Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru (POLNUSTAR) 2020-2021







Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru POLNUSTAR (Politeknik Nusa Utara) 2020-2021

Info Pendaftaran Mahasiswa Baru (POLNUSTAR) Politeknik Nusa Utara

Penerimaan Mahasiswa Baru POLNUSTAR (Politeknik Nusa Utara) 
2020-2021 - Politeknik Nusa Utara yang dahulunya Akademik Keperawatan, yang merupakan pengembangan dari Sekolah Perawat Kesehatan yang sudah ada sebelumnya. Akademik Keperawatan tersebut diprakarsai oleh pemerintah kabupaten Kepulauan Sangihe-Talaud sebagai komitmen untuk membangun Sumber Daya Manusia yang kompeten. Kemudian berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kesehatan RI No. HK. 00.06.1.1.1700, tertanggaal 14 Mei 2002 Akademik Kesehatan resmi berdiri.

Selanjutnya pada tahun 2005, diadakannya rapat yang dihadiri oleh tokoh masyarakat dan putra-putri yang berasal dari Nusa Uatara  terutama dari UNSRAT dan UNIMA di ruang pertemuan Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Utara, dalam rangka pembentukan Universitas daerah. Dari pertemuan tersebut menghasilkan terbentuknya suatu tim yang diberikan tanggung jawb oleh Bupati Kepulauan Sangihe untuk penyusunan proposal pendirian Perguruan Tinggi di kawasan Nusa Utara. Dengan kerja keras, akhirnya usaha tersebut membuahkan hasil, berdasarkan SK Dirjen Dikti atas nama Menteri Pendidikan Nasional RI No. 23/D/O/2006 tanggal 5 September 2006 terbentuklah Perguruan Tinggi yaitu Politeknik Nusa Utara (PONUSTAR) yang merupakan perubahan dari Akademik Keperawatan.

Hingga saat ini, POLNUSTAR telah memiliki tiga jurusan program Diploma III dengan masing-masing Program Studi diantaranya yaitu :
  • Jurusan kesehatan
  1. Prodi Keperawatan
  • Jurusan perikanan dan Kebaharian
  1. Prodi Teknologi Penangkapan Laut
  2. Prodi Teknologi Budaya Ikan
  3. Prodi Teknologi Pengelolaan Hasil Laut
  • Jurusan Teknik Komputer dan Komunikasi
  1. Prodi Sistem Informasi
Adapun fasilitas yang disediakan oleh POLNUSTAR bagi mahasiswa diantaranya yaitu : LCD Proyektor, Laboratorium komputer terlengkap, Laboratorium keperawatan terlengkap, Laboratorium perikanan terlengkap, Kapal latih, Bus (mini bus), Free WIFI, Perpustakaan, dan Simulator Perikanan.
Untuk calon mahasiswa yang ingin mendaftar di POLNUSTAR, terdapat beberapa jalur masuk yang bisa ditempuh dan dipilih salah satunya yaitu :
  • Jalu Lokal : Jalur yang diadakan oleh POLNUSTAR secara mandiri dengan persyaratan antaralin:
  1. Mengisi Formulir pendaftaran, dan melampirkan :
  2. Fotocopy raport SMA/SMK sederajat yang dilegalisir
  3. Fotocopy ijazah dan transkip yang dilegalisir
  4. Pasfoto terbaru dengan ukuran 3x4 berwarna
Pendaftaran mulai  2020-2021 di Sekretariat PMB POLNUSTAR. Untuk keterangan dan info lebih lanjut silahkan akses website resmi POLNUSTAR di www.polnustar.ac.id
  • Bidikmisi : Program beasiswa dari pemerintah bagi calon mahasiswa yang berprestasi dan tergolong dari keluarga yang kurang mampu. Untuk penaftaran atau info lebih lanjut dapat di akses www. bidikmisi. belmawa. risetdikti. go. id 
Untuk biaya pendidikan di Politeknik Negeri Nusa Utara ini yaitu mengikuti ketentuan Pemerintah dalam Permendikbud No. 55 tahun 2013 tentang besarnya Biaya Kuliah Tunggan (BKT) dan Uang Kuliah Tunggal (UKT) yaitu :
  • Jurusan Kesehatan dengan biaya pendidikan sebesar : -
  • Jurusan Perikanan dan Kebaharian dengan biaya pendidikan sebesar : -
  • Jurusan Komputer dan Komunikasi dengan biaya pendidikan sebesar :-4.000.000
Demikian informasi yang kami sampaikan seputar  Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Nusa Utara (POLNUSTAR) 2020-2021.

Blog Archive