Islam Tanpa Valentine






















Islam Tanpa Valentine

Inilah Hukum Bagi Umat Islam Tentang Hari ValentineKajian Isolami Promo-Jitu.com - Menginjak bulan Februari terdapat satu hari yang menurut sebagian orang adalah momen paling ditunggu, apalagi kalau bukan hari kasih sayang alias valentine. Bagi mereka, tanggal 14 Februari seolah tidak boleh dilewatkan begitu saja. Biasanya dalam memperingati valentine, mereka mengisinya dengan mengutarakan cinta dan sayang kepada orang-orang tertentu seperti keluarga, teman, sahabat, dan lain-lain yang dinilai berharga dalam hidup. Tak lupa, cokelat atau bunga mawar seolah menjadi benda wajib yang mesti ada di hari tersebut sebagai bukti cinta.  Seiring perkembangan zaman, banyak orang islam yang sudah tercemar doktrin-doktrin diluar kaidah agama, salah satunya yaitu hari kasih sayang. Sejatinya peringatan valentine tidak dikenal dalam islam, karena tradisi ini berasal dari golongan non muslim. Kalau kita menelisik sejarah, kata valentine diambil dari  nama seorang pendeta di Eropa pada zaman dahulu yang dikenal gigih dalam memperjuangkan hidup dan cintanya pada seorang gadis. Dari sinilah cikal bakal tradisi valentine berawal.
Jika berkaca pada sejarahnya, jelas tidak dibenarkan kita selaku umat muslim mengikuti kebiasaan-kebiasaan agama lain. Hal ini dipertegas dengan hadist yang berbunyi, “ barang siapa yang menyerupai suatu kaum, maka ia termasuk kaum itu”. Hadis ini tentu sangat familiar ditelinga, sebab rasul mewanti-wanti umat muslim agar tidak mudah terkontaminasi hal-hal yang berasal dari luar ajaran islam. Perkataan hadis itu selaras menjawab  kenyataan yang ada, dimana umat muslim sebagian larut dalam perayaan tradisi yang menyimpang dari ajaran.   
Fakta yang terjadi sekarang ialah, dihari kasih sayang terdapat perilaku-perilaku yang menyesatkan manusia. Semisal, pada hari itu seorang yang dimabuk asmara memanfaatkannya untuk mengatakan perasaan pada orang yang dicintai, selain itu masih banyak bentuk-bentuk kemaksiatan lainnya seperti berduaan bersama orang yang bukan muhrim.

Ironisnya, bila terdapat satu atau sebagian golongan yang menolak peringatan valentine, pasti menerima label ketinggalan zaman, tidak gaul, dan sederet stigma miring lainnya. Bahkan hingga dijauhi oleh lingkungan sosial.  Begitulah tantangan orang-orang beriman, diterpa beragam bentuk ujian untuk melihat kualitas keimanannya.

Coba bayangkan, seandainya manusia hanya mengenal kasih sayang setahun sekali, yaitu tanggal 14 Februari. Sudah tentu diluar tanggal itu, manusia tidak akan bertegur sapa, orangtua tidak akan merawat anak-anaknya dengan baik, dan lain-lain karena hilangnya kasih sayang. Islam sebagai jalan keselamatan dan kebenaran lebih dahulu mengenalkan makna kasih sayang dan perdamaian. Tidak perlu menunggu hari atau momen khusus untuk mengungkapkannya,  sebab mengasihi sesama makhluk  adalah sebuah keharusan yang mesti dilakukan dimanapun, kapan pun dan kepada siapa saja, tanpa membedakan latar belakang suku, bahasa, ras, bahkan walau berbeda keyakinan sekalipun. Begitulah islam, tidak hanya mengatur hubungan dengan sang pencipta, tapi juga mengatur hubungan sesama manusia.
  
Penulis mengajak  para pembaca merenung, “Jika menunjukkan kasih sayang harus menunggu satu tahun sekali, lalu bagaimana bila umur kita tidak sampai ditahun depan? apakah tidak ada kasih sayang dalam hidup selain tanggal 14 Februari?” 
Sekian dari penulis keterangan tentang hari valentine, kekurangan adalah milik saya, dan kesempurnaan pasti milik Allah swt.Terimakasih sudah membaca artikel kami dari promo-jitu.com yang judul tentang Islam Tanpa Valentine.










Dan kami sangatlah berterimakasih sekali kawan-kawan para pengunjung tentang pendaftaran online mahasiswa dan mahasiswi baru untuk tahun 2018-2019 bulan ini, dan sekirany bila kawan-kawan tidak keberatan dri postingan yang admin buat ini kami mohon jugalah kiranya untuk bantu di share atau dibagikan halaman blog ini ke seluruh kawna-kawan yang lagi membutuhkan informasi pendaftaran mahasiswa baru untuk tahun 2015 ini dan nantinya agar nantinya juga bisa dibaca oleh seluruh kawan-kawan kita yang lain dan mereka juga nanti bisa membaca informasi ini lagi dan semoga bermanfaat hendaknya dan bisa bermanfaat buat mereka semua kita, terima kasih sudah membaca informasi pendaftaran online mahasiswa baru online untuk tahun akademik 2018-2019 ini.