Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru (ISI) Yogyakarta 2019-2020 Institut Seni Indonesia






















Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta 2019-2020


Penerimaan Mahasiswa Baru Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta 2019-2020

Penerimaan Mahasiswa Baru Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta 2019-2020 di Promo-Jitu.com- Bagi anda lulusan SMK/SMA/MA sederajat yang sangat menyukai kesenian dan ingin mengembangkannya, ataupun anda yang ingin melanjutkan pendidikan seni, disini kami akan berbagi informasi mengenai salah satu Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia yang berasaskan seni. Yuk disimak baik-bik ya.

Institut Seni Indonesia atau ISI terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta, atau lebih tepatnya di Jl. Parangtiritis Km 6.5 Sewon Bantul Yogyakarta. ISI merupakan lembaga pendidikan tinggi seni yang berstatus negeri terbaik dan terlengkap di Indonesia, yang berada di bawah naungan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. ISI diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yaitu Prof. Dr. Nugroho Notosusanto pada tanggal 23 Juli 1984, dengan berdasarkan keputusan Presiden RI No. 39 tahun 1984 pada tanggal 30 mei 1984.

Mengenal sejarah ISI lebih dalam, yaitu tidaklah lepas dari para pencinta seni yang berada di Indonesia pada saat itu. ISI dibentuk atas dasar penggabungan tiga pendidikan seni yang sudah ada sebelumnya, yaitu diantaranta: Sekolah tinggi Seni Rupa Indonesia/ARSI, Akademi Musik Indonesia/AMI, Akademi Seni Tari Indonesia/ASTI. Ketiganya mempunyai sejarah masing-masing yang dibentuk oleh para pecinta seni dan budaya di Indonesia yang kemudian dikembangkan. Dari tiga akademi tersebut beserta akademi lainnya dengan pejabat-pejabat dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, bersepakat untuk membentuk lembaga pendidikan seni yang lebih luas cakupannya dan lebih besar kewenangannya di bidang seni. maka dari situ berdirilah Institut Seni Indonesia di Yogyakarta.

Institut Seni Indonesia (ISI) memiliki empat fakultas dan menyelenggarakan pendidikan program S1, S2 dan S3 dengan berbagai bidang seni terbaik dan telah menghasilkan seniman-senimn yang hebat dan profesional baik di dalam maupun luar negeri. Nama-nama fakultas tersebut yaitu:
  •  Fakultas Seni Rupa; Dengan Program:
  1. D3 Batik dan Fashion
  2. Desain
  3. Kriya
  4. Seni Murni
  5. Prodi Tata Kelola Seni

  • Fakultas Seni Pertunjukan; Dengan Program S1:
  1.  Tari
  2. Karawitan
  3. Musik
  4. Teater
  5. Etnomusikologi
  6. Pedalangan
  7. Sendratasik

  • Fakultas Seni Media Rekam; Dengan Program:
  1. D3 Animasi
  2. Televisi
  3. Fotografi

  • Pascasarjana; Dengan memiliki dua Program S2 dan satu Program S3, yaitu:
  1. Magister Penciptaan dan Pengkajian Seni
  2. Magister Tata Kelola Seni
  3. Doktor Penciptaan dan Pengkajian  Seni

