Penerimaan Mahasiswa Baru (UIN-JAKARTA) Jakarta 2018-2019 Universitas Islam Negeri Syarif Hidatullah






















Pendaftaran Mahasiswa Baru (UIN) Universitas Islam Negeri Syarif Hidatullah Jakarta 2018-2019

Penerimaan Mahasiswa Baru (UIN) Universitas Islam Negeri Syarif Hidatullah Jakarta 2018-2019

Info Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta di Promo-Jitu.com- Mengenal sejarah singkat dari Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta yang berlokasi di daerah Ciputat Tanggerang, merupakan proses yang memakan waktu yang tidak sedikit. Proses tersebut diantaranya dimulai dari periode perintisan, periode IAIN Al-Jami'ah, IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan kemudian kini beralih menjadi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Perintisan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini telah dilakukan sebelum Indonesia merdeka oleh para tokoh muslim yang sangat berjasa, karena sadar pada saat itu kebutuhan akan pengembangan dan pengajaran agama Islam sangatlah dibutuhkan.

Dengan mulai didirikannya pesantren-pesantren hingga sekolah tinggi agama Islam, merupakan tonggak awal munculnya berbagai Perguruan Tinggi Agama Islam di Jakarta, sekaligus menajdi awal bagi beralihnya status IAIN Syarif Hidayatullah menjadi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Berdasarkan Keputusan Presiden  RI No. 031 tanggal 20 Mei 2002 Universitas Islam Negeri Jakarta resmi berdiri. Hingga kini UIN Syarif Hidayatullah Jakarta telah menjadi Universitas Islam Negeri terkemuka di Jakarta, dengan memiliki 12 fakultas sejak tahun akademik 2002/2003, diantaranya yaitu:
  • Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan; Dengan memiliki 12 prodi program S1 dan tiga prodi program S2
  • Fakultas Adab dan Humaniora; Dengan memiliki lima prodi program S1 dan dua prodi program S2
  • Fakultas Ushuludin; Dengan memiliki lima prodi program S1 dan tiga prodi program S2
  • Fakultas Syari'ah dan Hukum; Dengan memiliki enam prodi program S1 dan dua prodi program S2
  • Fakultas Ilmu Dakwah dan Komunikasi; Dengan memiliki lima prodi program S1 dan satu prodi program S2
  • Fakultas Dirasat Islamiyah; Dengan memiliki satu prodi program S1 dan satu prodi program S2
  • Fakultas Psikologi; Dengan memiliki satu prodi program S1 dan satu prodi program S2
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis; Dengan memiliki lima prodi program S1 dan satu prodi program S2
  • Fakultas Sains dan Teknologi; Dengan memiliki tujuh prodi program S1 dan satu prodi program S2
  • Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan; Dengan memiliki empat prodi program S1 dan satu prodi program S2
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik; Dengan memiliki tiga prodi program S1
  • Sekolah Pascasarjana; Magister Studi Islam Program S2 dan Dokter Studi Islam program S3. 

Untuk mengetaui info lebih lanjut mengenai daftar jurusan dari masing-masing fakultas dapat langsung diakses di www.uinjkt.ac.id. Adapun untuk PCMB UIN Syarif Hidayatullah Jakrta tahun akademik 2018-2019, terdapat lima jalur masuk dengan prosedur dan waktu penyelenggaraan masing-masing. Jalur masuk tersebut antaralain sebagai berikut:
  • SNMPTN; Jalur masuk nasional ini diselenggarakan oleh KEMDIKBUD berdasarkan prestasi akademik dan nilai raport, dengan mengisi PDSS terlebih dahulu. Selanjutnya peserta akan memiliki NISN dan Password yang telah diberikan oleh kepala sekolah. Dengan begitu barulah dapat mengisi formulir dan memilih universitas/perguruan tinggi yang menjadi tujuan. Untuk pendaftaran dan info lebih lanjut silahkan langsung akses  di www.snmptn.ac.id
  • SBMPTN; yang selanjutnya yaitu ada jalur masuk nasional SBMPTN yang diselenggarakan oleh KEMDIKBUD dengan berdesarkan tes tulis. Ujian yang dilakukan tersebut berupa ujian tes tulis dan ujian keterampilan bagi peserta yang memilih jurusan olahraga dan kesenian. Untuk prosedur dan tahapan pelaksanaan SBMPTN dapat dilihat di www.sbmptn.ac.id
  • SPAN-PTKIN; Jalur masuk ini diselenggarakan oleh KEMENAG yang dasaranya tidak jauh beda dengan SNMPTN, yaitu seleksi berdasarkan prestasi akademik dan nilai raport. Hanya saja SPAN-PTKIN ini diperuntuka bagi peserta yang memilih Universitas yang berlandaskan agama Islam Negeri saja. Untuk pendaftaran dan info lebih lanjut bisa langsung diakses di  www.span-ptkin.ac.id
  • UM-PTKIN; Jalur masuk ini juga diselenggarakan oleh KEMENAG. prosedur yang dijalankan hampir sama dengan SBMPTN, hanya sma halnya dengan SPAN-PTKIN, UM-PTKIN ini juga diperuntukan peserta memilih Universitas Islam Negeri saja. untuk pendaftaran dan info lebih lanjut, silahkan akses www.um-ptkin.ac.id
  • SPMB Mandiri; Jalur masuk yang terakhir ini diselenggarakan langsung oleh Universitas/perguruan tinggi yang bersangkutan, berupa tes tulis dan keterampilan seperti TOEFL, TOAFL tergantung  prosedur dan waktu penyelenggaraan berdesarkan kebijakan yang telah ditetapkan oleh masing-masing universitas. Untuk SPMB Mandiri UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini silahkan langsung akses di www.spmb.uinjkt.ac.id untuk mendapatkan info lebih lanjut.

Nah itulah informasi seputar penerimaan mahasiswa baru UIN Syarif Hidayatullah Jakrta dan Penerimaan Mahasiswa Baru UIN Syarif Hidayatullah Jakrta di Promo-Jitu.com- Semoga informasi ini bermanfaat bagi para pembaca. Untuk pembaca semua yang menginginkan lulus dan menjadi mahasiswa di universitas yang diimpikan, giatlah belajar agar tujuan yang kita harapkan sesuai, tapi jangan pernah menyerah ketika ekspektasi tidak sejajar dengan realita. Selalu yakin dan percaya bahwa Allah Maha Tahu apa yang terbaik bagi hambanya. Tetap Semangat !










Dan kami sangatlah berterimakasih sekali kawan-kawan para pengunjung tentang pendaftaran online mahasiswa dan mahasiswi baru untuk tahun 2018-2019 bulan ini, dan sekirany bila kawan-kawan tidak keberatan dri postingan yang admin buat ini kami mohon jugalah kiranya untuk bantu di share atau dibagikan halaman blog ini ke seluruh kawna-kawan yang lagi membutuhkan informasi pendaftaran mahasiswa baru untuk tahun 2015 ini dan nantinya agar nantinya juga bisa dibaca oleh seluruh kawan-kawan kita yang lain dan mereka juga nanti bisa membaca informasi ini lagi dan semoga bermanfaat hendaknya dan bisa bermanfaat buat mereka semua kita, terima kasih sudah membaca informasi pendaftaran online mahasiswa baru online untuk tahun akademik 2018-2019 ini.