor telpon #no telfon #nomor telepon #Bidikmisi