OBJEK WISATA JAM GADANG BUKITTINGGI SUMATERA BARAT (SUMBAR)






















OBJEK WISATA JAM GADANG BUKITTINGGI SUMATERA BARAT (SUMBAR)


OBJEK WISATA JAM GADANG BUKITTINGGI SUMATERA BARAT (SUMBAR)

Jam Gadang merupakan landmark kota Bukittinggi dan tentunya juga provinsi Sumatra Barat yang terletak di Indonesia. Simbol khas provinsi Sumatera Barat ini pun juga memiliki cerita serta keunikan yang dikarenakan oleh usianya yang sudah berumur puluhan tahun. Jam Gadang ini dibangun sekitar pada tahun 1926 yang merupakan ide dari arsitek Yazin dan juga Sutan Gigi Ameh. Peletakan batu pertama pada saat pembangunan jam gadang ini dilakukan oleh putra pertama dari Rook Maker yang saat itu usianya masih 6 tahun. Jam ini ternyata adalah hadiah dari Ratu Belanda kepada Controleur (Sekretaris Kota).

Pada zaman penjajahan Jepang , ornamen jam ini berubah menjadi sebuah klenteng. Sedangkan setelah kemerdekaan Indonesia, bentuk ornamennya kembali berubah menjadi bentuk gonjong rumah adat Minangkabau.

Angka-angka yang terdapat pada jam tersebut ternyata  juga memiliki keunikan. Angka empat yang pada angka Romawi biasanya tertulis dengan simbol IV, namun pada Jam Gadang ini dibuat dengan IIII. Dari menara Jam Gadang ini, para wisatawan dapat melihat panorama alam kota Bukittinggi yang terdiri dari berbagai bukit, lembah, dan juga bangunan yang berjejer di tengah kota.

Saat pertama dibangun, biaya yang dikeluarkan seluruhnya mencapai sekitar 3.000 Gulden dengan adanya penyesuaian dan juga renovasi dari waktu ke waktu. Pada saat jaman Belanda.

Untuk mencapai lokasi ini, para wisatawan bisa menggunakan jalur darat pada jalan lintas Sumatera dari kota Padang ke kota Bukittinggi. Total waktu perjalanan yang dapat ditempuh lebih kurang selama 2 jam perjalanan dengan menggunakan angkutan antar kota. Setelah anda sampai di kota Bukittinggi, perjalanan anda bisa dilanjutkan dengan menaiki angkutan kota yang bisa mengantar anda ke lokasi Jam Gadang.

Sepintas, mungkin tidak ada hal yang aneh pada bangunan jam yang memiliki tinggi 26 meter tersebut. Apalagi jika anda memperhatikan bentuknya karena Jam Gadang ini hanya berwujud bulat dengan memiliki diameter sekitar 80 sentimeter yang di topang dengan basement dasar seukuran 13 x 4 meter, yang lebih mirip dengan sebuah tugu atau monumen. Akan tetapi, suasana saat anda berada di lokasi jam gadang ini adalah sebuah momen yang tidak bisa anda lupakan dan tentunya sangat khas.

Kami selaku seluruh kontributor promo-jitu.com sangat berterima kasih atas apresiasi anda dalam membaca dan memperhatikan setiap artikel terbaru kami. Kami juga mengharapkan semoga artikel kami mengenai OBJEK WISATA JAM GADANG BUKITTINGGI SUMATERA BARAT (SUMBAR) yang terdapat di atas memberikan manfaat dan juga bisa menambah wawasan anda semua.










#UNBK #UJIAN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER #S1 #S2 #S3 #D1 #D2 #D3 #D4 #Jalur Reguler #Jalur Non Reguler #Akreditasi #Jurusan #Pembukaan #Brosur #Mata Kuliah #Biaya Uang Semester #Syarat-syarat Pendaftaran #Jadwal Daftar Ulang #Alamat Kampus #Fakultas #Universitas #Perguruan Tinggi Negeri #Perguruan Tinggi Swasta #Waktu Pendaftaran #Biaya Uang Kuliah #Biaya Pendaftaran #Jadwal Tes #Jadwal Daftar Ulang #Pengumuman SBMPTN #Info SNMPTN #UM-PTKIN #UMPN #nomor telpon #no telfon #nomor telepon #Bidikmisi