OBJEK WISATA BATU BASUREK BATUSANGKAR SUMATERA BARAT (SUMBAR)






















OBJEK WISATA BATU BASUREK BATUSANGKAR SUMATERA BARAT (SUMBAR)

OBJEK WISATA BATU BASUREK BATUSANGKAR SUMATERA BARAT (SUMBAR)

Batu Basurek merupakan salah satu peninggalan sejarah yang membuktikan bahwa keberadaan dan juga kejayaan Kerajaan Pagaruyuang di Sumatera Barat pada masa lalu.  Adityawarman merupakan anak dari Dara Jingga yang berasal dari Kerajaan Siguntur yang terletak di tepi Sungai Batang Hari, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat.

Objek wisata bersejarah ini terletak di Desa Kubu Rajo, Lima Kaum, Batusangkar. Batu ini berada di atas makam Raja Adityawarman dengan menggunakan tulisan Pallawa dari Bahasa Sansekerta. Lebar batu basurek ini sekitar 25 cm dengan memiliki tinggi sekitar 8 cm, ketebalannya 10 cm dan memiliki berat sekitar 50 kg. Usia batu Basurek ini kini sudah mencapai sekitar 650 tahun lebih.

Batu Basurek berarti Batu yang bertulisan. Tulisan yang terdapat pada batu tersebut diartikan sebagai berikut: “Adityawarman maju dengan perkasa, ia merupakan penguasa Kanakamedinindra atau Suwarnadwipa (Sumatera atau Tanah Emas). Ayahnya bernama Adwayawarman. Dia berasal dari keluarga Indra."

Prasasti ini tidak memberikan informasi yang jelas tentang cakupan wilayah kekuasaan Raja Adityawarman di masa itu. Namun, jika dilihat secara lebih rinci, raja-raja yang ada di wilayah Propinsi Sumatera Barat ini masih satu garis keturunan dengan raja-raja Pagaruyung. Hal ini semakin menguatkan bahwa Adityawarman menguasai seluruh wilayah Minangkabau secara umum.

Apapun kontroversi yang ada di balik kekuasaan Raja Adityawarman, pastinya objek wisata budaya Batu Basurek ini akan semakin memperkaya pengetahuan anda tentang kajayaan Kerajaan Minangkabau. Anda bisa mengunjungi salah satu situs cagar budaya ini dengan satu rangkaian kunjungan ke Istano Basa Pagaruyung yang lokasinya sangat berdekatan.

Kami selaku seluruh kontributor promo-jitu.com sangat berterima kasih atas apresiasi anda dalam membaca dan memperhatikan setiap artikel terbaru kami. Kami juga mengharapkan semoga artikel kami mengenai OBJEK WISATA BATU BASUREK BATUSANGKAR SUMATERA BARAT (SUMBAR) yang terdapat di atas memberikan manfaat dan juga bisa menambah wawasan anda semua.










Dan kami sangatlah berterimakasih sekali kawan-kawan para pengunjung tentang pendaftaran online mahasiswa dan mahasiswi baru untuk tahun 2018-2019 bulan ini, dan sekirany bila kawan-kawan tidak keberatan dri postingan yang admin buat ini kami mohon jugalah kiranya untuk bantu di share atau dibagikan halaman blog ini ke seluruh kawna-kawan yang lagi membutuhkan informasi pendaftaran mahasiswa baru untuk tahun 2015 ini dan nantinya agar nantinya juga bisa dibaca oleh seluruh kawan-kawan kita yang lain dan mereka juga nanti bisa membaca informasi ini lagi dan semoga bermanfaat hendaknya dan bisa bermanfaat buat mereka semua kita, terima kasih sudah membaca informasi pendaftaran online mahasiswa baru online untuk tahun akademik 2018-2019 ini.