Suka Wisata Indonesia

OBJEK WISATA AIR TERJUN SARASAH GANTUANG KABUPATEN LIMA PULUH KOTA SUMATERA BARAT (SUMBAR)





















OBJEK WISATA AIR TERJUN SARASAH GANTUANG KABUPATEN LIMA PULUH KOTA SUMATERA BARAT (SUMBAR)

OBJEK WISATA AIR TERJUN SARASAH GANTUANG KABUPATEN LIMA PULUH KOTA SUMATERA BARAT (SUMBAR)

Air Terjun Sarasah Gantuang ini tepatnya memiliki lokasi di kawasan Jorong Sungai Guntuang yang merupakan sebuah daerah di Kanagarian Pasia Laweh yang termasuk kawasan Kecamatan Palupuah, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat. Air terjun ini memiliki jarak sekitar 7 KM dari arah pusat Nagari Pasia Laweh dengan jalan menuju ke Nagari Pagadih, Kecamatan Palupuah. tepatnya terletak ditengah deretan Bukit Barisan yang mempunyai jalur yang mendaki dan juga menurun diantara berbagai lembah hijau yang berada ditengah punggung Pulau Sumatera. Akses jalan ke Air Terjun Sarasah Guntuang ini terbilang cukup bagus dan juga mulus, namun jalurnya tetap  memiliki beberapa buah tanjakan dan juga turunan tajam yang bisa membuat telapak kaki menjadi menggigil.

Air Terjun Sarasah Gantuang ini dikenal memiliki tiga buah tingkatan yang terletak diantara dua buah lembah raksasa, yang memiliki air yang terus mengalir ke arah pusat Nagari Palupuah.  Air terjun yang memiliki tiga buah tingkatan ini pada tingkat pertama yang terrletak di bagian paling atasnya memiliki ketinggian air terjun sekitar setinggi 10 meter dan memiliki sebuah telaga batu yang sering memancarkan warna kilauan pelangi jika tersentuh sinar matahari.

Untuk tingkatan yang kedua dan ketiga, masing-masingnya memiliki ketinggian yang berada pada kisaran 12 meter hingga 14 meter yang juga memiliki telaga yang diameternya berukuran lima meter. Dari kedua air terjun tersebut sering tampak uap air dan juga embun yang bentuknya mengepul seperti sebuah cendawan raksasa. Bahkan, dari tingkatan tersebut selalu terdengar suara gemuruh dari hempasan air yang jatuh ke bawahnya.

Untuk bisa menuju ke tingkatan yang kedua, aksesnya masih terbilang cukup mudah untuk anda tempuh dengan berjalan kaki. Akan tetapi, untuk sampai ke tingkatan yang terakhir, maka anda terpaksa merangkak karena memiliki medan yang agak terjal dan juga licin. Penduduk yang berdomisili di sekitar kawasan air terjun ini juga menganggap sarasah ini sangat keramat. Mereka memiliki kepercayaan jika setiap ada musibah yang akan datang menimpa, maka biasanya air sarasah ini akan bergemuruh dan akan keluar ikan yang memilii sirip berwarna emas dari arah dasar telaga. Karena kepercayaan tersebut, maka penduduk tidak berani untuk menebang pohon yang berada di dekat sarasah.

Kami segenap kontributor promo-jitu.com, banyak berterima kasih atas segala bentuk apresiasi anda yang telah membaca dan juga telah memperhatikan setiap artikel kami yang terbaru dan terupdate di situs ini. Kami juga berharap semoga artikel kami mengenai OBJEK WISATA AIR TERJUN SARASAH GANTUANG KABUPATEN LIMA PULUH KOTA SUMATERA BARAT (SUMBAR) yang terdapat di atas bisa bermanfaat serta menambah wawasan anda semua.









#UNBK #UJIAN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER #S1 #S2 #S3 #D1 #D2 #D3 #D4 #Jalur Reguler #Jalur Non Reguler #Akreditasi #Jurusan #Pembukaan #Brosur #Mata Kuliah #Biaya Uang Semester #Syarat-syarat Pendaftaran #Jadwal Daftar Ulang #Alamat Kampus #Fakultas #Universitas #Perguruan Tinggi Negeri #Perguruan Tinggi Swasta #Waktu Pendaftaran #Biaya Uang Kuliah #Biaya Pendaftaran #Jadwal Tes #Jadwal Daftar Ulang #Pengumuman SBMPTN #Info SNMPTN #UM-PTKIN #UMPN #nomor telpon #no telfon #nomor telepon #Bidikmisi