Suka Wisata Indonesia

OBJEK WISATA AIR TERJUN GADIH RANTI KABUPATEN AGAM SUMATERA BARAT (SUMBAR)





















OBJEK WISATA AIR TERJUN GADIH RANTI KABUPATEN AGAM SUMATERA BARAT (SUMBAR)

OBJEK WISATA AIR TERJUN GADIH RANTI KABUPATEN AGAM SUMATERA BARAT (SUMBAR)

Air Terjun Gadih Ranti ini berlokasi di perbatasan antara Jorong Dama Gadang dan Jorong Arikia, yang termasuk wilayah Nagari Tanjung Sani di Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Lokasi air terjun ini berada sekitar 1,6 KM dari Jalan Raya yang menghubungkan Lubukbasung dan Maninjau, dan letaknya juga berdekatan dengan bendungan irigasi Sungai Batang Antokan. Untuk bisa menuju ke lokasi Air terjun gadih ranti ini, maka anda harus melalui jalan kecil yang menghubungkan Lubuk Sao dan Arikia. Jalan yang dilalui tersebut berjarak 600 meter menuju ke lokasi air terjun dan masih berupa jalan setapak.

Air terjun ini memiliki beberapa perbedaan dan terlihat begitu indah jika dibandingkan air terjun kebanyakan. Air terjun ini terdiri dari beberapa buah tingkatan dan beberapa buah air terjun dengan ukuran besar dan kecil tersebut dipisahkan oleh tebing hijau yang banyak ditumbuhi tanaman rambat yang sangat indah. Hal ini membuat air yang terjun ini seolah-olah terlihat seperti menyembur dari tanaman-tanaman rambat tersebut. Ketinggian air terjun ini adalah sekitar 40 meter. Air terjunnya juga tidak memiliki aliran yang begitu deras. Hal tersebut tentunya menambah keindahan dan juga kealamiannya dan juga bisa menjadi daya tarik tersendiri. Bagi para pengunjung, keindahan alam seperti ini tentunya sangat menggoda dan menimbulkan keinginan untuk berenang dan juga bermain air.

Di samping airnya yang jernih, bersih, dan juga sejuk, di sini terdapat sebuah kolam pemandian yang bernama pemandian Gadih Ranti yang lokasinya terletak di atas air terjun ini. Menurut cerita masyarakat setempat, dulunya terdapat seorang gadis yang bernama Gadih Ranti yang memiliki paras menawan dan memiliki rambut yang panjang. Gadih Ranti tersebut selalu menjadikan kolam tersebut sebagai tempat mandinya. Gadih Ranti ini juga pernah memerintah di sekitar daerah tersebut. Selama pada masa pemerintahannya, Gadih Ranti ini begitu banyak membangun monumen dan fasilitas masyarakat seperti istana, masjid, dan juga berbagai prasasti. Legenda ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung untuk mengunjungi air terjun tersebut sehingga akhirnya air terjun ini menjadi dikenal di kawasan daerah Kabupaten Agam dan sekitarnya.

Kami segenap kontributor promo-jitu.com, banyak berterima kasih atas segala bentuk apresiasi anda dalam membaca serta juga menyimak setiap artikel kami yang terbaru dan terupdate di situs ini. Kami juga berharap semoga artikel kami mengenai OBJEK WISATA AIR TERJUN GADIH RANTI KABUPATEN AGAM SUMATERA BARAT (SUMBAR) yang terdapat di atas dapat memberikan manfaat dan juga bisa menambah wawasan anda semua.









#UNBK #UJIAN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER #S1 #S2 #S3 #D1 #D2 #D3 #D4 #Jalur Reguler #Jalur Non Reguler #Akreditasi #Jurusan #Pembukaan #Brosur #Mata Kuliah #Biaya Uang Semester #Syarat-syarat Pendaftaran #Jadwal Daftar Ulang #Alamat Kampus #Fakultas #Universitas #Perguruan Tinggi Negeri #Perguruan Tinggi Swasta #Waktu Pendaftaran #Biaya Uang Kuliah #Biaya Pendaftaran #Jadwal Tes #Jadwal Daftar Ulang #Pengumuman SBMPTN #Info SNMPTN #UM-PTKIN #UMPN #nomor telpon #no telfon #nomor telepon #Bidikmisi