Nah, bagi anda yang berminat untuk mendaftarkan diri menjadi mahasiswa ISI, disini terdapat beberapa jalur masuk yang anda bisa pilih salah satunya, daintaranya yaitu:
  • SNMPTN; Jalur massuk ini diadakan secara nasional untuk Perguruan Tinggi Negeri. Kualifikasi peserta yang bisa mengikuti jalur masuk ini yaitu memiliki prestasi akademik dan nilai raport dari smester 3-5 yang baik dengan rata-rata minimal 7.5. Peserta yang memilih ISI sebagai tujuannya,  akan mengikuti penempatan tes sesuai dengan Prodi yang dipilih, lalu akan melakukan wawancara.
  • PBUD; Penelusuran Bibit Unggul Daerah (PBUD), yaitu peserta lulusan SMK/SMA/MA sederajat yang merupakan utusan suatu daerah/organisasi/instansi untuk kepentingan pengembangan potensi di bidang seni. Dengan menyertakan surat rekomendasi dari pemerintah daerah asal. Selanjutnya peserta akan melakukan penempatan tes sesuai dengan Prodi yang dipilih, kemudian melakukan wawancara.
  • Bidikmisi; Program bantuan dari pemerintah bagi calon mahasiswa yang berprestasi dan tergolong dari keluarga yang kurang mampu dari segi faktor ekonomi. peserta harus memenuhi prosedur dan persyaratan yang telah ditetapkan.
  • Jalur Linear; Jalur masuk ini diperuntukan bagi peserta lulusan SMK yang mengambil jurusan seni, yang kemudian memilih prodi yang sama di ISI. Contoh: Jika anda lulusan SMK di jurusan seni musik, maka anda memilih prodi Musik di ISI. Khusus prodi yang bisa dipilih oleh peserta diantaranya yaitu: seni tari, seni karawitan, seni pedalangan, teater, etnomusikologi, seni rupa murni, kriya seni, dan D3 animasi. Selanjutnya setelah mendaftar, peserta akan melakukan penempatan tes sebagaimana prodi yang telah dipilih, lalu melakukan wawncara.
  • Jalur Mandiri; Yaitu jalur masuk yang diselenggarakan oleh ISI Yogyakarta, dengan prosedur dan waktu penyelenggaraan yang telah ditentukan.
Untuk info lebih lanjut mengenai jalur masuk penerimaan mahasiswa baru ISI 2019-2020 bisa langsung akses situs resmi di www.pmb.isi.ac.id. Setelah itu peserta memilih salah satu jalur masuk yang kemudian mengisi formulir pendaftaran online. Selanjutnya peserta harus mencetak bukti pendaftaran online tersebut yang kemudian  berkas pendaftaran dikirim via pos atau bisa datang langsung ke Kampus ISI Yogyakarta dan akan diverifikasi oleh petugas. Jika peserta lulus seleksi pada saat diumumkannya hasil tes, maka peserta harus segera melakukan daftar ulang.

Ketentuan berkas verifikasi yang dikirim melalui pos dimasukan kedalam stopmap sesuai dengan fakultasnya masing-masing yang telah dipilih sebelumnya, yaitu: warna merah muda untuk fakultas seni pertujukan, warna biru untuk fakultas seni rupa, dan warna kuning untuk fakultas seni media rekam. Berkas dikirim ke alamat
Sekretariat Panitia PMB ISI Yogyakarta
BAAKPSI
Gedung Rektorat Institut Seni Indonesia Yogyakarta
JL. Parangtiritis Km. 6.5 Yogyakarta 55001
Untuk keterangan lebih lanjut silahkan kunjungi situs resmi Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta di www.isi.ac.id

Terimakasih telah membaca Penerimaan Mahasiswa Baru Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta 2019-2020 di Promo-Jitu.com- Semoga bermanfaat, semoga sukses dan tetap semangat :)










Dan kami sangatlah berterimakasih sekali kawan-kawan para pengunjung tentang pendaftaran online mahasiswa dan mahasiswi baru untuk tahun 2018-2019 bulan ini, dan sekirany bila kawan-kawan tidak keberatan dri postingan yang admin buat ini kami mohon jugalah kiranya untuk bantu di share atau dibagikan halaman blog ini ke seluruh kawna-kawan yang lagi membutuhkan informasi pendaftaran mahasiswa baru untuk tahun 2015 ini dan nantinya agar nantinya juga bisa dibaca oleh seluruh kawan-kawan kita yang lain dan mereka juga nanti bisa membaca informasi ini lagi dan semoga bermanfaat hendaknya dan bisa bermanfaat buat mereka semua kita, terima kasih sudah membaca informasi pendaftaran online mahasiswa baru online untuk tahun akademik 2018-2019 ini.