OBJEK WISATA ISTANA BASA PAGARUYUANG BATUSANGKAR SUMATERA BARAT (SUMBAR)






















OBJEK WISATA ISTANA BASA PAGARUYUANG BATUSANGKAR SUMATERA BARAT (SUMBAR)

OBJEK WISATA ISTANA BASA PAGARUYUANG BATUSANGKAR SUMATERA BARAT (SUMBAR)

Istano Basa Pagaruyung terletak di Nagari Pagaruyung, Kecamatan Tanjung Emas, Tanah Datar dan berjarak sekitar 108 KM dari Ibu kota Sumatera Barat yaitu Padang.  Istano Basa Pagaruyung ini merupakan sebuah bangunan rumah adat Minangkabau yang disebut Rumah Gadang  yang dibangun dengan berdasarkan bentuk Istana sebelumnya dan juga mempedomani bangunan Rumah Gadang yang lainnya.

Istano Basa Pagaruyung yang ada sekarang sebenarnya merupakan duplikat istano yang telah dibakar oleh Belanda pada tahun 1804 yang bertempat di Desa Gudam. Sekitar Pada tahun 1976, Istano Basa Pagaruyung ini dibangun kembali sesuai dengan rencana pemerintah dalam rangka untuk melestarikan nilai-nilai adat, seni, budaya, dan juga sejarah Minangkabau yang berlokasi di Balai Janggo Pagaruyung. Pada tahun 2007, Istano yang terletak di Balai Janggo ini juga engalami kebakaran hebat akibat tembakan petir dan banyak menghabiskan peninggalan-peninggalan yang ada sebelumnya.

Jika anda berkunjung ke lokasi ini, anda bisa memasuki istana yang megah ini dengan tarif hanya Rp. 5.000,- per orang. Disini anda juga bisa bersantai di tamannya, serta menggunakan pakaian adat lengkap Minangkabau dan juga berfoto ria bersama keluarga, teman, ataupun pasangan anda. Anda juga bisa masuk ke dalam bilik raja, ratu, dan putrinya serta melihat segala perlengkapan yang ada di dalamnya. Biasanya, tempat ini sangat ramai dikunjungi pada hari libur ataupun hari raya Idul Fitri. Banyak orang dari berbagai penjuru Sumatera Barat dan juga dari luar Sumatera Barat yang datang ke lokasi ini untuk melihat betapa indah dan megahnya bangunan bersejarah ini.

Kami selaku seluruh kontributor promo-jitu.com sangat berterima kasih atas apresiasi anda dalam membaca dan memperhatikan setiap artikel terbaru kami. Kami juga mengharapkan semoga artikel kami mengenai OBJEK WISATA ISTANA BASA PAGARUYUANG BATUSANGKAR SUMATERA BARAT (SUMBAR) yang terdapat di atas memberikan manfaat dan juga bisa menambah wawasan anda semua.










Dan kami sangatlah berterimakasih sekali kawan-kawan para pengunjung tentang pendaftaran online mahasiswa dan mahasiswi baru untuk tahun 2018-2019 bulan ini, dan sekirany bila kawan-kawan tidak keberatan dri postingan yang admin buat ini kami mohon jugalah kiranya untuk bantu di share atau dibagikan halaman blog ini ke seluruh kawna-kawan yang lagi membutuhkan informasi pendaftaran mahasiswa baru untuk tahun 2015 ini dan nantinya agar nantinya juga bisa dibaca oleh seluruh kawan-kawan kita yang lain dan mereka juga nanti bisa membaca informasi ini lagi dan semoga bermanfaat hendaknya dan bisa bermanfaat buat mereka semua kita, terima kasih sudah membaca informasi pendaftaran online mahasiswa baru online untuk tahun akademik 2018-2019 ini.