OBJEK WISATA JEMBATAN AKAR BAYANG KABUPATEN PESISIR SELATAN SUMATERA BARAT (SUMBAR)






















OBJEK WISATA JEMBATAN AKAR BAYANG KABUPATEN PESISIR SELATAN SUMATERA BARAT (SUMBAR)

OBJEK WISATA JEMBATAN AKAR BAYANG KABUPATEN PESISIR SELATAN SUMATERA BARAT (SUMBAR)

Perjalanan ke objek wisata Jembatan Akar ini bisa ditempuh menggunakan angkutan umum, travel, ataupun mobil  pribadi. Jika anda menggunakan angkutan umum, maka perjalanan anda bisa dimulai dari kota Padang ke arah Painan. Kemudian, dari kota Painan, perjalanan anda dilanjutkan ke Kec. Bayang. Jika anda menggunakan mobil sewaan ataupun mobil pribadi, maka anda bisa langsung menuju ke lokasi objek wisata. Jembatan Akar Bayang ini diperkirakan sudah berumur kurang lebih 100 tahun. Jembatan ini dibuat dengan cara merangkai akar dua jenis pohon yang letaknya masing-masing tumbuh di kedua sisi sungai. Jenis pohon yang tumbuh tersebut adalah pohon kubang yang biasanya banyak tumbuh di sekitar sungai tempat jembatan akar tersebut dibangun.

Jembatan ini kabarnya didesain oleh seorang ulama yang bernama Pakih Sokan. Pembangunan jembatan ini dilakukan sebagai suatu bentuk upaya untuk bisa menghubungkan dua buah kampung yang dipisahkan oleh sungai. Pembangunan jembatan akar ini dimulai sekitar pada tahun 1890 dan akhirnya baru bisa digunakan oleh mayarakat daerah setempat di tahun 1916. Dengan kata lain, proses yang dilakukan untuk merajut akar pohon menjadi sebuah jembatan ini membutuhkan waktu selama sekitar 26 tahun.

Jembatan Akar ini tentunya sangat unik, karena berasal dari rajutan akar pohon yang tumbuh pada kedua sisi sungai sehingga bisa membentuk sebuah jembatan yang utuh. Hal ini sangat berbeda dengan jembatan yang biasa dibangun dengan menggunakan campuran semen, pasir, dan juga besi. Di samping itu, keunikanan yang lainnya adalah semakin bertambah kuatnya jembatan tersebut seiring dengan bertambahnya usia jembatan tersebut. Hal ini sangatlah berbeda dengan jembatan biasa yang semakin tua umurnya akan menjadi semakin rapuh. Kemudian, jembatan akar ini termasuk jembatan akar yang terpanjang di dunia karena panjangnya sudah mencapai 25 meter.

Kami selaku seluruh kontributor promo-jitu.com sangat berterima kasih atas apresiasi anda dalam membaca dan memperhatikan setiap artikel terbaru kami. Kami juga mengharapkan semoga artikel kami mengenai OBJEK WISATA JEMBATAN AKAR BAYANG KABUPATEN PESISIR SELATAN SUMATERA BARAT (SUMBAR) yang terdapat di atas memberikan manfaat dan juga bisa menambah wawasan anda semua.










Dan kami sangatlah berterimakasih sekali kawan-kawan para pengunjung tentang pendaftaran online mahasiswa dan mahasiswi baru untuk tahun 2018-2019 bulan ini, dan sekirany bila kawan-kawan tidak keberatan dri postingan yang admin buat ini kami mohon jugalah kiranya untuk bantu di share atau dibagikan halaman blog ini ke seluruh kawna-kawan yang lagi membutuhkan informasi pendaftaran mahasiswa baru untuk tahun 2015 ini dan nantinya agar nantinya juga bisa dibaca oleh seluruh kawan-kawan kita yang lain dan mereka juga nanti bisa membaca informasi ini lagi dan semoga bermanfaat hendaknya dan bisa bermanfaat buat mereka semua kita, terima kasih sudah membaca informasi pendaftaran online mahasiswa baru online untuk tahun akademik 2018-2019 ini.