OBJEK WISATA ISTANA SILINDUANG BULAN BATUSANGKAR SUMATERA BARAT (SUMBAR)






















OBJEK WISATA ISTANA SILINDUANG BULAN BATUSANGKAR SUMATERA BARAT (SUMBAR)

OBJEK WISATA ISTANA SILINDUANG BULAN BATUSANGKAR SUMATERA BARAT (SUMBAR)

Istano Silinduang Bulan ini berlokasi di pusat kerajaan Pagaruyung, di daerah Pagaruyuang, Batusangkar. Istana ini memiliki ukuran 28 x 8 meter yang biasa disebut dengan Rumah Gadang nan Sambilan Ruang. Istana ini dibangun di tapak istana lama yang telah terbakar di tahun 1966 atau berjarak sekitar dua kilometer di sebelah utara Istana Basa. Istano Silinduang Bulan yang ada pada saat ini bukanlah istana yang asli, melainkan replika yang telah kembali dibangun ulang untuk bisa menggantikan istana lama yang terbakar.

Istano Silinduang Bulan memiliki beberapa keunikan  yang tentunya sangat menarik untuk dilihat. Dari arsitektur bangunan, Istano Silinduang Bulan ini menggunakan pilihan model bangunan yang dinamakan “Alang Babega". Hal ini sangatlah berbeda dengan istana-istana lain yang ada di daerah Minangkabau yang lebih banyak memakai model bangunan Gajah  Maharam, Rajo Babandiang, Sitinjau Lauik, dan lain sebagainya.  Model bangunan “Alang Babega“ ini adalah model bangunan khas tempat para raja beserta keluarganya menginap.

Di halaman Istano Silinduang Bulan ini terdapat dua buah rangkiang. Rangkiang adalah tempat penyimpanan padi dan hasil panen keluarga di Kerajaan Pagaruyung. Kedua buah rangkiang tersebut diberi nama Rangkian Si Bayau-bayau dan Rangkiang Si  Tinjau Lauik. Sebagai istana Kerajaan Pagaruyung, Istano Silinduang Bulan saat ini masih banyak menyimpan benda-benda asli pusaka Kerajaan Pagaruyung yang tentunya dirawat dengan sangat baik. Warisan pusaka kerajaan yang ada tersebut  tentunyajuga sangat  menarik untuk dilihat dan juga diamati.

Kami selaku seluruh kontributor promo-jitu.com sangat berterima kasih atas apresiasi anda dalam membaca dan memperhatikan setiap artikel terbaru kami. Kami juga mengharapkan semoga artikel kami mengenai OBJEK WISATA ISTANA SILINDUANG BULAN BATUSANGKAR SUMATERA BARAT (SUMBAR) yang terdapat di atas memberikan manfaat dan juga bisa menambah wawasan anda semua.










Dan kami sangatlah berterimakasih sekali kawan-kawan para pengunjung tentang pendaftaran online mahasiswa dan mahasiswi baru untuk tahun 2018-2019 bulan ini, dan sekirany bila kawan-kawan tidak keberatan dri postingan yang admin buat ini kami mohon jugalah kiranya untuk bantu di share atau dibagikan halaman blog ini ke seluruh kawna-kawan yang lagi membutuhkan informasi pendaftaran mahasiswa baru untuk tahun 2015 ini dan nantinya agar nantinya juga bisa dibaca oleh seluruh kawan-kawan kita yang lain dan mereka juga nanti bisa membaca informasi ini lagi dan semoga bermanfaat hendaknya dan bisa bermanfaat buat mereka semua kita, terima kasih sudah membaca informasi pendaftaran online mahasiswa baru online untuk tahun akademik 2018-2019 ini.