OBJEK WISATA AIR TERJUN SARASAH BATANG NANGO KABUPATEN PASAMAN BARAT SUMATERA BARAT (SUMBAR)






















OBJEK WISATA AIR TERJUN SARASAH BATANG NANGO KABUPATEN PASAMAN BARAT SUMATERA BARAT (SUMBAR)

OBJEK WISATA AIR TERJUN SARASAH BATANG NANGO KABUPATEN PASAMAN BARAT SUMATERA BARAT (SUMBAR)

Kabupaten Pasaman Barat tidak hanya terkenal dengan pantai dan juga Gunung Talamaunya yang merupakan gunung tertinggi di Provinsi Sumatera Barat. Di Kabupaten yang merupakan hasil pemekaran Kabupaten Pasaman pada tahun 2003 silam ini ternyata juga mempunyai sebuah panorama alam berupa Air Terjun dua tingkat yang tentunya mampu membuat mata terpana menatap keindahannya. Air terjun ini dikenal dengan nama Air Terjun Sarasah Batang Nango. Sebenarnya, masih banyak air terjun yang terdapat di Kabupaten Pasaman Barat ini, akan tetapi letaknya sangat jauh di dalam hutan yang terdapat di kawasan Gunung Talamau.

Air Terjun Sarasah Batang Nango ini sendiri terletak di kawasan Nagari Kajai, yang berjarak sekitar 10 KM dari daerah Simpang Ampek yang merupakan ibukota Kabupaten Pasaman Barat. Air Terjun tingkat pertama berlokasi sekitar 4 KM dari sebuah jalan raya yang menghubungkan daerah Simpang Empat dengan daerah Talu. Surga alam yang satu ini masih dikelola secara swadaya oleh kelompok pemuda dan masyarakat Nagari Kajai ini. Jika anda telusuri lebih jauh, maka sebenarnya Batang Nango ini masih memiliki beberapa buah spot air terjun yang berlokasi lebih jauh sampai menuju ke kawasan Hutan Talamau.

Sarasah Batang Nango juga dikenal dengan nama lain, yaitu Burai Burai Batang Nango. Akan tetapi, itu hanyalah variasi bahasa saja dan artinyapun tetap sama. Air Terjun Sarasah Batang Nango ini sendiri terdiri dari dua buah tingkatan yang berada pada aliran sebuah sungai yang dikenal dengan Batang Aia Nango. Pada tingkatan pertamanya terdapat sebuah air terjun yang alirannya cukup deras dan memiliki ketinggian kurang lebih sekitar 15 meter. Dibawah guyuran air terjun tingkat pertama ini terdapat sebuah lubuak atau tempat pemandian yang ternyata cukup dalam. Untuk bisa mencapai tingkat pertama ini, maka pengunjung harus bisa menaklukkan jalur perjalanan yang berupa kebun sawit, berbagai macam bentuk turunan, serta hutan yang tentunya masih asri. Sedangkan pada tingkatan yang kedua terdapat air terjun kembar tiga yang sangat gemulai dan menghiasi terjalnya tebing bebatuan yang berwarna hijau. Untuk bisa mencapai tingkatan yang kedua ini sendiri pengunjung harus bisa menaklukkan sebuah lereng yang konturnya cukup terjal.

Kami selaku seluruh kontributor promo-jitu.com sangat berterima kasih terhadap segala bentuk apresiasi anda dalam membaca dan juga menyimak setiap artikel terbaru kami di situs ini. Kami juga berharap semoga artikel kami mengenai OBJEK WISATA AIR TERJUN SARASAH BATANG NANGO KABUPATEN PASAMAN BARAT SUMATERA BARAT (SUMBAR) yang terdapat di atas dapat memberikan manfaat dan juga bisa menambah wawasan anda semua.










Dan kami sangatlah berterimakasih sekali kawan-kawan para pengunjung tentang pendaftaran online mahasiswa dan mahasiswi baru untuk tahun 2018-2019 bulan ini, dan sekirany bila kawan-kawan tidak keberatan dri postingan yang admin buat ini kami mohon jugalah kiranya untuk bantu di share atau dibagikan halaman blog ini ke seluruh kawna-kawan yang lagi membutuhkan informasi pendaftaran mahasiswa baru untuk tahun 2015 ini dan nantinya agar nantinya juga bisa dibaca oleh seluruh kawan-kawan kita yang lain dan mereka juga nanti bisa membaca informasi ini lagi dan semoga bermanfaat hendaknya dan bisa bermanfaat buat mereka semua kita, terima kasih sudah membaca informasi pendaftaran online mahasiswa baru online untuk tahun akademik 2018-2019 ini.