Pertolongan Pertama Saat Keracunan Makanan Atau Minuman






















Pertolongan Pertama Saat Keracunan Makanan Atau Minuman


Tips Sehat Promo-Jitu.com - Keracunan melalui makanan atau minuman asangat berbahaya dan memerlukan pertolongan yang segera. Makin lama racun tersebut berada dalam lambung akan semakin banyak racun yang terserap ke dalam tubuh dan akan semakin berat juga akibat yang ditimbulkan. Gejala apabila keracunan makanan penderita akan merasakan sakit kepala, mual, dan kemudian muntah-muntah. Nyeri dan kejang pda bagian perut dan terkadang mencret, kesadaran turun dan lama kelamaan akan menimbulkan kematian. Oleh karan itu haruslah kita memberikan pertolongan pertama kepda penderita, yaitu:

  • Diusahakan secepatnya mengeluarkan racun yang masih ada di dalam lambung dengan merangsang terjadinya muntah. Semakin banyak dan semakinsemakin segera muntahnya terjadi, makin besar pula harapan penderita dapat tertolong. Rangsangan muntah dapat dilakukan dengan cara:

  1. Menggelitik tenggorokkan penderita berkali-kali
  2. Memberikan minuman air garam hangat. Satu sendok teh garam dalam satu gelas air hangat.
  3. Memberi minuman air sabun. Sepotong kecil sabun dalam segelas air hangat.

  • Setelah racunnya dikeluarkan, penderita diberi minum susu atau putih telur mentah dari 2 sampai 3 butir telur untuk melepaskan jaringan-jaringan yang rusak akibat keracunan.
  • Untuk menyerap racun yang masih ada di dalam lambung, diberikan dua sendok makan bubuk norit atau arang atau arang lainnya misalnya roti yang dibakar hangus.
  • Harus segera memanggil dokter atau mengirim penderita ke rumah sakit.
Itulah tips dan informasi sehat dari promo-jitu.com tentang 

Sumber: Entjang, Indan. 1983. Ilmu Kesehatan Masyarakat. Bandung. Citra Aditya Bakti










Dan kami sangatlah berterimakasih sekali kawan-kawan para pengunjung tentang pendaftaran online mahasiswa dan mahasiswi baru untuk tahun 2018-2019 bulan ini, dan sekirany bila kawan-kawan tidak keberatan dri postingan yang admin buat ini kami mohon jugalah kiranya untuk bantu di share atau dibagikan halaman blog ini ke seluruh kawna-kawan yang lagi membutuhkan informasi pendaftaran mahasiswa baru untuk tahun 2015 ini dan nantinya agar nantinya juga bisa dibaca oleh seluruh kawan-kawan kita yang lain dan mereka juga nanti bisa membaca informasi ini lagi dan semoga bermanfaat hendaknya dan bisa bermanfaat buat mereka semua kita, terima kasih sudah membaca informasi pendaftaran online mahasiswa baru online untuk tahun akademik 2018-2019 ini.