Pengertian Hadits






















 Pengertian Hadits

Pengertian Hadits

Hadits merupakan apa yang diriwayatkan oleh rasulullah baik berupa perkataan, atau sabdah Nabi Muhammad SAW, perbuatan, ketetapan dan persetujuan dari Nabi Muhammad yang dijadikan landasan syariat Islam. Hadits dijadikan sumber hukum Islam yang kedua setelah al-Qur'an.

Hadist bertujuan untuk Memperkuat hukum-hukum islam yang telah ditentukan oleh Al-Qur’an, sehingga kedunya (Al Qur’an dan Hadits) menjadi sumber hukum untuk satu tujuan yang sama.

Sebagaiman hadist rasulullah SAW yang artinya: Aku tinggalkan dua perkara untukmu, kalian tidak akan sesat untuk selamanya, apabila kalian berpegang teguh kepada keduanya, yaitu Al-qur'an Hadist.
(HR Imam Malik)

Sumber-sumber hukum islam adalah sebagai berikut:
  • Al-Qur'an
    Merupakan wahyu dari Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril secara berangsur-angsur dan merupakan sumber hukum Islam yang utama..
  • Hadits
    Apa yang diriwayatkan oleh rasulullah baik berupa perkataan, atau sabdah Nabi Muhammad SAW, perbuatan, ketetapan dan persetujuan dari Nabi Muhammad yang dijadikan landasan syariat Islam. 
  • Ijtihad
    Memecahkan suatu masalah yang tidak ada ketetapannya, baik dalam Al-Qur’an  dan Hadits, dengan berpedoman kepada syariat islam.
  • Ijma' (kesepakatan para ulama)
  • Qiyas
    Ialah menetapkan suatu hukum atas perkara baru yang belum ada pada masa Nabi Muhammad SAW.

Terima kasih telah membaca artikel ini yang berjudul tentang pengertian Hadist.










#UNBK #UJIAN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER #S1 #S2 #S3 #D1 #D2 #D3 #D4 #Jalur Reguler #Jalur Non Reguler #Akreditasi #Jurusan #Pembukaan #Brosur #Mata Kuliah #Biaya Uang Semester #Syarat-syarat Pendaftaran #Jadwal Daftar Ulang #Alamat Kampus #Fakultas #Universitas #Perguruan Tinggi Negeri #Perguruan Tinggi Swasta #Waktu Pendaftaran #Biaya Uang Kuliah #Biaya Pendaftaran #Jadwal Tes #Jadwal Daftar Ulang #Pengumuman SBMPTN #Info SNMPTN #UM-PTKIN #UMPN #nomor telpon #no telfon #nomor telepon #Bidikmisi