OBJEK WISATA NGARAI SIANOK BUKITTINGGI SUMATERA BARAT (SUMBAR)






















OBJEK WISATA NGARAI SIANOK BUKITTINGGI SUMATERA BARAT (SUMBAR)

OBJEK WISATA NGARAI SIANOK BUKITTINGGI SUMATERA BARAT (SUMBAR)

Ngarai Sianok adalah sebuah lembah curam yang terdapat di pusat Kota Bukittinggi, Provinsi Sumatera Barat. Lembah yang bentuknya panjang dan berkelok-kelok ini terletak di bagian selatan Ngarai Koto Gadang sampai dengan Ngarai Sianok Enam Suku, dan ujungnya berakhir di Palupuh. Lembah curam yang terdapat pada ngarai ini memiliki kedalaman sekitar 100 m dan juga mempunyai panjang sekitar 15 km dengan lebarnya 200 meter. Ngarai Sianok ini merupakan hasil pemisahan pulau Sumatera menjadi 2 bagian yang bentukan memanjang atau yang biasa disebut dengan Patahan Simangko. Sepanjang patahan tersebut dindingnya sangat curam dan bentuknya yang tegak lurus ini kemudian membentuk sebuah lembah hijau yang merupakan hasil dari sinklinal atau terjadinya gerakan turun pada kulit bumi.

Pada tahun 2007, akibat dari terjadinya gempa Sumatera, sebagian dari dindingnya runtuh, akan tetapi Ngarai Sianok masih mampu mempesona setiap wisatawan yang datang. Puncaknya, Ngarai Sianok mendapatkan sebuah penghargaan The Best Tourism Object dalam sebuah ajang Penghargaan Padang Tourism Award pada tahun 2007 yang diadakan di Padang, Sumatera Barat.

Tidak hanya dengan pemandangan tebingnya yang curam saja, sungai Batang Sianok yang mengalir di Ngarai Sianokpun mampu menambah pesona keindahan lokasi wisata yang ada di Sumatera Barat ini. Airnya yang sangat jernih kemudian bermuara di Samudera Hindia. Terkadang, aliran Sungai Sianok ini juga sering digunakan untuk beragam aktivitas olah raga air seperti, arung jeram, kayak, dan juga kano.

Selain itu, di sepanjang tepian sungai Batang Sianok ini masih dapat dijumpai beberapa bunga rafflesia yang bisa tumbuh subur dan juga terdapat beraneka ragam tumbuhan obat-obatan. Jika Anda ingin untuk menyaksikan satwa liar, maka Anda bisa masuk ke dalam hutan yang ada di lembah Sianok. Beberapa jenis hewan yang masih bisa Anda temui disana yaitu Siamang, Monyet Berekor Panjang, Rusa, Macan Tutul, Babi Hutan, dan terkadang juga Tapir.

Kami selaku seluruh kontributor promo-jitu.com sangat berterima kasih atas apresiasi anda dalam membaca dan memperhatikan setiap artikel terbaru kami. Kami juga mengharapkan semoga artikel kami mengenai OBJEK WISATA NGARAI SIANOK BUKITTINGGI SUMATERA BARAT (SUMBAR) yang terdapat di atas memberikan manfaat dan juga bisa menambah wawasan anda semua.










#UNBK #UJIAN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER #S1 #S2 #S3 #D1 #D2 #D3 #D4 #Jalur Reguler #Jalur Non Reguler #Akreditasi #Jurusan #Pembukaan #Brosur #Mata Kuliah #Biaya Uang Semester #Syarat-syarat Pendaftaran #Jadwal Daftar Ulang #Alamat Kampus #Fakultas #Universitas #Perguruan Tinggi Negeri #Perguruan Tinggi Swasta #Waktu Pendaftaran #Biaya Uang Kuliah #Biaya Pendaftaran #Jadwal Tes #Jadwal Daftar Ulang #Pengumuman SBMPTN #Info SNMPTN #UM-PTKIN #UMPN #nomor telpon #no telfon #nomor telepon #Bidikmisi