Pengertian Hadits






















 Pengertian Hadits

Pengertian Hadits

Hadits merupakan apa yang diriwayatkan oleh rasulullah baik berupa perkataan, atau sabdah Nabi Muhammad SAW, perbuatan, ketetapan dan persetujuan dari Nabi Muhammad yang dijadikan landasan syariat Islam. Hadits dijadikan sumber hukum Islam yang kedua setelah al-Qur'an.

Hadist bertujuan untuk Memperkuat hukum-hukum islam yang telah ditentukan oleh Al-Qur’an, sehingga kedunya (Al Qur’an dan Hadits) menjadi sumber hukum untuk satu tujuan yang sama.

Sebagaiman hadist rasulullah SAW yang artinya: Aku tinggalkan dua perkara untukmu, kalian tidak akan sesat untuk selamanya, apabila kalian berpegang teguh kepada keduanya, yaitu Al-qur'an Hadist.
(HR Imam Malik)

Sumber-sumber hukum islam adalah sebagai berikut:
  • Al-Qur'an
    Merupakan wahyu dari Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril secara berangsur-angsur dan merupakan sumber hukum Islam yang utama..
  • Hadits
    Apa yang diriwayatkan oleh rasulullah baik berupa perkataan, atau sabdah Nabi Muhammad SAW, perbuatan, ketetapan dan persetujuan dari Nabi Muhammad yang dijadikan landasan syariat Islam. 
  • Ijtihad
    Memecahkan suatu masalah yang tidak ada ketetapannya, baik dalam Al-Qur’an  dan Hadits, dengan berpedoman kepada syariat islam.
  • Ijma' (kesepakatan para ulama)
  • Qiyas
    Ialah menetapkan suatu hukum atas perkara baru yang belum ada pada masa Nabi Muhammad SAW.

Terima kasih telah membaca artikel ini yang berjudul tentang pengertian Hadist.










Dan kami sangatlah berterimakasih sekali kawan-kawan para pengunjung tentang pendaftaran online mahasiswa dan mahasiswi baru untuk tahun 2018-2019 bulan ini, dan sekirany bila kawan-kawan tidak keberatan dri postingan yang admin buat ini kami mohon jugalah kiranya untuk bantu di share atau dibagikan halaman blog ini ke seluruh kawna-kawan yang lagi membutuhkan informasi pendaftaran mahasiswa baru untuk tahun 2015 ini dan nantinya agar nantinya juga bisa dibaca oleh seluruh kawan-kawan kita yang lain dan mereka juga nanti bisa membaca informasi ini lagi dan semoga bermanfaat hendaknya dan bisa bermanfaat buat mereka semua kita, terima kasih sudah membaca informasi pendaftaran online mahasiswa baru online untuk tahun akademik 2018-2019 ini.