OBJEK WISATA KEBUN BINATANG BUKITTINGGI SUMATERA BARAT (SUMBAR)






















OBJEK WISATA KEBUN BINATANG BUKITTINGGI SUMATERA BARAT (SUMBAR)


OBJEK WISATA KEBUN BINATANG BUKITTINGGI SUMATERA BARAT (SUMBAR)

Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan atau yang lebih dikenal dengan sebutan Kebun Binatang Bukittinggi adalah salah satu kebun binatang yang tertua di Indonesia. Proses pembangunannya dimulai sekitar pada tahun 1900 melalui ide seorang Controleur pada pemerintahan Hindia Belanda yang bertugas di daerah Bukittinggi yang bernama Gravenzanden.

Sang Controleur tentunya sangat terkesan dengan keindahan panorama yang terdapat di sebuah bukit di daerah Bukittinggi yang bernama Bukit Malambuang atau yang biasa dikenal dengan nama Cubadak Bungkuak.

Sekitar pada tahun 1933, dilakukanlah pertukaran koleksi bianatang antara kebun binatang Bukittinggi ini dengan kebun binatang Surabaya. Melalui proses pertukaran ini, Kebun Binatang Bukittinggipun memperoleh berbagai koleksi spesies fauna asli Indonesia Timur sedangkan di Kebun Binatang Surabaya mendapatkan koleksi berupa spesies fauna asli Sumatera yang berjumlah sebanyak 150 ekor.

Kebun binatang inipun sempat mengalami masa yang sulit saat berada di bawah pendudukan Jepang. Tentara Jepang pada umumnya tidak menganggap penting dengan keberadaan kawasan ini sehingga akhirnya sebagian besar hewan yang ada di kebun binatang Bukittinggi ini tidak terawat dengan baik, bahkan banyak diantaranya yang mati terlantar. Kondisinyapun berangsur membaik pada era kemerdekaan RI dan lokasi inipun menjadi Taman Puti Bungsu dan sekitar tahun 1995 kemudian namanya menjadi Taman Marga Satwa Kinantan.

Sesuai dengan namanya, kawasan ini berfungsi sebagai sebuah wahana yang sangat tepat untuk bisa menggali wawasan budaya. Di tempat ini berdiri sebuah bangunan rumah adat Minangkabau yang biasa disebut dengan Rumah Adat Baanjuang. Rumah adat ini didirikan sekitar pada tahun 1935 dan hingga kini telah difungsikan sebagai sebuah museum yang mampu mengangkat kebudayaan tradisional pada masyarakat Minangkabau.

Kami selaku seluruh kontributor promo-jitu.com sangat berterima kasih atas apresiasi anda dalam membaca dan memperhatikan setiap artikel terbaru kami. Kami juga mengharapkan semoga artikel kami mengenai OBJEK WISATA KEBUN BINATANG BUKITTINGGI SUMATERA BARAT (SUMBAR) yang terdapat di atas memberikan manfaat dan juga bisa menambah wawasan anda semua.










Dan kami sangatlah berterimakasih sekali kawan-kawan para pengunjung tentang pendaftaran online mahasiswa dan mahasiswi baru untuk tahun 2018-2019 bulan ini, dan sekirany bila kawan-kawan tidak keberatan dri postingan yang admin buat ini kami mohon jugalah kiranya untuk bantu di share atau dibagikan halaman blog ini ke seluruh kawna-kawan yang lagi membutuhkan informasi pendaftaran mahasiswa baru untuk tahun 2015 ini dan nantinya agar nantinya juga bisa dibaca oleh seluruh kawan-kawan kita yang lain dan mereka juga nanti bisa membaca informasi ini lagi dan semoga bermanfaat hendaknya dan bisa bermanfaat buat mereka semua kita, terima kasih sudah membaca informasi pendaftaran online mahasiswa baru online untuk tahun akademik 2018-2019 ini.