Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru (UNTIRTA) 2019-2020 Universitas Sultan Ageng Tirtayasa






















Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA) 2019-2020


Pendaftaran Mahasiswa Baru (UNTIRTA) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa 2019-2020

Penerimaan Mahasiswa Baru UNTIRTA (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa) 2019-2020 di Promo-Jitu.com- Universitas Sultan Ageng Tirtayasa atau yang lebih dikenal dengan UNTIRTA merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang terletak di Provinsi Banten, atau lebih tepatnya di JL. Raya Jakarta KM. 4 Pakupatan Serang-Banteng. Nama universitas yang diambil dari nama salah seorang pahlawan bangsa yang menentang penjajahan kolonial Belanda dan membawa kejayaan bagi Banten, yaitu Sultan Ageng Tirtayasa.

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa bermula didirikan oleh Yayasan Pendidikan Tirtayasa pada tanggal 1 Oktober 1980. Dan kemudian berganti nama menjadi Universitas Tirtayasa pada tanggal 1 Oktober 1981, bertepatan dengan didirikannya  STIH (Sekolah Tinggi Ilmu Hukum) oleh Yayasan Pendidikan Tirtayasa melalui surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 0596 tahun1984 tanggal 28 November 1984. Universitas Tirtayasa kemudian berkembang dan berubah statusnya menjadi Negeri sejalan dengan berdirinya Provinsi Banten, dengan berdasarkan Keputusan Presiden No. 130 tahun 1999 tanggal 13 Oktober 1999.

Hingga saat ini, UNTIRTA mempunyai enam Fakultas dan satu Program Pascasarjana dengan masing-masing Program Studi, yaitu diantaranya:
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan; dengan Program Studi antaralain:
  1. Pendidikan Guru Sekolah Dasar/PGSD
  2. Pendidikan Anak UsiaDini/PAUD
  3. Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia
  4. Pendidikan Bahasa Inggris
  5. Pendidikan Luar Sekolah/PLS
  6. Pendidikan Biologi
  7. Pendidikan Bahasa & Seni
  8. Pendidikan Matematika
 Adapun Program Studi Baru yaitu diantaranya:
  1. Pendidikan Teknik Mesin
  2. Pendidikan Teknik Elektro
  3. Pendidikan Sejarah
  4. Pendidikan Kewarganegaraan
  5. Pendidikan Sosiologi
  6. Pendidikan Konseling
  7. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
  8. Pendidikan Luar Biasa
  9. Penidikan Seni Drama, Tari dan Musik.
  • Fakultas Hukum; dengan Prodi:
  1. Ilmu Hukum
  • Fakultas Ekonomi; dengan Program Studi dintaranya:
  1. S1 Manajemen
  2. S1 Ekonomi Pembangunan
  3. S1 Ekonomi Islam
  4. S1 Akuntansi
  5. D3 Keuangan Perbankan
  6. D3 Akuntansi
  7. D3 Perpajakan
  8. D3 Marketing
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Politik; dengan Prodi:
  1. Administrasi Negara
  2. Ilmu Komunikasi
  3. Ilmu Pemerintahan
  • Fakultas Pertanian; dengan Prodi:
  1. Agrobisnis
  2. Agroekoteknologi
  3. Perikanan
  • Fakultas Teknik; dengan Prodi:
  1.  Teknik Mesin
  2. Teknik Elektro
  3. Teknik Metalurgi
  4. Teknik Kimia
  5. Teknik Sipil
  6. Teknik Industri
  • Program Pascasarjana
  1. Magister Administrasi Publik
  2. Magister Akuntansi
  3. Magister Manajemen
  4. Ilmu Hukum
  5. Pendidikan Bahasa Indonesia
  6. Teknologi Pembelajaran
Adapun jalur masuk yang bisa ditempuh  calon maasiswa baru diantaranya terdapat tiga jalur, yaitu:
  • SNMPTN; Jalur Undangan berdasarkan seleksi secara nasional berdsarkan prestasi akademik dan juga nilai raport dari semester 3-5 dengan rata-rata minimal 7.5. Sebelumnya peserta harus mengisi PDSS terlebih dahulu kemudian akan mendapatkan NISN dan Password dari kepala sekolah untuk bisa log-in dan mendaftar. Peserta pun bisa sekaligus mengikuti program bidikmisi yaitu beasiswa yang diselenggarakan oleh pemerintah bagi calon mahasiswa yang berprestasi dan kurang mampu dari segi faktor ekonomi.
  • SBMPTN; Jalur seleksi nasional berdasarkan ujian/ttes tulis dengan prosedur dan waktu penyelenggaraan yang telah ditentukan. Bagi peserta yang memilih Prodi Olahraga atau Seni, akan mengikuti tes tambahan berupa tes keterampilaan.
  • Ujian Mandiri; Seleksi ini berdasarkan ujian/ tes yang diselenggarakan oleh UNTIRTA secara mandiri, dengan prosedur/ketentuan dan waktu penyelenggaraan yang telah ditetapkan. Untuk keterangan lebih lanjut dan info lebih jelas silahkan kunjungi situs resmi UNTIRTA di untirta.ac.id
Itulah informasi dari kami mengenai  Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA) 2019-2020 di Promo-Jitu.com- Semoga bermanfaat bagi anda. Tetap semangat, Semoga Sukses :)










Dan kami sangatlah berterimakasih sekali kawan-kawan para pengunjung tentang pendaftaran online mahasiswa dan mahasiswi baru untuk tahun 2018-2019 bulan ini, dan sekirany bila kawan-kawan tidak keberatan dri postingan yang admin buat ini kami mohon jugalah kiranya untuk bantu di share atau dibagikan halaman blog ini ke seluruh kawna-kawan yang lagi membutuhkan informasi pendaftaran mahasiswa baru untuk tahun 2015 ini dan nantinya agar nantinya juga bisa dibaca oleh seluruh kawan-kawan kita yang lain dan mereka juga nanti bisa membaca informasi ini lagi dan semoga bermanfaat hendaknya dan bisa bermanfaat buat mereka semua kita, terima kasih sudah membaca informasi pendaftaran online mahasiswa baru online untuk tahun akademik 2018-2019 ini.