OBJEK WISATA PULAU SAWO PADANG SUMATERA BARAT (SUMBAR)






















OBJEK WISATA PULAU SAWO PADANG SUMATERA BARAT (SUMBAR)

OBJEK WISATA PULAU SAWO PADANG SUMATERA BARAT (SUMBAR)

Pulau Sawo ini terletak di perairan Kecamatan Koto Tangah dan merupakan pulau yang tidak berpenduduk dengan memiliki luas 4,6 Ha dan juga merupakan pulau yang terletak paling utara di wilayah Kota Padang. Jarak pulau ini dengan Pantai Pasie Jambak kira-kira sekitar 2,2 km yang dapat ditempuh dengan menggunakan perahu nelayan dengan waktu tempuh 10 menit dari Pantai Pasie Jambak. Pulau Sawo ini memiliki kontur yang relatif datar yaitu hanya sekitar 0 – 5 meter dari permukaan laut. Pada bagian pantainya terdapat hamparan pasir putih yang bersih. Pulau Sawo ini masih sangat alami dan juga belum terganggu oleh berbagai aktivitas manusia. Pulau ini didominasi oleh tumbuhan berupa pohon kelapa. Pulau Sawo ini juga selalu menjadi tempat untuk singgah dan berlindung bagi para nelayan apabila sedang terjadi badai. Sumber air bersih bisa diperoleh di pulau ini dengan membuat sumur. Jika dilihat dari kondisi fisik dasarnya, maka Pulau Sawo ini sangat berpotensi untuk dikembangkan sebagai tempat kegiatan wisata bahari seperti: Menyelam, Berenang, Camping, serta menikmati panorama dengan bermain pasir.

Kondisi biologi/ekologi di perairan Pulau Sawo ini terdiri dari banyak ekosistem terumbu karang terutama pada bagian selatan. Ekositem hutannya banyak terdapat di bagian tengah pulau ini dengan memiliki lebar bentangan pasir di sekeliling pulau seluas 4-5 meter. Arusnya sangat tenang pada bagian timurnya dan dan di sebelah baratnya agak berombak. Beberapa jenis ikan lumba-lumba sangat sering ditemukan di sekitar perairan Pulau Sawoini. Disini juga banyak terdapat berbagai jenis ikan hias serta ikan ekonomis yang terdiri dari ikan tongkol, ikan kembung, ikan kakap, ikan kerapu, ikan tuna caklang dan juga ikan tenggiri. Vegetasinya yang merupakan jenis hutan tropika basah sebagian besar masih belum dimanfaatkan seperti pohon ketaping, pohon aru, dan pohon kelapa yang banyak tumbuh di sekitar pantainya.

Kami selaku seluruh kontributor promo-jitu.com sangat berterima kasih terhadap apresiasi anda yang telah membaca dan juga tentunya memperhatikan setiap artikel terbaru kami. Kami juga berharap semoga artikel kami mengenai OBJEK WISATA PULAU SAWO PADANG SUMATERA BARAT (SUMBAR) yang terdapat di atas memberikan manfaat dan juga bisa menambah wawasan anda semua.










Dan kami sangatlah berterimakasih sekali kawan-kawan para pengunjung tentang pendaftaran online mahasiswa dan mahasiswi baru untuk tahun 2018-2019 bulan ini, dan sekirany bila kawan-kawan tidak keberatan dri postingan yang admin buat ini kami mohon jugalah kiranya untuk bantu di share atau dibagikan halaman blog ini ke seluruh kawna-kawan yang lagi membutuhkan informasi pendaftaran mahasiswa baru untuk tahun 2015 ini dan nantinya agar nantinya juga bisa dibaca oleh seluruh kawan-kawan kita yang lain dan mereka juga nanti bisa membaca informasi ini lagi dan semoga bermanfaat hendaknya dan bisa bermanfaat buat mereka semua kita, terima kasih sudah membaca informasi pendaftaran online mahasiswa baru online untuk tahun akademik 2018-2019 ini.