OBJEK WISATA MUSEUM TUANKU IMAM BONJOL PASAMAN SUMATERA BARAT (SUMBAR)






















OBJEK WISATA MUSEUM TUANKU IMAM BONJOL PASAMAN SUMATERA BARAT (SUMBAR)

OBJEK WISATA MUSEUM TUANKU IMAM BONJOL PASAMAN SUMATERA BARAT (SUMBAR)

Tuanku Imam Bonjol adalah seorang pahlawan terkenal dari Sumatera Barat dan lahir di Pasaman pada tahun 1772. Beliau menentang invasi Belanda dan akhirnya terjadilah Perang Padri tahun 1821-1837. Untuk mengenang jasa pahlawan yang satu ini, maka dibangun sebuah museum yang bernama Museum Tuanku Imam Bonjol sebagai tempat menyimpan peninggalan sejarah, yang berupa alat-alat dan barang yang pernah digunakan oleh Tuanku Imam Bonjol beserta kaumnya pada masa pejuangannya. Museum ini berdiri berdampingan dengan sebuah Tugu Equator yang merupakan penanda bahwa lokasi ini tepat dilalui oleh garis khatulistiwa.

Taman yang mengelilingi kawasan equator dan juga museum ini membuat lokasi ini menjadi salah satu tempat rekreasi rekreasi favorit warga. Selain untuk bersantai, tentunya tujuan utama para wisatawan adalah untuk bisa mempelajari sejarah perjuangan Tuanku Imam Bonjol yang sudah terangkum di dalam museum. Di dalm museum tersebut terdapat juga senjata-senjata seperti senapan, pistol, meriam, serta pedang yang digunakan oleh Tuanku Imam Bonjol semasa perjuangannya. Pedang yang ada disini hanya merupakan replikanya, karena yang asli sudah banyak dicuri.

Untuk membuat agar museum tidak terlihat kosong, maka koleksi tersebut dilengkapi dengan berbagai benda bersejarah lain, seperti keramik, gerabah, gong, dan juga kostum yang merupakan pakaian kebesaran ulama. Disini juga terdapat beberapa uang kertas lama yang juga dipajang pada etalase khusus yang ada disini dan juga dilengkapi oleh beberapa naskah kuno.

Kami selaku seluruh kontributor promo-jitu.com sangat berterima kasih terhadap apresiasi anda yang telah membaca dan memperhatikan setiap artikel terbaru kami. Kami juga berharapsemoga artikel kami mengenai OBJEK WISATA MUSEUM TUANKU IMAM BONJOL PASAMAN SUMATERA BARAT (SUMBAR) yang terdapat di atas memberikan manfaat dan juga bisa menambah wawasan anda semua.

Sumber : http://pesonawisata.co/?p=1419










Dan kami sangatlah berterimakasih sekali kawan-kawan para pengunjung tentang pendaftaran online mahasiswa dan mahasiswi baru untuk tahun 2018-2019 bulan ini, dan sekirany bila kawan-kawan tidak keberatan dri postingan yang admin buat ini kami mohon jugalah kiranya untuk bantu di share atau dibagikan halaman blog ini ke seluruh kawna-kawan yang lagi membutuhkan informasi pendaftaran mahasiswa baru untuk tahun 2015 ini dan nantinya agar nantinya juga bisa dibaca oleh seluruh kawan-kawan kita yang lain dan mereka juga nanti bisa membaca informasi ini lagi dan semoga bermanfaat hendaknya dan bisa bermanfaat buat mereka semua kita, terima kasih sudah membaca informasi pendaftaran online mahasiswa baru online untuk tahun akademik 2018-2019 ini.