OBJEK WISATA LEMBAH HARAU PAYAKUMBUH SUMATERA BARAT (SUMBAR)






















OBJEK WISATA LEMBAH HARAU PAYAKUMBUH SUMATERA BARAT (SUMBAR)

OBJEK WISATA LEMBAH HARAU PAYAKUMBUH SUMATERA BARAT (SUMBAR)

Lembah Harau adalah lembah yang sangat subur dan terletak di Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Koto, Provinsi Sumatera Barat. Jaraknya sekitar 138 km dari kota Padang dan lebuih kurang sekitar 47 km dari Bukittinggi dan berada sekitar 18 km dari pusat Kota Payakumbuh. Tempat ini juga dikelilingi oleh batuan granit terjal yang berwarna-warni dengan memiliki ketinggian 100 neter sampai dengan 500 meter.

Lembah Harau ini memiliki iklim tropis dan memiliki tanah yang subur, serta juga keindahan pemandangan alam yang menawan. Tanahnya yang subur membuat tempat ini ditumbuhi oleh pepohonan hijau yang rindang sehingga bisa menyejukkan mata bagi siapapun yang memandangnya. Di Lembah Harau ini juga terdapat air terjun yang bernama Bunta Waterfall yang secara lokal biasa disebut dengan Sarasah Bunta. Air terjun ini kemudian mengalirkan air tawar segar yang berasal dari dataran tinggi dengan bantuan tiga air terjun lainnya yang ada di sekitar lembah ini. Sarasah Bunta ini mempunyai air terjun yang indah dan apabila terpancar sinar matahari akan tampak seperti bidadari yang sedang mandi.

Di Sarasah Aie Luluih airnya akan mengalir melewati dinding batu serta dibawahnya terdapat kolam mandi alami yang asri. Ada juga kepercayaan yang mengatakan bahwa mandi ataupun membasuh muka di sini bisa mengobati jerawat dan juga membuat muka terlihat cantik dan awet muda.

Di Sarasah Murai sering dijumpai pada siang harinya burung murai yang sedang mandi sambil memadu kasih yang membuat masyarakat menamakan ‘Sarasah Murai ‘. Ada juga kepercayaan bahwa mandi di tempat ini bisa membuat anda segera mendapatkan jodoh.

Lembah Harau ini sebenarnya adalah cagar alam yang memiliki luas sekitar 669 hektar. Hasil survei tim geologi dari Jerman pada tahun 1980 menemukan adanya jenis batuan di daerah ini yang identik dengan yang biasa ditemukan di dasar laut berupa batuan breksi dan juga konglomerat. Di dalam legenda masyarakat tentang Sarasah Aka Barayun juga mengisahkan bahwa di sekitar Cagar Alam Lembah Harau ini dulunya adalah laut. Bagi anda yang menyukai olahraga panjat tebing, maka tempat ini bisa menjadi surga buat anda. Disini tebingnya berupa batuan besar dan tentunya sangat menantang untuk ditaklukkan.

Kami selaku seluruh kontributor promo-jitu.com sangat berterima kasih atas apresiasi anda dalam membaca dan memperhatikan setiap artikel terbaru kami. Kami juga mengharapkan semoga artikel kami mengenai OBJEK WISATA LEMBAH HARAU PAYAKUMBUH SUMATERA BARAT (SUMBAR) yang terdapat di atas memberikan manfaat dan juga bisa menambah wawasan anda semua.










#UNBK #UJIAN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER #S1 #S2 #S3 #D1 #D2 #D3 #D4 #Jalur Reguler #Jalur Non Reguler #Akreditasi #Jurusan #Pembukaan #Brosur #Mata Kuliah #Biaya Uang Semester #Syarat-syarat Pendaftaran #Jadwal Daftar Ulang #Alamat Kampus #Fakultas #Universitas #Perguruan Tinggi Negeri #Perguruan Tinggi Swasta #Waktu Pendaftaran #Biaya Uang Kuliah #Biaya Pendaftaran #Jadwal Tes #Jadwal Daftar Ulang #Pengumuman SBMPTN #Info SNMPTN #UM-PTKIN #UMPN #nomor telpon #no telfon #nomor telepon #Bidikmisi