OBJEK WISATA TUGU / GARIS KATHULISTIWA PASAMAN SUMATERA BARAT (SUMBAR)






















OBJEK WISATA TUGU / GARIS KATHULISTIWA PASAMAN SUMATERA BARAT (SUMBAR)

OBJEK WISATA TUGU / GARIS KATHULISTIWA PASAMAN SUMATERA BARAT (SUMBAR)

"You Are Crossing The Equator" adalah sebuah kalimat yang tertulis di gerbang masuk pada sebuah lapangan beraspal. Tulisan tersebut menjelaskan bahwa tempat ini dilalui oleh garis khatulistiwa. Anda bisa menemukan tulisan tersebut di sebuah daerah di Pasaman yang bernama Bonjol. Daerah ini merupakan tempat kelahiran seorang pahlawan terkenal Indonesia, Tuanku Imam Bonjol.

Banyak cara yang bisa anda tempuh untuk bisa sampai di Bonjol. Perjalanan dapat ditempuh dengan menggunakan sepeda motor ataupun mobil. Rute yang bisa anda pilihpun beragam. Jika anda memulai perjalanan dari kota Bukittinggi, maka rute yang anda tempuh bisa ke arah Matur-Palembayan hingga Panti yang karak tempuhnya sejauh 360 KM. Perjalanan yang panjang melewati jalan yang juga berkelok-kelok serta memiliki pemandangan yang indah. Dalam perjalanan Andapun bisa melewati hutan tropis dengan wanginya yang khas dan juga menyegarkan.

Saat anda sampai di Bonjol, maka Anda akan langsung disambut oleh sebuah gerbang tulisannya “Anda melintasi Khatulistiwa”. Tugu Equator di Bonjol ini berbentuk sebuah bangunan bulat besar yang berwana biru muda dan bentuknya menyerupai globe/bola dunia. Selain itu, disini juga terdapat Taman Wisata Equator yang menandakan bahwa daerah ini dilewati garis khatulistiwa. Di dalam taman ini terdapat sebuah miniatur bola dunia yang dilengkapi oleh tulisan “EQUATOR” yang memiliki tiga buah tiang. Posisi taman ini juga berdekatan dengan Museum Tuanku Imam Bonjol.

Waktu yang tepat untuk melakukan wisata ke Bonjol ini adalah saat matahari benar-benar berada pada titik nol derajat. Titik kulminasi ini bisa terjadi sebanyak dua kali dalam setahun, yakni pada tanggal 21-23 Maret dan juga 21-23 September. Jika anda datang tepat pada pukul 12.00 WIB, maka bayang-bayang tubuh anda tidak bisa terlihat pada permukaan tanah.

Kami selaku seluruh kontributor promo-jitu.com sangat berterima kasih terhadap apresiasi anda yang telah membaca dan juga memperhatikan artikel terbaru kami. Kami juga berharapsemoga artikel kami mengenai OBJEK WISATA TUGU / GARIS KATHULISTIWA PASAMAN SUMATERA BARAT (SUMBAR) yang terdapat di atas memberikan manfaat dan juga bisa menambah wawasan anda semua.

Sumber : lifestyle.okezone.com/










Dan kami sangatlah berterimakasih sekali kawan-kawan para pengunjung tentang pendaftaran online mahasiswa dan mahasiswi baru untuk tahun 2018-2019 bulan ini, dan sekirany bila kawan-kawan tidak keberatan dri postingan yang admin buat ini kami mohon jugalah kiranya untuk bantu di share atau dibagikan halaman blog ini ke seluruh kawna-kawan yang lagi membutuhkan informasi pendaftaran mahasiswa baru untuk tahun 2015 ini dan nantinya agar nantinya juga bisa dibaca oleh seluruh kawan-kawan kita yang lain dan mereka juga nanti bisa membaca informasi ini lagi dan semoga bermanfaat hendaknya dan bisa bermanfaat buat mereka semua kita, terima kasih sudah membaca informasi pendaftaran online mahasiswa baru online untuk tahun akademik 2018-2019 ini.