OBJEK WISATA CANDI PADANG ROCO KABUPATEN DHARMASRAYA SUMATERA BARAT (SUMBAR)






















OBJEK WISATA CANDI PADANG ROCO KABUPATEN DHARMASRAYA SUMATERA BARAT (SUMBAR)

OBJEK WISATA CANDI PADANG ROCO KABUPATEN DHARMASRAYA SUMATERA BARAT (SUMBAR)

Candi Padang Roco Dharmasraya merupakan sebuah peninggalan Kerajaan Melayu. Candi ini terletak di Jorong Sungai Langsek, Siguntur, Kecamatan Sitiung Dharmasraya. Candi ini adalah salah satu simbol kebanggan warga Dharmasraya. Akan tetapi, apabila anda ingin mengunjungi candi ini maka anda harus menaiki alat transportasi berupa rakit atau perahu. Memang sagak edikit ekstrim dan terlihat berbahaya. tapi ini adalah satu – satunya alat transportasi masyarakat yang biasa digunakan untuk menuju tempat tersebut. Kemegahan Candi Padang Roco ini adalah salah satu bukti bahwa dulu di wilayah Dharmasraya merupakan pusat pemerintahan kerjaan ini, sehingga banyak candi – candi yang dibangun disana sebagai tempat raja melakukan ibadah, serta berkumpul dengan keluarganya.

Candi Padang Roco ini juga terdiri dari 4 buah candi. Candi Padang Roco I adalah sebuah Candi Induk yang memiliki ukuran 21 m X 21 m dan juga memiliki ketinggian struktur bata 90 cm dan pada bagian tengahnya memiliki tinggi sekitar 3 m. Pada bangunan induk ini terdapat tangga masuk pada keempat sisinya dengan orientasi arahnya barat daya - timur laut. Candi Padang Roco IIterbuat  dari konstruksi susunan bata yang memiliki denah persegi dengan ukuran panjang 4,40 x lebar 4,40 m. Tinggi bangunan ini yang masih tersisa adalah 1,28 cm. Bangunan candi tersebut juga berorientasi ke arah barat daya - timurlaut. Candi Padang Roco III berstruktur bata, memiliki denah persegi yang terdiri dari 3 buah undakan. Undakan pertama yang terletak paling atas memiliki ukuran 2 x 2 m, dengan tinggi bangunannya hanya tersisa di bagian selatan saja, dengan 7 lapis bata. Pada bagian barat daya candi ini terdapat kolam yang dulunya merupakan tempat untuk mencuci kaki sebelum memasuki candi. Sedangkan Candi Padang Roco IV hanya berupa reruntuhan bata yang terletak di sudut paling belakang Candi Padangroco II.

Keberadaan candi tersebut tentunya bisa memastikan bahwa dahulunya Kerajaan Melayu ini menganut agama Buddha yang terletak di tepi Sungai Batanghari. Apabila anda ingin mengetahui secara lebih detail tentang candi ini, maka tidak ada salahnya anda mengisi hari libur anda untuk mengunjungi daerah ini.

Kami selaku seluruh kontributor promo-jitu.com sangat berterima kasih terhadap apresiasi anda yang telah membaca dan juga memperhatikan artikel terbaru kami. Kami juga berharapsemoga artikel kami mengenai OBJEK WISATA CANDI PADANG ROCO KABUPATEN DHARMASRAYA SUMATERA BARAT (SUMBAR) yang terdapat di atas memberikan manfaat dan juga bisa menambah wawasan anda semua.










Dan kami sangatlah berterimakasih sekali kawan-kawan para pengunjung tentang pendaftaran online mahasiswa dan mahasiswi baru untuk tahun 2018-2019 bulan ini, dan sekirany bila kawan-kawan tidak keberatan dri postingan yang admin buat ini kami mohon jugalah kiranya untuk bantu di share atau dibagikan halaman blog ini ke seluruh kawna-kawan yang lagi membutuhkan informasi pendaftaran mahasiswa baru untuk tahun 2015 ini dan nantinya agar nantinya juga bisa dibaca oleh seluruh kawan-kawan kita yang lain dan mereka juga nanti bisa membaca informasi ini lagi dan semoga bermanfaat hendaknya dan bisa bermanfaat buat mereka semua kita, terima kasih sudah membaca informasi pendaftaran online mahasiswa baru online untuk tahun akademik 2018-2019 ini.