OBJEK WISATA LUBANG JEPANG BUKITTINGGI SUMATERA BARAT (SUMBAR)






















OBJEK WISATA LUBANG JEPANG BUKITTINGGI SUMATERA BARAT (SUMBAR)

OBJEK WISATA LUBANG JEPANG BUKITTINGGI SUMATERA BARAT (SUMBAR)

Lubang Jepang Bukittinggi merupakan salah satu objek wisata yang bersejarah yang terdapat di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Lubang Jepang ini berbentuk sebuah terowongan perlindungan yang menurut sejarahnya dibangun oleh tentara pada masa pendudukan Jepang sekitar pada tahun 1942 yang digunakan untuk kepentingan pertahanan.

Sebelumnya, Lubang Jepang ini dibangun sebagai tempat untuk menyimpan perbekalan dan juga peralatan perang para tentara Jepang dengan panjang terowongan sekitar 1400 m dan bentuknya berkelok-kelok dan memiliki lebar kira-kira 2 meter. Sejumlah ruangan khusus terdapat di dalam terowongan ini. Di antaranya adalah berupa ruang pengintaian, penjara, ruang penyergapan, dan juga gudang senjata.

Selain dari lokasinya yang sangat strategis di pusat kota yang dahulunya merupakan sebuah pusat pemerintahan Indonesia di bagian Sumatera Tengah, maka keunikan lainnya adalah tanah yang menjadi dinding dari terowongan ini merupakan sebuah jenis tanah yang jika bercampur dengan air akan semakin kuat dan kokoh. Bahkan, gempa besar yang mengguncang Sumatera Barat pada tahun 2009 silam tidak banyak merusak struktur pada terowongan ini.

Menurut perkiraan, sekitar puluhan sampai dengan ratusan ribu tenaga kerja paksa atau yang dikenal dengan istilah romusha ini dikerahkan dari pulau Jawa, Sulawesi, dan juga Kalimantan untuk bisa menggali terowongan ini. Pemilihan tenaga kerja yang berasal dari luar daerah ini merupakan sebuah strategi kolonial Jepang untuk bisa menjaga kerahasiaan mega proyek ini agar tidak terdeteksi musuh. Sedangkan Tenaga kerja dari Bukittinggi sendiri disuruh untuk mengerjakan terowongan pertahanan yang terdapat di Bandung dan juga Pulau Biak.

Lubang Jepang ini mulai dikelola menjadi salah satu objek wisata sejarah sekitar pada tahun 1984 oleh pemerintah kota Bukittinggi. Beberapa buah pintu masuk ke area Lubang Jepang ini diantaranya terletak di kawasan Taman Panorama, Ngarai Sianok, di Kebun Binatang Bukittinggi, dan disamping Istana Bung Hatta. sampai saat ini, Lubang Jepang ini masih ramai dikunjungi oleh wisatawan asing dan juga lokalkarena keunikannya ini.

Kami selaku seluruh kontributor promo-jitu.com sangat berterima kasih atas apresdiasi anda dalam membaca dan memperhatikan setiap artikel terbaru kami. Kami juga mengharapkan semoga artikel kami mengenai OBJEK WISATA LUBANG JEPANG BUKITTINGGI SUMATERA BARAT (SUMBAR) yang terdapat di atas memberikan manfaat dan juga bisa menambah wawasan anda semua.










Dan kami sangatlah berterimakasih sekali kawan-kawan para pengunjung tentang pendaftaran online mahasiswa dan mahasiswi baru untuk tahun 2018-2019 bulan ini, dan sekirany bila kawan-kawan tidak keberatan dri postingan yang admin buat ini kami mohon jugalah kiranya untuk bantu di share atau dibagikan halaman blog ini ke seluruh kawna-kawan yang lagi membutuhkan informasi pendaftaran mahasiswa baru untuk tahun 2015 ini dan nantinya agar nantinya juga bisa dibaca oleh seluruh kawan-kawan kita yang lain dan mereka juga nanti bisa membaca informasi ini lagi dan semoga bermanfaat hendaknya dan bisa bermanfaat buat mereka semua kita, terima kasih sudah membaca informasi pendaftaran online mahasiswa baru online untuk tahun akademik 2018-2019 ini.