OBJEK WISATA GUNUNG SINGGALANG SUMATERA BARAT (SUMBAR)






















OBJEK WISATA GUNUNG SINGGALANG SUMATERA BARAT (SUMBAR)

OBJEK WISATA GUNUNG SAINGGALANG SUMATERA BARAT (SUMBAR)

Gunung Singgalang yang memiliki ketinggian sekitar 2877 mdpl merupakan sebuah gunung Vulkanis yang sudah tidak aktif lagi. Gunung Singgalang ini dihiasi oleh hutan gunung yang sangat lembab dan juga banyak menyimpan kandungan air didalamnya sehingga persediaan air untuk para pendaki gunung ini sangatlah berlimpah. Salah satu hal yang mampu membuat Gunung Singgalang ini menjadi gunung favorit untuk didaki adalah dengan keberadaan sebuah telaga di area puncaknya yang merupakan bekas kawah mati, yang dikenal dengan sebutan Telaga Dewi. Telaga ini sendiri berada di ketinggian 2765 mdpl, airnya yang sangat tenang membuat keberadaan pohon yang ada di tepi telaga ini dan juga langit yang ada di atasnya bisa terefleksi pada permukaan airnya.

Untuk bisa menuju titik awal pendakian pada Jalur Koto Baru sebenarnya tidaklah terlalu sulit karena posisinya terletak di antara kota Bukittinggi dan Padang Panjang. Jika anda berasal dari arah Kota Padang, maka anda bisa untuk menggunakan travel dengan jurusan Bukittinggi. Travel ini biasanya banyak bergelimpungan di depan Basko Grand Mall dan ongkosnya Rp 22.000 dengan lama waktu tempuh sekitar dua jam. Kemudian anda bisa turun di Pasar Koto Baru untuk melanjutkan perjalanan anda dengan menggunakan angkutan desa dan membayar ongkos sebesar Rp 3.000, lalu anda bisa turun tepat di depan area Rumah Tenun Pusako Pandai Sikek. Dari lokasi ini anda harus berjalan kaki sejauh 2 Km untuk bisa menuju Posko Pendakian, melapor pada petugas posko tersebut, kemudian menuliskan nama serta nomor anda yang bisa dihubungi ke dalam buku registrasi. Setelah itu, anda harus membayar tiket sebesar Rp. 7.000 per-orangnya.

Mendaki Gunung Singgalang melalui jalur Kota Baru ini sebenarnya cukup aman karena jalurnya terlihat sangat jelas. Anda cukup mengikuti kabel dan juga tiang listrik yang bisa menjadi patokannya. Setelah selama kurang lebih 4 s/d 5 jam perjalanan, maka sampailah anda di cadas yang merupakan sebuah lokasi yang sangat cocok untuk bisa beristirahat karena disini memiliki tempat yang cukup lapang untuk bisa mendirikan beberapa buah tenda. Dari cadas ini, anda bisa melanjutkan perjalanan menuju ke Telaga Dewi. Anda akan menghadapi beberapa tanjakan yang terjal berupa bebatuan keras yang biasanya berwarna kuning. Di tengah tanjakan ini terdapat sebuah tugu yang bernama Tugu Galapagos yang didirikan untuk mengenang hilangnya seorang siswa pencinta alam yang berasal dari sispala SMAN 1 Padang sekitar pada tahun 1990an. Usai tanjakan ini, maka selanjutnya anda akan melewati sebuah hutan lumut. Setelah hutan lumut ini, maka anda akan berjumpa dengan Telaga Dewi yang tentunya begitu mempesona. Dari Telaga Dewi ini jarak ke puncaknya sudah dekat dan medannya tidak terlalu terjal. Biasanya, hanya akan memakan waktu sekitar 20 menit untuk mencapai puncaknya yang ditandai dengan sebuah tower pemancar yang dipagari dengan kawat.

Kami selaku seluruh kontributor promo-jitu.com sangat berterima kasih atas apresiasi anda dalam membaca dan memperhatikan setiap artikel terbaru kami. Kami juga mengharapkan semoga artikel kami mengenai OBJEK WISATA GUNUNG SINGGALANG SUMATERA BARAT (SUMBAR) yang terdapat di atas memberikan manfaat dan juga bisa menambah wawasan anda semua.










#UNBK #UJIAN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER #S1 #S2 #S3 #D1 #D2 #D3 #D4 #Jalur Reguler #Jalur Non Reguler #Akreditasi #Jurusan #Pembukaan #Brosur #Mata Kuliah #Biaya Uang Semester #Syarat-syarat Pendaftaran #Jadwal Daftar Ulang #Alamat Kampus #Fakultas #Universitas #Perguruan Tinggi Negeri #Perguruan Tinggi Swasta #Waktu Pendaftaran #Biaya Uang Kuliah #Biaya Pendaftaran #Jadwal Tes #Jadwal Daftar Ulang #Pengumuman SBMPTN #Info SNMPTN #UM-PTKIN #UMPN #nomor telpon #no telfon #nomor telepon #Bidikmisi