OBJEK WISATA BATU BATIKAM BATUSANGKAR SUMATERA BARAT (SUMBAR)






















OBJEK WISATA BATU BATIKAM BATUSANGKAR SUMATERA BARAT (SUMBAR)

OBJEK WISATA BATU BATIKAM BATUSANGKAR SUMATERA BARAT (SUMBAR)

Situs Batu Batikam yang memiliki latar belakang pohon beringin besar ini memberikan kesan mistis saat kita memasuki lokasi yang memiliki luas 1.800 m2 terletak di Nagari Limo Kaum, dengan jarak sekitar 4 km dari pusat kota Batusangkar. Situs Batu Batikam merupakan sebuah medan nan bapaneh, tempat bermusyawarah bagi kepala suku. Deretan batu tersebut yang membentuk formasi berupa segi panjang merupakan tempat duduk para ketua suku ketika mereka sedang bersidang.

Di tengahnya, terdapat sebuah batu yang hampir berbentuk seperti segitiga terbalik yang terbuat dari batuan andesit memiliki lobang pipih yang menembus batu tersebut di bagian atasnya, sangat mirip dengan bekas tikaman senjata tajam sehingga akhirnya disebut Batu Batikam. Batu Batikam ini memiliki ukuran dengan tinggi 55 cm, tebal 20 cm, dan juga lebar sekitar 45 cm.Batu Batikam ini berlobang karena telah ditusuk oleh Datuak Parpatih Nan Sabatang yang berselisih paham dengan saudara tirinya sendiri yang bernama Datuak Katamanggungan. Mereka berdua sama-sama pemimpin pada suku Koto Piliang dan juga Bodi Chaniago yang memiliki pandangan yang berbeda tentang pengertian dari kebijaksanaan. Namun mereka berdua adalah saudara dan sama-sama tidak tega untuk saling menyakiti, hingga akhirnya mereka sepakat untuk bisa memperdalam pengetahuan mereka tentang arti dari kebijaksanaan.

Setelah waktu, mereka bertemu kembali hungga akhirnya sepakat tiap daerah bebas untuk bisa menggunakan adat yang mana, baik Koto Piliang maupun Bodi Chaniago yang dilakukan demi kesejahteraan rakyat Minangkabau. Mereka akhirnya mengakhiri pertikaian mereka dengan menancapkan masing-masing kerisnya pada sebuah batu. Nah, begitu menarik bukan? Jika anda penasaran silahkan kunjungi tempat ini, tempat bersejarah yang tentunya sangat tersohor di Minangkabau.

Kami selaku seluruh kontributor promo-jitu.com sangat berterima kasih atas apresiasi anda dalam membaca dan memperhatikan setiap artikel terbaru kami. Kami juga mengharapkan semoga artikel kami mengenai OBJEK WISATA BATU BATIKAM BATUSANGKAR SUMATERA BARAT (SUMBAR) yang terdapat di atas memberikan manfaat dan juga bisa menambah wawasan anda semua.










Dan kami sangatlah berterimakasih sekali kawan-kawan para pengunjung tentang pendaftaran online mahasiswa dan mahasiswi baru untuk tahun 2018-2019 bulan ini, dan sekirany bila kawan-kawan tidak keberatan dri postingan yang admin buat ini kami mohon jugalah kiranya untuk bantu di share atau dibagikan halaman blog ini ke seluruh kawna-kawan yang lagi membutuhkan informasi pendaftaran mahasiswa baru untuk tahun 2015 ini dan nantinya agar nantinya juga bisa dibaca oleh seluruh kawan-kawan kita yang lain dan mereka juga nanti bisa membaca informasi ini lagi dan semoga bermanfaat hendaknya dan bisa bermanfaat buat mereka semua kita, terima kasih sudah membaca informasi pendaftaran online mahasiswa baru online untuk tahun akademik 2018-2019 ini.