OBJEK WISATA MESJID TUO SIGUNTUR KABUPATEN DHARMASRAYA SUMATERA BARAT (SUMBAR)






















OBJEK WISATA MESJID TUO SIGUNTUR KABUPATEN DHARMASRAYA SUMATERA BARAT (SUMBAR)

OBJEK WISATA MESJID TUO SIGUNTUR KABUPATEN DHARMASRAYA SUMATERA BARAT (SUMBAR)

Mesjid Tuo Siguntur ini berlokasi di Dusun Ranah, Nagari Siguntur, Sitiung, Kabupaten Dharmasraya, Provinsi Sumatera Barat. Bangunan masjid ini bersebelahan dengan kompleks makam raja-raja Siguntur dan Rumah Gadang Siguntur. Di bagian sebelah barat mesjid ini mengalir Sungai Batanghari yang sangat terkenal dengan adanya peninggalan purbakala di daerah sepanjang alirannya. Mesjid Siguntur ini berada di atas tanah dengan ukuran 21,7 x 19 m. Bangunan ini berbentuk persegi panjang, berdinding batu kali yang disemen, dengan formasi atap susun tiga yang berasal dari seng. Dahulunya, lantai mesjid ini hanya kayu. Akan tetapi, untuk menjaganya dari kerusakan, maka akhirnya lantainya disemen.

Mesjid ini dikelilingi oleh pagar beton pada bagian depan dan juga pagar berkawat duri pada bagian samping dan belakangnya. Pintu untuk masuk ke halaman mesjid ini terdapat pada bagian timur dan terbuat dari besi, Sedangkan pintu masuk ke mesjid ini hanya ada sebanyak satu buah yang juga terdapat [ada sisi timur. Ruang utama mesjid ini berukuran 15 x 10 m, memiliki dinding batu kali setebal 40 cm diplester semen. Lantainya yang semula berkolong dan juga terbuat dari papan kayu, sekarang telah diatur sedemikian rupa dan juga disemen tanpa kolong. Masuk ke ruang utama bisa melalui sebuah pintu yang berada di sisi timur berukuran dengan ukuran 12,5 x 1 m yang terbuat dari kayu berwarna krem. Pintu ini mempunyai dua daun pintu dan berbentuk jalusi, yang masing-masingnya berukuran 2,15 x 0,50 m. Usia mesjid ini diperkirakan sudah ratusan tahun dan juga menjadi saksi bisu Kerajaan Siguntur.

Di samping mesjid ini terdapat komplek pemakaman raja-raja Kerajaan Siguntur terdahulu. Hal ini semakin menguatkan bahwa dahulunya Kerajaan Siguntur ini juga merupakan sebuah Kerajaan Islam yang ada di Sumatera Barat. Mungkin banyak yang menyepelekan peninggalan sejarah seperti ini, akan tetapi sebenarnya hal ini sangatlah penting karena sejarah tersebut sangat berharga dengan eksistensi nilai budaya yang ada di dalamnya.

Kami selaku seluruh kontributor promo-jitu.com sangat berterima kasih terhadap apresiasi anda yang telah membaca dan juga memperhatikan artikel terbaru kami. Kami juga berharapsemoga artikel kami mengenai OBJEK WISATA MESJID TUO SIGUNTUR KABUPATEN DHARMASRAYA SUMATERA BARAT (SUMBAR) yang ada di atas memberikan manfaat dan juga bisa menambah wawasan anda semua.










Dan kami sangatlah berterimakasih sekali kawan-kawan para pengunjung tentang pendaftaran online mahasiswa dan mahasiswi baru untuk tahun 2018-2019 bulan ini, dan sekirany bila kawan-kawan tidak keberatan dri postingan yang admin buat ini kami mohon jugalah kiranya untuk bantu di share atau dibagikan halaman blog ini ke seluruh kawna-kawan yang lagi membutuhkan informasi pendaftaran mahasiswa baru untuk tahun 2015 ini dan nantinya agar nantinya juga bisa dibaca oleh seluruh kawan-kawan kita yang lain dan mereka juga nanti bisa membaca informasi ini lagi dan semoga bermanfaat hendaknya dan bisa bermanfaat buat mereka semua kita, terima kasih sudah membaca informasi pendaftaran online mahasiswa baru online untuk tahun akademik 2018-2019 ini.