OBJEK WISATA PULAU PASUMPAHAN PADANG SUMATERA BARAT (SUMBAR)






















OBJEK WISATA PULAU PASUMPAHAN PADANG SUMATERA BARAT (SUMBAR)

OBJEK WISATA PULAU PASUMPAHAN PADANG SUMATERA BARAT (SUMBAR)

Pulau Pasumpahan merupakan sebuah pulau yang terletak di perairan Bungus Teluk Kabung, Padang, Sumbar. Karena pulau ini sangat dekat, maka anda bisa menempuhnya dengan menggunakan speed boat yang bisa dimulai dari Teluk Bungus yang berlokasi dekat dari perbatasan Kota Padang dengan Kabupaten Pesisir Selatan. Keindahan pemandangan lautnya membuat pulau ini sangat dikenal oleh para wisatawan lokal dan juga dari mancanegara.

Pulau Pasumpahan memiliki luas sekitar 5 hektar dan juga memiliki hamparan pantai pasir putih serta air lautnya yang bening. Menariknya, permukaan laut di pulau ini memiliki tiga warna. Warna bening di pinggir pantai di pulaunya, hijau di bagian depannya, dan yang terakhir membiru di bagian yang letaknya lebih ke tengah. Tingkat kedalaman yang berbeda di perairan laut yang terdapat di sekitar pulau ini merupakan penyebab terjadinya perbedaan warna air lautnya tersebut.

Potensi wisata pada bagian bawah laut yang terdapat di kawasan wisata bahari pantai bagian barat Kota Padang ini umumnya berupa kawasan yang dipenuhi oleh ekosistem terumbu karang yang banyak terdapat hampir di setiap pulau. Selain terumbu karang, bermacam jenis ikan karang ataupun ikan-ikan hias juga tentunya sangat menarik untuk dinikmati oleh para wisatawan. Konon ceritanya, pulau ini merupakan jelmaan dari Malin Kundang yang disumpah oleh ibunya untuk menjadi batu. Penduduk disinipun banyak meyakini bahwa Malin Kundang dikutuk menjadi batu sebenarnya adalah di pulau ini karena itulah namanya menjadi pulau Pasumpahan.

Lokasi pulau ini terletak di sebelah barat Pulau Setan Kecil atau dengan kata lain sekitar 200 meter dari Pulau Sikuai. Untuk bisa mencapai Pulau Pasumpahan dari arah Sungai Pisang maka anda bisa menggunakan transportasi perahu kayu ataupun speedboat selama 35 menit dengan membayar biaya sekitar Rp 40 ribu per orang untuk pulang-pergi. Namun, para wisatawan bisa bernegosiasi untuk menyewa perahu dengan harga sewa sekitar Rp 80 ribu dengan memiliki kapasitas 10 orang.

Pulau Pasumpahan ini memiliki pemandangan yang pastinya sangat indah sekali dan tidaklah mengherankan jika para investor lokal maupun asing berebut untuk bisa mengembangkan pulau ini menjadi sebuah wisata unggulan di daerah Sumatera Barat. Hamparan pasir yang terdapat di sepanjang pantai Pasumpahan disertai dengan deburan ombaknya menjadi salah satu daya tarik pantai ini. Sebuah pulau kecil yang terdapat di lepas pantainya menjadi bonus tambahan pada pemandangan yang bernilai estetika tinggi ini.

Kami selaku seluruh kontributor promo-jitu.com sangat berterima kasih atas apresiasi anda dalam membaca dan memperhatikan setiap artikel terbaru kami. Kami juga mengharapkan semoga artikel kami mengenai OBJEK WISATA PULAU PASUMPAHAN PADANG SUMATERA BARAT (SUMBAR) yang terdapat di atas memberikan manfaat dan juga bisa menambah wawasan anda semua.










Dan kami sangatlah berterimakasih sekali kawan-kawan para pengunjung tentang pendaftaran online mahasiswa dan mahasiswi baru untuk tahun 2018-2019 bulan ini, dan sekirany bila kawan-kawan tidak keberatan dri postingan yang admin buat ini kami mohon jugalah kiranya untuk bantu di share atau dibagikan halaman blog ini ke seluruh kawna-kawan yang lagi membutuhkan informasi pendaftaran mahasiswa baru untuk tahun 2015 ini dan nantinya agar nantinya juga bisa dibaca oleh seluruh kawan-kawan kita yang lain dan mereka juga nanti bisa membaca informasi ini lagi dan semoga bermanfaat hendaknya dan bisa bermanfaat buat mereka semua kita, terima kasih sudah membaca informasi pendaftaran online mahasiswa baru online untuk tahun akademik 2018-2019 ini.